Tandangi SMP Di Pangkalpinang, Dosen FH UBB Berikan Pemahaman Kesadaran Hukum

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 14 Maret 2018 13:09 WIB | Diupdate pada 14 Maret 2018 13:09 WIB


PANGKALPINANG, UBB - Para Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (FH UBB) melakukan kegiatan seminar pengabdian kepada pada masyarakat disela-sela kesibukannya selain bidang pengajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari Tridharma perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Pada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari, Februari, dan Maret Tahun 2018.

Kegiatan pengabdian ini difokus ke beberapa sekolah yang ada di Pangkalpinang, yakni SMP Negeri 7 Pangkalpinang, SMP Negeri 9 Pangkalpinang, SMP Negeri 2 Pangkalpinang, SMP Negeri 3 Pangkalpinang, SMP Negeri 4 Pangkalpinang, MTsN Pangkalpinang serta dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan serupa dibeberapa sekolah lainnya hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan pemahaman dalam menumbuhkembangkan kesadaran hukum, Pemberdayaan para peserta untuk membentuk peserta didik di sekolah masing-masing untuk menjadi generasi yang sadar hukum, serta Peningkatan pemahaman dan wawasan tentang lingkup keberlakuan beberapa  peraturan perundang-undangan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dosen Tetap Fakultas Hukum UBB yakni,  Rio Armanda A, S.H., M.H (Remaja, Kenakalan Remaja dalam masyarakat dan Hukum), Dr. Abdul Rasyid Saliman, S.H., M.M (Peranan Guru bagi kemajuan dalam dunia pendidikan dan pengajaran), Wirazilmustaan, S.H., M.H (Peranan Pendidikan Dalam Membentuk Siswa/i yang berkarakter sadar hukum dan sukses berprestasi), Toni, S.H., M.H (Konsep Program dan Praktek Pendidikan berintegritas di sekolah).

Kesempatan ini pun disambut baik oleh pihak sekolah maupun siswa, nampak para siswa menyimak dengan baik setiap materi yang disampaikan oleh para Dosen FH UBB. Setidaknya mereka sudah diberi pendidikan dan pemahaman tentang sadar hukum yang ditanamkan sejak dini, dan pihak sekolahpun merasa senang, karna sistem pembelajaran dibangku kuliah sudah di kenalkan kepada anak didiknya. 

Rio Armanda Agustian, SH., MH., selaku Koordinator kegiatan ditempat terpisah menyampaikan, “pihak sekolah maupun siswa menyambut positif dari kegiatan sosialisasi ini, dan diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut, sehinga kedepan terjalin kegiatan serupa atau kegiatan lainnya dapat terlaksana,” ungkapnya.

Lanjutnya, penyelenggaraan kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai momentum dalam memberikan pemahaman dan wawasan sedini mungkin kepada generasi yang sadar akan hukum, serta dapat diimplementasikannya dalam kehidupannya sehari-hari.

“Bentuk pengabdian dari Dosen FH UBB ini, diharapkan nantinya dapat bermanfaat bagi pihak sekolah, serta adanya kerjasama lain yang bisa di rencakanan dan dilaksanakan oleh para pihak” tambah Rio Armanda.

Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi sekolah-sekolah yang menjadi tujuan dan fokus tempat Pengabdian Kepada Pada Masyarakat dari para Dosen FH UBB, sehingga apa yang telah dilaksanakan dapat diterapkan dan berguna bagi para Guru dan Siswa. Tak luput juga, ucapan terima kasih disampaikan oleh para Dosen FH UBB kepada pihak-pihak yang telah membantu atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik.

Diharapkan setelah kegiatan ini nantinya ada suatu kerjasama dengan pihak sekolah, sehingga kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dapat terprogram dan terencana dengan baik serta kedepannya nanti ada sekolah binaan oleh Fakultas Hukum UBB, bahkan ada program-program yang bisa diimplementasikan oleh pihak Fakultas Hukum dengan pihak sekolah, sehingga dari kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk kegiatan-kegiatan lainnya. (Rio/FH UBB)


Topik

Fakultas_Hukum_UBB