Kuliah Umum Limnologi, Mengenal Ekosistem Danau di Indonesia

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 21 Maret 2018 13:42 WIB | Diupdate pada 21 Maret 2018 13:42 WIB


KULIAH UMUM – Dr. Ir. Lukman M.Si, dari Pusat Penelitian Limnologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan kuliah umum tentang Limnologi, Mengenal Ekosistem danau dan Tinjauan Permasalahan Pada Beberapa Danau Di Indonesia, dihadapan mahasiswa dan dosen UBB di Gedung Daya Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB) Rabu (21/03/2018) pagi.

MERAWANG (UBB) – Program studi Biologi Universitas Bangka Belitung, gelar kuliah umum Limnologi di ruang F5 Gedung Daya Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB) kampus terpadu Balunijuk UBB, Rabu (21/03/2018) pagi.

Kegiatan kuliah umum tentang Limnologi dengan mengangkat tema “Mengenal Ekosistem danau dan Tinjauan Permasalahan Pada Beberapa Danau Di Indonesia”

Menghadirkan Dr. Ir. Lukman M.Si, Pusat Penelitian Limnologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kegiatan kuliah umum diikuti oleh mahasiswa program studi biologi serta dosen program studi biologi FPPB UBB.

Limnologi adalah ilmu tentang ekosistem perairan darat.  Kajiannya adalah mengungkap struktur dan fungsi hubungan antara organisme perairan darat kaitannya dengan dinamika fisik, kimia dan biologi lingkungannya.

Limnologi terkait stuktur ekosistem perairan, kharateristik air, cahaya dan pengaruhnya  di perairan, keadaan suhu perairan, gerakan air, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan di perairan, peranan oksigen dan karbon dioksida di perairan, peranan nitrogen,phosphor dan nutrien-nutrien lainnya di perairan, berbagai kelompok organisme di perairan danau,  sungai dan estuaria, keberadaan phytoplankton, zooplankton dan zoobenthos di perairan, ikan dan  perikanan, dinamika rantai makanan di perairan, asal usul danau dan estuaria, eutrofikasi,paleolimnologi, dan limnologi terapan.

“30 meter dari tepi danau merupakan daerah bebas keramba, karena daerah tersebut daerah produktif untuk tumbuhan air dan pemijahan” ujar Lukman.

Inland water atau air yang terdapat di daratan diantaranya sungai, danau, kolam dan sebagainya. Indonesia memiliki 840 danau, dengan berbagai isu yang menyertainya seperti kepemilikan bersama dan beban masukan. Lukman menyebutkan lima permasalahan danau yaitu; Kerusakan akibat sedimentasi, Pemanfaatan tinggi, komitmen pemerintah, keragaman hayati dan Alien Spesies.(ars/humas)


Topik

FPPB_UBB Biologi_UBB