Mahasiswa Agribisnis Santuni Anak Yatim Piatu

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 November 2017 07:53 WIB | Diupdate pada 14 November 2017 07:53 WIB


UANG TUNAI --  Ketua Pelaksana Mabim Jurusan Agribisnis Akian Al Adam (kanan) memberikan santunan uang tunai  kepada anak Panti Asuhan Nur Rahmah, Yayasan Al Amin, Kecamatan Rangkui Pangkalpinang.  Santunan  ini diterima salah seorang anak panti yang  didampingi Ketua Panti Asuhan Nur Rahmah Firdamayanti (kiri). 

MERAWANG, UBB --   Sebanyak 110 mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB)  menyambangi Panti Asuhan Nur Rahmah, Yayasan Al Amin,  Kelurahan Keramat,  Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang,   Sabtu (11/11/2017)  siang. 

Didampingi Sekretaris  Jurusan Agribisnis, Yudi Sapta Pranoto, dan Ketua Pelaksana Kunjungan, Akian Al Adam,  ke 110 mahasiswa itu memberikan santunan berupa  beras sebanyak  40 kilogram, lima tong sampah,  empat lusin buku tulis dan buku pelajaran satu dus kepada anak-anak panti asuhan.

“Selain itu, kami juga memberikan  uang sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah.  Uang santunan ini diterima oleh salah seorang anak panti asuhan,  yang kala itu didampingi Ketua Panti Asuhan Nur Rahmah, Firdamayanti,”  ujar  Rizky Subrata, panitia kunjungan mahasiswa Agribisnis ke Panti Asuhan Nur Rahmah,  Senin (13/11/2017) siang.

Rizky menjelaskan, kunjungan  ke panti asuhan  itu  merupakan salah satu dari sejumlah  kegiatan  mahasiswa  Agribisnis  masa bimbingan (Mabim).  Kegiatan Mabim  itu sendiri di antaranya membersihkan kebun lada unggul UBB, praktik bercocok dan  mencangkok tanaman,  latihan kewirausahaan dan membangun karakter unggul.

“Banyak manfaat yang  kami peroleh dari kegiatan Mabim. Santunan yang kami berikan kepada anak Panti Asuhan Nur Rahmah  itu sebagai contoh, itu bukan merupakan wujud  atas solidaritas mahasiswa.     Bantuan beras, tong sampah,  buku dan uang tunai  berasal dari  kegiatan penggalangan  dana yang kami gelar di  Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi,”  tukas  Rizky.

Sementara itu Siti Zaini, panitia Mabim, menambahkan,  selain memberikan  santunan, ke 110 mahasiswa  Agribisnis ini  gotong-royong membersihkan halaman Panti Asuhan Nur Rahmah yang beralamat di Jalan Air Nangka 2 Kelurahan Kramat.

“Sampah plastik yang ada di halaman panti kami kumpulkan dan masukkan ke dalam tong sampah.  Praktis usai gotong-royong halaman panti asuhan bersih dari sampah,” ujar Siti, mahasiswi semester 3 Jurusan Agribisnis.

Kunjungan mahasiswa Mabim Agribisnis berakhir pukul 16.00 wib.  Selama  tiga jam sejak mereka datang pada pukul 13.00 wib, banyak kegiatan yang telah dilakukan.  Di antaranya menggelar  ‘game’ (permainan) yang diikuti semua anak panti asuhan.

“Mereka tampak gembira  dan senang karena sangat  terhibur dengan  ‘game’ itu,” ujar Siti.

Ketua Panti Asuhan Nur Rahmah, Firdamayanti, menyambut  hangat  kunjungan 110 mahaiswa Agribisnis UBB ke panti  asuhan yang ia kelola.    Ia mengaku haru dan mengucapkan terimakasih  karena  mahasiswa Agribisnis UBB peduli terhadap anak-anak yatim piatu.

“Saya merasa bangga,  karena tidak semua  mahasiswa itu  tergerak hatinya untuk  peduli kepada anak yatim piatu.   Ini bagi saya sangat luar biasa.  Meski dimulai dari hal-hal kecil,   tapi  makna kunjungan  itu satu bentuk perhatian yang sangat luar biasa bagi  anak-anak  didik kami,” ujar   Firdamayanti.

Mabim Agribisnis FPPB sudah berlangsung selama tiga  bulan.  Agenda rutin bagi mahasiswa baru UBB itu,  dimulai saat mereka diterima  dan masuk kuliah di UBB,  28 Agustus 2017 (Eddy Jajang Jaya Atmaja) 


Topik

Agribisnis_UBB