Tingkatkan Motivasi Raih Beasiswa, HIMABIO FPPB adakan Seminar Student Fair Scholarship

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 22 Februari 2018 23:41 WIB | Diupdate pada 22 Februari 2018 23:41 WIB


MERAWANG, UBB – Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Bilogi Universitas Bangka Belitung (Himabio – FPPB UBB), menggelar seminar Student Fair Scholarship (SFS) dengan tajuk “Menyalurkan Informasi dan Memberikan Pembekalan Mental Kepada Calon Pelamar Beasiswa” di Aula Rektorat, Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Kamis (22/2) pagi.

Kegiatan seminar ini menghadirkan 4 (empat) narasumber yang merupakan penerima beasiswa dari lulusan Universitas dalam dan luar negeri ternama, diantaranya Rini Arianti, S.Si., M.Sc., (alumni S2 UGM, dan penerima Beasisiswa Stipendium Hungaricum ke Hungaria tahun 2017), Widya Handini, B.Sc., M.Sc., (bachelor of science dari university of malaya, dan master of science dari university of southampton), Budi Kurniawan, M.Pub.Pol., (penerima beasiswa pemerintah Australia – ADS, lulusan Australia National University/ANU), serta Ricca Affressia., S.Hut., M.Si., (penerima beasiswa LPDP, lulusan S2 UGM).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Rektor UBB, Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., Dekan FPPB Dr. Tri Lestari, S.P., M.Si., para Kepala Jurusan dan Dosen dilingkungan FPPB UBB, para undangan dan peserta seminar Student Fair Scholarship. Konsep acara yang merangkum pengetahuan seputar dunia pendidikan ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu seminar, workshop, simulasi toefl, dan pameran mini beasiswa dalam dan luar negeri.

Rektot UBB, Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si., sekaligus membuka acara menyambut baik kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sangat penting untuk menata masa depan yang lebih baik. Ia juga mengungkapkan saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun luar negeri, beda halnya pada masa ia dahulu untuk melanjutkan ke jenjang S2 yang dianggap masih minim sekali program beasiswa yang ada.

“Kegiatan ini sangat penting sekali buat kita kedepan, untuk menata masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri dan untuk bangsa Indonesia, dan juga bisa membawa nama baik buat UBB dikanca nasional dan internasional,” ungkapnya.

lebih lanjut Ketua Pelaksana Lastri Dwi Saputri menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada pemuda pemudi yang ada di Babel untuk meraih peluang beasiswa yang terbentang luas, serta menumbuhkan percaya diri bagi para peserta dengan menghadirkan motivator yang telah dipersiapkan panitia.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena keterbatasan informasi serta kurangnya peminat pemuda pemudi di Babel mengenai beasiswa itu sendiri, pada hal kita ketahui banyaknya beasiswa yang telah disiapkan oleh pemerintah baik itu yang ada di luar negeri maupun yang ada di Indonesia sendiri, akan tetapi masih banyak pemuda pemudi yang justru bermalas-malasan untuk meraih beasiswa itu sendiri,” cetusnya.

SFS yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 22-23 Februari 2018 merupakan kegiatan perdana diselenggarakan oleh Himabio FPPB. Acara yang disuguhkan baik untuk internal maupun eksternal UBB ini, untuk menjembatani serta sebagai sarana informasi bagi para peserta akan program-program beasiswa yang akurat dan terjamin, dan menumbuhkan rasa percaya diri bagi para peserta dalam meraih mimpinya untuk melanjutkan jalur pendidikan yang lebih tinggi dengan beasiswa.

Berbagai kesempatan untuk meraih pendidikan dengan keringanan biaya melaui beasiswa. Tak hanya itu, berbagi cerita mengenai pengalaman menuntut ilmu di luar negeri dan kiat-kiat dalam menjalani kehidupan oleh para narasumber yang telah lebih dulu merasakan petualangan di luar negeri yang menginspiratif para peserta yang hadir.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberi pencerahan dan motivasi bagi para peserta SFS, tidak hanya sekedar prestasi, namun modal sosial dibutuhkan dalam proses mendapatkan beasiswa, sebab dibutuhkan peran sosial untuk membentuk jaringan komunikasi dalam proses mencari informasi beasiswa. (Ags/Humas)


Topik

FPPB_UBB