FE UBB, Mahasiswa Diajar Cara Investasi Saham Untuk Jadi Investor

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 30 November 2017 10:10 WIB | Diupdate pada 30 November 2017 10:10 WIB


Foto Seminar Belajar Saham Bareng Investor Saham Pemula, “Semua Bisa Jadi Investor”, dan Pelantikan Kepengurusan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UBB Priode 2017-2018, di ruang Aula Rektorat UBB, Rabu (29/11) pagi.

MERAWANG, UBB – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Untuk mempelajari bagaimana cara melakukan transaksi dan mengelola investasi saham, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bangka Belitung (UBB) menghelat acara seminar dengan tajuk “Yuk Belajar Saham Bareng Investor Saham Pemula, Semua Bisa Jadi Investor”, serta dilangsungkan juga pelantikan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UBB, pada Rabu (29/11/2017), di Aula Rektorat, Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk.

Ada banyak pilihan instrumen investasi yang berpeluang memperoleh keuntungan, namun ada juga berpotensi mengalami kerugian, bahkan banyak investsi yang berkedok penipuan/bodong. Investasi saham sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin memulai belajar berinvestasi. Dari sederet instrumen investasi, hanya investasi saham yang bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. FE UBB dalam ini mengajak mahasiswa untuk belajar investasi sedini mungkin, karna siapapun bisa jadi investor dan tentunya perlu belajar dan punya kemauan.

Seminar yang bertajuk “Yuk Belajar Saham Bareng Investor Saham Pemula, Semua Bisa Jadi Investor”, ini merupakan langkah lanjutan dari rangkaian kegiatan serupa yang pernah digelar FE beberapa bulan yang lalu. Terlebih lagi sudah tersedianya keberadaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) di Kampus Terpadu UBB.

Untuk mengajarkan kepada mahasiswa tentang pentingnya investasi, serta dengan tersedianya laboratorium pasar modal yang dikelola oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UBB di Gedung Babel III Kampus Terpadu UBB,  ini merupakan wahana yang sangat baik bagi mahasiswa maupun umum untuk belajar langsung bagaimana caranya berinvestasi saham, serta dapat secara mandiri mengelola investasi dengan mudah dan terjangkau, karena laboraturium tersebut langsung terhubung dengan Sucor Invest.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FE UBB Dr. Reniati, S.E. M.Si., Wakil Dekan I FE Khairiyansyah, SE., MM., Wakil Dekan II FE Suhaidar, SE., MSi., Kepala Prodi Manajemen Anggraeni Yunita, SE., MSi., Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Pangkalpinang Yoseph Kaburuan, para narasumber, serta Mahasiswa FE UBB dan perwakilan mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Babel.

Kegiatan Seminar dimulai pagi hingga siang yang dihadiri kurang lebih 200 peserta ini memaparkan tentang bagaimana cara belajar investasi saham, tentunya untuk menjadi investor handal dibidang bursa saham untuk pemula. Nampak para peserta antusias menyimak materi yang disampaikan langsung oleh ketiga narasumber, diantaranya Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Pangkalpinang Yoseph Kaburuan, Frisca Dewi Choirina (Founder Investor Saham pemula), serta Dita Amalia Sumadi (Representative Officer IndoPremier).

Dr. Reniati, S.E. M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan sangat senang dengan diadakan seminar ini, dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan wawasan mahasiswa tentang apa itu saham !, dan belajar cara berinvestasi dimasa muda untuk menjadi investor. Sehingga mahasiswa dengan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi investor-investor handal dibidang bursa saham kedepannya. 

“Saya sangat mendukung sekali para mahasiswa mulai untuk belajatr investasi saham mulai dari sekarang, sehingga Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar di Asia ini, bisa merebut komposisi investasi baik asing, maupun dalam negeri sendiri”, ungkap Reniati.

Kegiatan ini dilangsungkan juga pelantikan kepengurusan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) UBB priode 2017-2018, dengan penyematan id-card secara simbolis yang langsung dilantik oleh Dekan FE dan Wakil Dekan I dan II FE, serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Ketua KSPM UBB Jamintan, menuturkan bahwa KSPM di UBB sudah satu tahun terbentuk kepengurusannya yang berjumlah 11 orang, namun berjalan sedikit pasif dan hanya untuk peningkatan kualitas diri masing-masing. Ia juga berharap dengan kepengurusan KSPM UBB yang baru dilantik ini bisa memberikan kontribusi yang terbaik kedepannya.

“Saya berharap KSPM UBB ini bisa berkontribusi, bisa memberikan yang terbaik, bisa memberikan suatu hal yang berbeda untuk Fakultas Ekonomi UBB”, harapnya.

Salah satu narasumber Yoseph Kaburuan mengajak mahasiswa sedari usia muda untuk mulai merencanakan investasi di pasar modal. Dalam materinya, ia memaparkan pengetahuan tentang apa itu saham, cara berinvestasi saham, serta seluk-beluk investasi saham termasuk manfaat dan resiko yang bisa saja terjadi jika calon investor kurang berhati-hati dalam memilih perusahaan. Tidak hanya itu narasumber lainnya juga membagikan pengalaman dan ilmunya sebagai Founder Investor Saham pemula yang telah sukses dan berpengalaman di bursa efek Indonesia.

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa yang hadir dengan para pemateri. Antusiasme mahasiswa terkait investasi saham terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Para mahasiswa yang hadir, mengaku sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, selain untuk menambah wawasan juga bisa berinvestasi di pasar modal. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB Fakultas_Ekonomi_UBB