Kanwil DJPB Prov. Babel Edukasi Mahasiswa FE UBB Untuk Memahami APBN

Penulis: Editor | Ditulis pada 11 Januari 2018 09:10 WIB | Diupdate pada 11 Januari 2018 09:10 WIB


MERAWANG, UBB - Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (FE-UBB) menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DjPb) Provinsi Bangka Belitung yang mengangkat tema “Memahami APBN”, kepada Mahasiswa FE, yang menghadirkan narasumber Kepala Kanwil DjPb Prov. Babel Supendi, bertempat di ruang aula Rektorat Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Rabu (10/1/2018) pagi.

Kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung Wakil Rektor II UBB Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, MSc., dan dihadiri oleh Dekan FE Dr. Reniati, S.E. M.Si., Wakil Dekan I dan II, Kepala Prodi dan Dosen FE, Kepala Kanwil DjPb Prov. Babel beserta jajarannya, serta dihadiri oleh sekitar 150 Mahasiswa FE UBB.

Acara dimulai dengan sambutan Wakil Rektor II UBB Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, MSc., dan dilanjutkan dengan sambutan serta materi yang disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah DjPb Provinsi Babel, Supendi yang menyampaikan maksud diselenggarakannya kegiatan Perbendaharaan Menyapa yaitu sebagai sarana komunikasi publik Ditjen Perbendaharaan serta sebagai salah satu strategi “Image Branding” Ditjen Perbendaharaan kepada masyarakat agar lebih dekat dan lebih dikenal, serta memberikan edukasi kepada mahasiswa dalam memahami tentang APBN.

Wakil Rektor II UBB Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, MSc., dalam sambutannya sekaligus membuka acara kuliah umum sangat bersukur dengan diadakan kegiatan ini, karna menurutnya ini momen yang sangat penting dan suatu kesempatan yang bagus untuk pengembangan keilmuan bagi mahasiswa di dunia kerja nyata setelah lulus nanti. Dengan adanya kegiatan ini akan memberikan pemahaman dan literasi bagi mahasiswa untuk lebih memahami perbendaharaan terkait APBN.

“Ini momen yang sangat penting, karna ini kesempatan yang sangat langka dan sangat bagus untuk mengembangkan keilmuan adek-adek sekalian,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan pada tahun 2017, Kepala Kanwil DjPb Prov. Babel pernah memberikan piagam penghargaan kepada 3 satker terbaik di Prov. Babel terkait pengelolaan keuangan periode semester I tahun 2017, diantaranya Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Universitas Bangka Belitung dan Kementerian Agama Kabupaten Bangka. Menurutnya UBB diperingkat 2 (kedua) telah dapat membenah diri dalam pengelolaan dan tata laksana keuangan dengan sangat baik dan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Dia berharap kegiatan edukasi ini tidak hanya sebatas ini saja, namun bisa berlanjut dengan berbagai jenis kegiatan lainnya. Pada kesempatan itu juga Prof. Agus Hartoko menyampaikan kepada mahasiswa bahwa kegiatan serupa akan terus UBB upayakan dengan melibatkan BUMN dan Instansi terkait untuk menuju peradaban.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kanwil DjPb Provinsi Babel, Supendi menyampaikan rasa bangganya karena dapat berkunjung ke Kampus Terpadu UBB dan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi UBB. Selain materi kuliah umum mengenai pemahaman APBN, serta fungsi APBN sebagai penggerak pertumbuhan perekonomian, Ia juga menjelaskan peran Kanwil DjPb dan Ditjen Perbendaharaan dalam Pengelolaan Keuangan Negara berbasis kinerja. 

Materi Kuliah Umum yang disampaikan langsung Kepala Kanwil DjPb Prov. Babel Supendi, dengan dipandu oleh moderator Dr. Reniati, S.E. M.Si., memberikan aura positif tersendiri bagi para peserta, dan terlihat bersemangat serta antusias untuk menyimak setiap materi yang disampaikan.

Suasana semakin meriah saat Panitia membagikan doorprise untuk 10 peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang benar, pertanyaan tersebut hanya bisa diakses melalui handphone masing-masing peserta yang terkoneksi dengan jaringan internet, bagi peserta yang menjawab benar dan tercepat berhak  menerima doorprise menarik kerjasama antara UBB, Kanwil BjPb Prov. Babel, serta BANK Sumsel Babel. (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar