Berbagi Pengalaman Dalam Temu Alumni Prodi MSP FPPB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 15 Maret 2018 16:46 WIB | Diupdate pada 15 Maret 2018 16:46 WIB


MERAWANG, UBB – Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (Prodi MSP) Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) yang berdiri sejak tahun 2006 dan telah terakreditasi “B” menggelar temu alumni dengan mahasiswa. Kegiatan berlangsung bersahaja dengan menghadirkan beberapa alumni MSP, bertempat Gedung Teladan FPPB, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Rabu (14/3/2018).

Temu alumni adalah ajang silaturahmi dan berbagi pengalaman dengan tujuan untuk memperkuat hubungan baik antara alumni, maupun antara alumni dengan civitas akademik FPPB terutama mahasiswa Prodi MSP, sehingga terjalin jejaring sosial yang dapat menampung banyak informasi, wawasan, serta menginspirasi mahasiswa terkait pengembangan karier dalam mempersiapkan diri menghadapi tuntutan dunia kerja.

Sejalan dengan perkembangan waktu yang terus bergerak maju serta diiringi dengan dinamika perjalanan prestasi yang dicapai oleh Prodi MSP FPPB, yang saat ini telah mencetak kurang lebih 193 alumni yang tersebar dan bekerja di berbagai bidang, baik sebagai akademisi, pegawai dipemerintahan, wiraswasta, BUMN maupun instansi lainnya, yang saat ini mempunyai peran besar di dalam memberikan image yang baik kepada masyarakat, maupun Civitas Akademika MSP FPPB UBB.

Kegiatan temu alumni MSP dengan mahasiswa yang masih aktif dalam rangka berbagi pengalaman dengan tajuk “Sharing Persiapan Menghadapi Dunia Kerja”, yang dimulai dari jam 08.00 wib hingga sore, dihadiri sekitar 50 mahasiswa.

Berbagi pengalaman didunia kerja yang telah didapat oleh para alumni diharapkan bisa diturunkan ke mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan dan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja.  

Ketua Pelaksana temu alumni, Riko (Semester 4 MSP) menyampaikan, “kegiatan temu alumni ini dengan maksud untuk menjalin silaturahmi para alumni dengan mahasiswa,  sebagai sarana bertukar informasi, dan membangun jejaring sosial, serta memberikan wawasan bagi mahasiswa terkait pengembangan karier dalam mempersiapkan diri menghadapi tuntutan dunia kerja,” terangnya.

Lanjutnya, tujuan dilaksanakan kegiatan temu alumni ini adalah untuk mempererat talisilaturahmi antara alumni dengan mahasiswa yang masih aktif, kemudian meningkatkan motivasi MSP terkait dengan peluang kerja kedepannya, dan menciptakan jejaring informasi, serta kiat-kiat sukses dari para alumni didunia kerja untuk berbagi pengalaman. 

Tidak tanggung-tanggung alumni yang dihadirkan individu muda dan enerjik dengan kategori pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Enterpreneur, Tenaga Ahli, Karyawan BUMN dan Instansi lain. Lebih lanjut Riko menuturkan, terlaksananya acara ini merupakan gagasan dari salah satu Dosen UBB, Andi Gustomi, S.Pi., M.Si., yang juga merupakan salah satu alumni dari Prodi MSP FPPB UBB sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam pengembangan dan memajukan civitas akademika, khususnya Prodi MSP, serta menjaring para alumni MSP yang telah tersebar luas.

Kegiatan temu alumni yang dipandu langsung oleh Andi Gustomi, S.Pi., M.Si., membuka acara dengan menceritakan sedikit pengalaman pribadi yang tentunya tidak akan sama dengan pengalaman masing-masing alumni. Suasana dialog semakin seru saat masing-masing alumni diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri serta berbagi cerita terhadap pengalaman hingga kiat sukses di dunia kerja.

Kemudian, pemaparan dilanjutkan sesi tanya jawab dan sering antar alumni dengan mahasiswa, pertanyaan yang muncul seputar persiapan-persiapan yang dibutuhkan saat bekerja nantinya. Gelar sarjana yang di sandang para alumni MSP tidak menjadi kendala untuk mencari semua peluang kerja yang harus sama dengan bidang keilmuannya, ini diungkapkan para alumni yang telah bekerja, dan bertugas jauh dari penerapan keilmuan yang diterima selama dibangku kuliah.

Pembicara yang hadir dalam temu alumni diantaranya, Tiko Fajri, SPi., (Bank Indonesia Perwakilan Prov. Babel), Eko Candra, SPi., (PNS Prov. Babel unit BBI Air Payau Tanjung Keresak), Herpin, SPi., (PNS Kemenhumham Sipir Lapas Narkoba Kelas III Pangkalpinang), Okto Supratman, SPi., MSi., (Dosen UBB), Endang Juwita, SPi., (Enterpreneur) Andi Gustomi, SPi., MSi (Dosen UBB), Jemi Ferizal, SPi., (Staf Labor. MSP FPPB UBB), serta para alumni lainnya.

Belajar untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja, para alumni mengaku terbantu dengan pengalaman selama aktif berorganisasi pada saat kuliah. Wawasan dan pengalaman organisasi sangat membantu dan memudahkan untuk berkomunikasi serta ide/gagasan yang luas bisa dikembangkan dalam lingkungan pekerjaan.

Kemampuan berkomunikasi (Bahasa Asing) dan mengolah data adalah dasar serta softskil yang dibutuhkan didunia kerja. Selain itu manajemen waktu dan presenting idea adalah sesuatu yang perlu diasah dan terus dilatih. Hal lain yang tidak kalah penting adalah individu yang memiliki integritas.

Melalui kegiatan temu alumni ini mampu berperan dalam pengembangan Prodi MSP yang ada di FPPB UBB, serta dapat memberi masukan informasi mengenai tuntutan dunia kerja kepada para mahasiswa. Diharapkan juga para alumni dapat menyebarluaskan keberadaan Perguruan Tinggi yang diemban sesuai dengan visi misinya, dan mampu menampilkan diri sebagai lulusan yang mampu bersaing dan memberikan image yang baik kepada masyarakat, maupun instansi lingkungan kerjanya. (Ags/Humas)


Topik

FPPB_UBB MSP_UBB