Tes SKBCPNS Dosen Di Lingkungan UBB Berlangsung Lancar

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 16 November 2017 08:15 WIB | Diupdate pada 16 November 2017 08:15 WIB


Tes SKB CPNS -- Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., didampingi pengawas dari perwakilan Kemenristek Dikti dan Panitia seleksi satker UBB, memantau langsung pelaksanaan ujian tertulis tes SKB CPNS Dosen di lingkungan UBB, yang diikuti sebanyak 30 peserta bertempat di ruang aula Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Rabu (15/11) pagi.

MERAWANG, UBB – Para peserta yang di nyatakan lulus pada tes tahap I Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Dosen di lingkungan Kemenristekdikti wilayah penempatan Universitas Bangka Belitung (UBB), hari ini, Rabu (15/11/2017) melakukan tes tahap II Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bertempat di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk.

Sebanyak 30 peserta seleksi CPNS Dosen di lingkungan UBB mulai pagi Rabu (15/11) melakoni serangkaian Tes Kompetensi Bidang (TKB). Tepat pukul 07.30 - 09.30 para peserta melangsungkan tes tertulis untuk kemampuan bidang (TPA) di ruang Aula Rektorat UBB, kemudian dilanjutkan dengan Tes Wawancara dan Praktik Mengajar yang dilaksanakan di 6 (enam) ruang terpisah sesuai dengan bidang masing-masing yang berlangsung dari pagi hingga sore bertempat di gedung Babel III dan Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB.

Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., didampingi Wakil Rektor II Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, MSc., ikut memantau langsung dan memastikan pelaksanaan Tes SKB di Kampus Terpadu berjalan dengan baik. Nampak panitia seleksi baik dari satker UBB dan perwakilan Kemenristekdikti mendamping serta memberikan informasi dan penjelasan terkait tes SKB.

Tes SKB CPNS Dosen di lingkungan UBB tidak hanya diikuti oleh peserta berasal dari Bangka Belitung saja, ada juga yang berasal dari beberapa provinsi di indonesia untuk bersaing menjadi dosen di UBB. Mereka nampak antusias mengisi dengan seksama lembaran-lembaran ujian tertulis (TPA) yang ada dihadapan peserta. Pada sesi wawancara dan praktik, bagi peserta yang masih menunggu antrian panggilan tes, terlihat peserta memanfaatkan waktu untuk belajar, dan ada juga yang bermain games melalui HP sekedar untuk menghilangkan kejenuhan maupun keteganggan.

Sementara itu, menurut Alim Bahri selaku panitia seleksi penerimaan CPNS Kemenristekdikti pada satker Universitas Bangka Belitung (UBB) mengatakan, “jumlah peserta yang akan mengikuti tes SKB untuk CPNS sebagai Dosen UBB sebanyak 30 orang, kuota awal sebanyak 22 orang  yang terbagi atas beberapa program studi, namun kuota tersisa tinggal 19. Prodi teknik tambang dan prodi hukum pidana sudah dinyatakan tdk memiliki kuota lagi karena  pada tes sebelumnya tidak ada yg lulus”, jelas Alim.

Dirinya menambahkan bahwa terkait komposisi penilaian SKB adalah 100%, yang terbagi dari tes potensi akademik 40 %,  kemudian wawancara 30 %, dan mikro teaching  30%, serta kepanitiaan UBB akan mentotalkan nilainya. Nilai SKB tersebut akan dikirimkan ke Panselnas (panitia seleksi nasional) Jakarta, dan selanjutnya hasil tes SKB akan dikompilasi dengan nilai tes SKD sebelumnya. Ia juga menambahkan komposisi untuk menentukan kelulusan adalah 60 % SKB dan SKD 40 % dan akan diketahui hasil akhirnya dari pihak Panselnas.

Salah satu peserta tes SKB Riko Irwanto asal Bengkulu Tengah kepada Humas UBB mengungkapkan perasaannya mengkuti tes SKB.  “Rasanya pasti deg-degkan, kalau pengalaman saya baru satu tahun mengajar di MAN Bengkulu, pasti beda mempraktikkan dihadapan penguji dari pada siswa”, ungkapnya.

Setiap tahap seleksi SKB CPNS Dosen di lingkungan UBB dilaksanakan secara ketat dan cermat agar tersaring CPNS yang berkualitas, untuk mewujudkan semua itu, pada tahapan mikro teaching  dan wawancara, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, beserta para Dekan dan Kepala Prodi di Fakultas masing-masing terjun langsung mewawancarai peserta seleksi SKB sesuai dengan bidang masing-masing.

Kepada peserta seleksi CPNS Dosen di lingkungan UBB diharapkan selalu memantau pengumuman hasil seleksi Tes Kompetensi Bidang melalui website panitia seleksi nasional di http://cpns.ristekdikti.go.id/ maupun melalui website UBB di www.ubb.ac.id. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB