UBB Jalin MoU Dengan UNHAN

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 Desember 2017 08:15 WIB | Diupdate pada 14 Desember 2017 10:44 WIB


Penandatanganan MoU - Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., dan Rektor UNHAN Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil., tandatangani Naskah Nota Kesepahaman (MoU), yang disaksikan oleh Wakil Rektor II UBB Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, M.Sc., serta  Letkol Arm. Ahmad G. Dohamid, S.Sos., M.AP., dari pihak Universitas Pertahanan (UNHAN)

MERAWANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) jalin kerja sama dengan Universitas Pertahanan (UNHAN) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan naskah nota kesepahaman (MoU) antara Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., dengan Rektor UNHAN Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil., Selasa (12/12/2017) siang.

Penandatangan MoU berlangsung di Gedung Babel IV, ruang aula Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk. Hadir pada acara tersebut Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., Wakil Rektor II UBB Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, M.Sc., Dekan FE, Dekan FT, Dekan FISIP, Dekan FH, Para Wakil Dekan disetiap Fakultas, Kepala Jurusan, Kepala Biro dan Kepala Lembaga, serta perwakilan BEM Universitas dan BEM Fakultas dilingkungan UBB. Selain tuan rumah dari UBB, hadir juga pihak UNHAN dan jajarannya antara lain Rektor UNHAN Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil., Kepala Bagian Akademik Unhan Letkol Arm. Ahmad G. Dohamid, S.Sos., M.AP., Dandim 0413/Bangka Letkol Arm Riski Budianto, beserta Jajarannya.

Bentuk kerjasama dari naskah kesepahaman mencakup tridharma perguruan tinggi terhadap pemanfaatan ilmu pengetahuan dan keahlian serta sumber daya manusia dan alam yang tersedia di masing-masing pihak, serta pengembangan sumber daya energi yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki masa berlaku selama 3 (tiga) tahun.

Selain jalin MoU, Universitas Pertahanan (UNHAN) juga mensosialisasikan beasiswa pascasarjana, serta memberi peluang besar kepada Civitas UBB, dan aparatur sipil negara maupun aparat Kepolisian dan TNI serta masyarakat umum/sipil khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk melanjutkan dan mengenyam pendidikan Magister atau Strata 2 di Unhan, tentunya melalui seleksi dan persyaratan yang telah ditentukan.

Terkait pelaksanaan kerjasa sama tersebut, dalam sambutan Rektor UBB Muh Yusuf mengharapkan kerjasama antara Unhan dan UBB nantinya ada tindak lanjut yang kongkrit, baik dalam bidang peningkatan akademik bagi mahasiswa UBB seperti kuliah umum, seminar, penelitian serta dibidang kerjasama lainnya.

“Jadi nanti Pak Jendral, kami berharap MoU ini nanti bisa ditindaklanjuti kearah yang kongrit, dalam bentuk kerja sama dengan UBB, apakah nantinya dalam hal-hal tertentu, misalnya untuk bidang akademik maupun bidang lainnya”, ungkap Muh Yusuf.

Ia juga menambahkan, pentingnya kerjasama dengan Unhan tidak hanya sekedar peningkatan tridharma perguruan tinggi saja, namun dari segi pertahanan juga perlu menjadi perhatian khusus, menginggat Provinsi Babel merupakan daerah kepulauan dengan masyarakat yang majemuk, tentunya antisipasi keamanan dan pertahanan perlu mendapat perhatian oleh kita semua.

Mengantisipasi pertahanan dan keamanan negara baik dari aspek militer maupun non militer ini bukan hanya menjadi tugas TNI/Polri saja, bukan juga Pemprov Babel, tapi seluruh masyarakat dan stakeholders yang ada.

“untuk pertahanan ini sangat penting sekali, karena kita tahu bahwa tugasnya pertahanan itu bukan menjadi tugasnya TNI/Polri saja, tetapi masalah pertahanan menjadi tugas kita bersama”, imbuh Rektor UBB mengakhiri sambutannya.

Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil., menyambut baik adanya MoU antara Unhan dengan UBB. Langkah ini merupakan upaya sinergitas antar kedua perguruan tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam paparannya, Unhan yang ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/ot/2009 tanggal 6 Maret 2009, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009 di Istana Negara, dengan akreditasi institusi perguruan tinggi “A”, dan kini telah memiliki 4 Fakultas yakni Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional, dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

Rektor Unhan juga berharap adanya Dosen maupun alumni UBB yang bergabung untuk mengembangkan ilmu sesuai prodi yang diminati. Dalam sosialisasinya, ia juga mengenalkan program magister serta beasiswa pascasarjana yang tawarkan oleh Unhan dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang free/gratis untuk para mahasiswa.

“Kami berharap sekali ada calon dosen yang disini ‘UBB’, yang nantinya akan mengembangklan ilmu pertahanan juga, dan tentunya sesuai dengan prodi yang diminati”, ucap Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil.

Dikegiatan tersebut juga diadakan penyerahan souvenir dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama, serta jamuan makan siang oleh Rektor UBB diruang kerjanya. Terjalinnya kerjasama ini diharapkan akan memberikan manfaat yang besar baik bagi kedua institusi, dan masyarakat Bangka Belitung pada umumnya. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB