UBB Gelar Workshop Penyamaan Persepsi Asesor BKD 2017

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 November 2017 16:54 WIB | Diupdate pada 17 November 2017 16:55 WIB


Foto kegiatan Workshop Penyamaan Persepsi Beban Kerja Dosen (BKD) bagi Asesor dan Calon Asesor di lingkungan UBB Tahun 2017.

PANGKALPINANG, UBB -- Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Bangka Belitung (UBB), menggelar Workshop Penyamaan Persepsi Beban Kerja Dosen (BKD) bagi Asesor dan Calon Asesor di lingkungan UBB, dengan menghadirkan narasumber Dr. Eng. Azhar Kholiq Affandi, Dosen Pakar Ahli dari Universitas Sriwijaya, bertempat Hotel Puri 56 Pangkalpinang, Jumat,(17/17/2017) pagi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 33 orang peserta, yang terdiri  dari 15 orang asesor yang telah memiliki NIRA dan 12 orang calon asesor, serta staff Fakultas dan Rektorat di lingkungan UBB yang bertugas melakukan rekapitulasi laporan BKD.

Sekretaris LP3M UBB, Muhammad Jumnahdi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini telah dipersiapkan jauh-jauh hari dan telah mengalami revisi sebanyak 3 kali.

“Para Asesor ini  nantinya akan mengawal kinerja dosen, baik diri sendiri maupun dosen lain, inilah pentingnya penyamaan persepsi. Kegiatan ini wajib dan tidak bisa digabung dengan Perguruan Tinggi lain. Masing-masing Perguruan Tinggi ada keciriannya sendiri. Ada yang sesuai standar Dikti dan ada yang melampaui. Rubrik UBB sudah melampaui. Nah, yang sudah melampaui ini harus melakukan penyamaan persepsi, kalau belum penyamaan persepsi tidak bisa diterbit SK Rektor,” tegasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof. Bustami Rahman, M.Sc., Guru Besar Sosiologi. Beliau memberikan motivasi kepada para peserta. “Di mata publik jabatan dosen masih tinggi nilainya. Ilmu meningkatkan derajat kita. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita memperoleh banyak masukan dan saran sehingga kita bisa menjadi lebih baik lagi dan memiliki daya saing.” ungkapnya.

Workshop penyamaan persepsi asesor dan calon asesor BKD dibuka oleh Wakil Rektor I UBB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Ismed Inonu, MSi. Dari 23 orang Asesor yang memiliki NIRA hanya 13 orang asesor yang aktif, dan itu pun penyebarannya tidak merata pada setiap program studi.

“Diharapkan dengan workshop ini, Asesor yang sudah memiliki NIRA dapat bertugas sebagaimana mestinya. Bapak/Ibu yang belum memiliki NIRA, dan sudah memenuhi syarat akan diajukan NIRA. Bagi magister yang belum memenuhi syarat agar secepatnya meningkatkan JJAnya menjadi Lektor Kepala,” ungkapnya.

Bagi tenaga kependidikan tingkat Fakultas atau Rektorat UBB yang mengikuti kegiatan ini diharapkan memiliki persepsi yang sama terutama didalam melakukan kompilasi BKD.

Kegiatan ini diisi dengan materi telaah rubrik BKD, penyamaan persepsi pengisian rubrik, simulasi pengisian rubric dan evaluasi hasil pelaporan BKD.

Sampai terbitnya berita ini, Workshop Penyamaan Persepsi Asesor dan Calon Asesor BKD dari Bapak Dr. Eng. Azhar kholiq Affandi masih berlangsung. (red/LP3M UBB)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB