Puncak Kegiatan Gembira 2018 Ditutup Dengan Pembagian Hadiah

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 09 Maret 2018 17:46 WIB | Diupdate pada 09 Maret 2018 17:46 WIB


Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., foto bersama dengan para pemenang di penutupan kegiatan Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) tahun 2018, bertempat di Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB Balunijuk.

MERAWANG, UBB - Puncak acara dari rangkaian kegiatan Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara (Gembira) ke-3 tahun 2018, ditutup dengan pembagian hadiah bagi para pemenang perlombaan yang deselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Bangka Belitung (Formadiksi UBB).

Acara Penutupan Gembira dihadiri oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., Dekan FISIP UBB Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., Dekan FE UBB Dr. Reniati, S.E., M.Si., Kepala BAKK UBB Evia Eva, STP., beserta jajarannya, Dosen UBB, serta peserta Gembira, bertempat di Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Kamis (8/3/2018) malam.

Suatu kehormatan serta kebanggaan tersendiri bagi Civitas Akademika UBB terlebih khusus Panitia dari Formadiksi UBB telah diberi kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gembira ke-3. Dengan segala keterbatasan yang ada, seluruh rangkaian kegiatan Gembira yang telah berlangsung dari tanggal 5 - 9 Maret, yang diikuti sebanyak 137 peserta dari 64 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berjalan dengan baik dan lancar.

Ketua Pelaksana Gembira, Sumarko melaporkan dari seluruh rangkaian kegiatan Gembira tahun 2018 berjalan dengan lancar dan tertib, dan para peserta pun sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Ia juga mewakili seluruh panitia menyampaikan permintaan maaf terhadap kekurangan terhadap kegiatan tersebut.

Malam penutupan acara Gembira, para peserta disuguhkan dengan pemutaran vidio hasil editing panitia Formadiksi UBB, yang diabadikan dari seluruh rangkaian kegiatan Gembira sejak awal kedatangan para peserta di Prov. Kep. Bangka Belitung hingga berakhirnya kegiatan Gembira.

Ajang Gembira ini, semakin mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa penerima Bidikmisi dari berbagai perguaran tinggi, serta lebih meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan diantara para peserta.

Selain itu juga, diharapkan kegiatan ini dapat sebagai wadah komunikasi antar sesama penerima Bidikmisi se-Indonesia dalam merumuskan program-program nasional sebagai wujud pengabdian serta dedikasi terhadap negara.  

Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., sekaligus menutup kegiatan Gembira 2018 menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan diri dengan baik untuk melayani para peserta selama di Bangka Belitung.

“Saya mengucapkan terimaksih kepada seluruh panitian Gembira 2018, serta Civitas Akademika UBB yang sudah mensukseskan acara ini. Semoga pengalaman selama kegiatan ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan, serta memotivasi para peserta untuk lebih berkarya dan berprestasi lagi,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Sumarko sangat bersyukur atas kelancaran kegiatan Gembira ini, apa lagi menurutnya ini pertama kali diberi mandat untuk mengkoordinir organisasi yang baru digelutinya, dan langsung diberi amanah sebagai Ketua Pelaksana di ajang nasional.

“Kesannya sangat bersyukur ketika ditunjuk jadi ketua pelaksana, apalagi ini pertamakali !, mungkin ini acara yang terbesar yang pernah dilakukan, dengan membawa organisasi yang kemarin baru belia, baru mulai muncul’ kan baru jalan 4 bulan langsung bertanggung jawab, ngambil amanah untuk tuan rumah Gembira, jadi sangat luar biasa,” kata Sumarko.

Ia juga menambahkan, selama kegiatan Gembira para peserta nampak senang dan puas terhadap pelaksanaan yang dikelola Formadiksi UBB yang dianggap begitu megah dan luar biasa. Ia juga berpesan untuk jangan ragu-ragu berbuat dan mengambil amanah, serta memotivasi rekan-rekan bidikmisi agar pelaksanaan kegiatan kedepan lebih luar biasa lagi.

“Secara umum itu seluruhnya dari pengakuan Ketua Formadani nya bilang kemarin (8/3) ‘3 kali sudah saya mengikuti acara gembira katanya, inilah acara termewah, termegah dan luar biasa yang pernah kami rasakan

Dari 64 Universitas yang mengikuti ajang tersebut, pada malam penutupan acara dilangsungkan pembacaan Surat Keputusan Dewan Juri tentang penetapan pemenang lomba pada kegiatan Gembira No:01/kpts/DJ-GEMBIRA/2018, dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan foto bersama.

Adapun nama-nama pemanang perlombaan kegiatan Gembira 2018 diantaranya;

Lomba Cerita Inspiratif

  1. Juara I                  :  Amar Chania (Universitas Kuningan)
  2. Juara II                 :  Dinni Ramayani (Universitas Negeri Padang)
  3. Juara III               :  Rikko Hermanto (Universitas Negeri Malang)
  4. Harapan I             :  Nadia Nur Rahma (Institute Pertanian Bogor)

Lomba Debat Nasional

  1. Juara I                  :  Tim Gesing (Universitas Jambi)
  2. Juara II                 :  Tim Lda (Universitas Andalas)
  3. Juara III               :  Tim Roket (Universitas Negeri Malang)
  4. Harapan I             :  Tim Bulak Sumur Muda (Universitas Gajah Mada)

Lomba Pidato Nasional

  1. Juara I                  :  Nurul Devi Ariyani (Politeknik Negeri Semarang)
  2. Juara II                 :  Diki Wahyudi (Universitas Sriwijaya)
  3. Juara III               :  David Pra Utama (Universitas Negeri Padang)
  4. Harapan I             :  Sulmiati Hamzah (Universitas Syah Kuala)

Selain itu, Meidiana yang merupakan salah satu anggota dari Tim Gesing dari Universitas Jambi meraih gelar best speaker dalam ajang Debat Nasional Gembira 2018. 

Tentunya suatu kebanggaan tersendiri bagi para pemenang, terkhusus bagi Perguruan Tinggi yang sudah mengirimkan perwakilan mahasiswa bidikmisinya untuk berprestasi diajang nasional.

Selain itu, sebagai wujud dan dedikasi terhadap negara yang telah diberi kesempatan kepada mereka sebagai mahasiswa penerima Bidikmisi, Sumarko berharap agar rekan-rekan sesama penerima Bidikmisi mempunyai rasa ingin berprestasi dan berkompetisi untuk membuktikan dan membedakan dengan mahasiswa lain, karna dengan segala keterbatasan, namun mereka bisa berprestasi dan terus berkarya untuk membanggakan Perguruan Tingginya, serta Indonesia di mata dunia. (Ags/Humas)


Topik

Formadiksi_UBB Bidik_Misi Gembira