Himabio FPPB UBB, Berbagi Setetes Darah dikegiatan Biology Zone 3 RD

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 November 2017 15:35 WIB | Diupdate pada 14 November 2017 15:35 WIB


Donor Darah -- Para Pendonor berbagi setetes darah saat dilakukan transfusi darah oleh petugas PMI Cabang Kota Pangkalpinang, untuk berbagi kepedulian di kegiatan Biology Zone 3 RD, bertempat halaman pakir FPPB, Kampus Terpadu UBB, Selasa (14/11) pagi.

MERAWANG, UBB --  Tahun 2017 ini, Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Bilogi Universitas Bangka Belitung (Himabio – FPPB UBB), mengadakan kegiatan donor darah sebagai bentuk rasa peduli dan tanggungjawab untuk membantu sesama yang membutuhkan pasokan darah, diacara Biology Zone 3 RD dengan mengusung tema “Perduli Lingkungan Bersama Biologi” yang diikuti oleh Civitas Akademika UBB, para Pelajar dan masyarakat sekitar, bertempat dihalaman pakir FPPB, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Selasa (14/11) pagi.

Kegiatan donor darah ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang sehat serta mampu mengajarkan untuk peduli terhadap sesama dan dilatarbelakangi oleh fakta bahwa stock darah di Palang Merah Indonesia (PMI), khususnya di Kabupaten Bangka maupun Kota Pangkalpinang, tidak selalu tersedia. Ditambah lagi dengan kebutuhan darah yang tidak bisa ditebak. Kondisi ini membuat Himabio UBB tergerak untuk memasukan agenda kegiatan Biology Zone 3 RD salah satunya dengan mengadakan kegiatan donor darah.

Panitia Pelaksana Biology Zone, Lastri (Semester V Prodi Biologi) mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan, dan tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan oleh Himabio FPPB, Pelaksaan kegiatan biology zone berlangsung selama 3 hari dari hari Selasa-Kamis tanggal 14-16 November 2017. Berbagai macam acara ikut memeriahkan kegiatan biology zone antara lain Bio Expo, olimpiade biologi tingkat Pelajar se-wilayah Bangka, Lomba foto grafi, lomba debat dan lomba Esai tingkat umum, seminar isu Kerusakan Alam Babel, workshop Recycle Garbage, Desain grafis tentang kreatif pemuda perduli lingkungan, bazzar, pameran Mahasiswa Biologi dan bhakti masyarakat berupa donor darah.

“Rangkaian dari kegiatan Biology Zone bertujuan sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, dan menyalurkan bakat-bakat kreatifitas pemuda pemudi yang ada di Bangka Belitung, sehingga bisa tersalurkan,” kata Lastri saat diwawancarai Humas UBB.

Dihari pertama kegiatan, nampak dilapangan para pengunjung ramai untuk melihat Bazar dan hasil kreatifitas dari tangan-tangan terampil mahasiswa UBB yang dipajang di stand-stand yang telah disiapkan panitia, serta beraneka ragam olahan makanan berupa jajanan kue, manisan, serta butik. Nampak terlihat mahasiswi yang baru pertama kali melakukan donor darah meringis menahan sakit saat jarum transfusi menusuk ke kulit untuk diambilan darahnya, dan terlihat juga antrian para peserta donor darah yang sedang mendaftar, serta melakukan pengecekan kesehatan dan penimbangan berat badan .

“Ini kali pertama saya donor darah pak, sakit rase e kena tujuk jarum tu, tapi kami sangat senang ada acara donor darah ni, semoga bisa membantu dan bermanfaat.” ungkap mahasiswa FPPB salah satu yang sedang mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan KSR PMI Unit UBB dan PMI Cabang Kota Pangkalpinang. Saat ditanya kepada petugas PMI proses pendonoran, ketika pendonor datang maka hal pertama yang harus dilakukan adalah pendonor mengisi surat keterangan sehat dan pemeriksaan kesehatan pendonor, meliputi penimbangan berat badan sesuai persyaratan mendonor, cek tekanan darah, golongan darah, dan hemoglobin.

Acara biology zone 3 rd yang berakhir pada Kamis (16/11) mendatang, akan diisi dengan berbagai hiburan dari Mahasiswa Biologi FPPB UBB yang memiliki bakat, serta pembagian hadiah bagi para pemenang dari berbagai kompetisi yang telah diselenggarakan.  Kegiatan Biology zone ini diharapkan akan terus dilakukan ditahun-tahun berikutnya dengan konsep yang lebih menarik, inovatif dan meriah. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB Biologi_UBB