Bank Indonesia Beri 50 Beasiswa Untuk Mahasiswa Berprestasi

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 01 Februari 2018 08:56 WIB | Diupdate pada 05 Februari 2018 10:16 WIB


FOTO BERSAMA -- Warek II UBB Agus Hartoko, Kepala Bank Indonesia BABEL Tantan Heroika, Dekan Fakultas Ekonomi Reniati, Wadek FPPB Wahyu Adi, Kepala BAKK Evia Eva, Kepala BPKKU Andy Evans Gunady, Pegawai Bank Indonesia, GenBI dan mahasiswa UBB melakukan foto bersama sebelum kegiatan sosialisasi Beasiswa BI di UBB, Rabu (31/01/2018) pagi.

BALUNIJUK (UBB) -- Bank Indonesia (BI) bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) melakukan sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia tahun 2018 dan sosialisasi kebanksentralan kepada mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) di ruang rapat besar kampus terpadu UBB, Rabu (31/01/2018) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UBB Agus Hartoko, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung Tantan Heroika, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Reniati, Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Wahyu Adi, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Evia Eva, Kepala Biro Perencanaan, Keuangan, Kepegawaian dan Umum (BPKKU) Andy Evans Gunady, Pegawai Bank Indonesia serta mahasiswa UBB.

“Bank Indonesia mengharapkan para penerima beasiswa yang nanti akan tergabung di GenBI bisa menjadi bagian dari Bank Indonesia, saya mengharapkan GenBI bisa lebih terlibat didalam kegiatan maupun proses bisnis Bank Indonesia”,ujar Tantan Heroika saat memberikan sambutan di acara sosialisasi beasiswa BI.

GenBI dibentuk oleh BI sebagai wahana pengembangan kepemimpinan dan dikelola para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dalam rangka mengoptimalisasi potensi bibit unggul generasi muda Indonesia, khususnya mahasiswa Bangka Belitung, dengan harapan dapat melahirkan pemimpin bangsa yang memiliki kemampuan serta wawasan yang lebih luas menghadapi tantangan di masa depan.

Adapun Persyaratan untuk dapat mendaftar menjadi penerima beasiswa dari BI diantaranya yaitu; Masih berstatus aktif di Universitas Bangka Belitung, Telah menyelesaikan minimal 40 (empat puluh) SKS, Memiliki Indek Prestasi (IP) Minimal 3.00 (skala 4), Usia Maksimal 24 tahun pada saat menerima beasiswa, Tidak sedang menerima beasiswa dan atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain.

Selain dari syarat diatas Bank Indonesia juga mensyaratkan mahasiswa penerima beasiswa BI diutamakan berasal dari latar belakang ekonomi kurang mampu (keluarga pra sejahtera).

Untuk bisa diterima sebagai calon penerima beasiswa mahasiswa dituntut membuat motivation Letter (dalam bahasa Indonesia), Menyertakan surat rekomendasi dari 1 tokoh (akademik atau non akademik), Memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktivitas social yang mempunyai dampak kebermanfaatan bagi masyarakat serta bersedia berperan aktif dalam komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI) dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Penerima beasiswa BI merupakan mahasiswa dari program studi yang sesuai dengan Bank Indonesia yaitu; Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Agribisnis, Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya Perairan.

Tahun 2018 kuota penerima Beasiswa BI bertambah 10 orang dari tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah 40 orang, tahun ini penerima beasiswa BI berjumlah 50 orang.

Selain bertambahnya kuota penerima Beasiswa BI, jumlah dana yang akan diterima juga mengalami peningkatan yang sebelumnya 750.000/bulan menjadi 1.000.000/bulan

Seleksi beasiswa BI akan dilaksanakan dari Januari hingga Maret dengan tahapan pertama yatu sosialisasi dan pendaftaran dilanjutkan seleksi tahap I berupa pemeriksaan berkas dilanjutkan seleksi tahap II berupa wawancara dan tahap terakhir yaitu pengumuman Hasil Akhir.(Aris/Humas)


Topik

Beasiswa Dr._Reniati,_S.E.,_M.Si Wakil_Rektor_II_UBB