Perpustakaan Jantung Perguruan Tinggi

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 21 Maret 2018 12:42 WIB | Diupdate pada 21 Maret 2018 13:13 WIB


FOTO BERSAMA --  Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi berfoto bersama pengurus dan anggota Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), usai membuka secara resmi workshop kepustakaan di ruang rapat besar UBB, Balunijuk, Merawang, Bangka, Rabu (21/03/2018) pagi.

BANGKA, UBB --   Perpustakaan merupakan jantung  dari hampir semua  kegiatan akademis di perguruan tinggi.  Karena itu  digitalisasi  yang lahir di era  teknologi informasi  saat ini harus   ada,  dan  menjadi instrumen  penting dalam operasionalisasi perpustakaan di perguruan tinggi.

“Digitalisasi  itu sekarang sudah menjadi suatu keniscayaan.   Menggunakan  digitalisasi,  semua karya ilmiah para akademisi,  akan  tersimpan dengan aman!,”  ujar Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi ketika membuka resmi workshop kepustakawan Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) di ruang rapat besar UBB, Balunijuk, Bangka, Rabu (21/08/2018) pagi.

Workshop diikuti 100 pustakawan dari 117 PTN ini  berlangsung  di  tiga kelas Fakultas Ekonomi UBB dan  Ruang Akustik Gedung Timah I UBB.   Mereka membahas   tajuk ‘Open Educational Resources’ (disampaikan  Dr Taufik Abdul Gani M.Eng), ‘Academic Writing for Librarians’ (dikupas Wiji Suwarno M.Hum) dan ‘Digital Literacy’ (Dr Rohmadi M.Hum).

Muh Yusuf menilai  sebagai  jantung perguruan tinggi,  pustakawan    harus  mengikuti, beradaptasi,  dan menerapkan teknologi informasi yang terus berkembang  dengan cepat.  Untuk itu maka tidak bisa tidak  pustakawan harus  senantiasa  meningkatkan potensi  ‘soft skill’ (ketrampilan diri)-nya.

“Kita akui  banyak faedah dari penggunaan  IT.  Melalui digitalisasi,  kita merasakan  beragam kemudahan,  kecepatan  dan efisiensi. Bahkan  sekalipun sisi ekonomis suatu kegiatan  berjangka panjang.  Menyimpan   artikel,  skripsi, tesis, disertasi dan jurnal sebagai  contohnya,   cukup hanya di ruangan kecil tapi karya ilmiah itu tersimpan aman,” tukas Muh Yusuf.

Teknologi informasi yang berkembang cepat  saat ini  menurut Muh Yusuf telah mengubah sesuatu yang bersifat ‘biasa’ menjadi  inklusif. Ia mencontohkan  melalui  aplikasi angkutan online, dari situ   kini telah berkembang  kuliah secara online.    

“Kuliah tidak perlu lagi menggunakan ruangan yang besar. Juga tatap muka  tidak lagi  banyak.  Dosen  memberikan kuliah dari jarak jauh,   salah satunya seperti yang  telah diterapkan  Universitas Terbuka melalui e-learning,” ujar Muh Yusuf.

Sementara itu Ketua FKP2TN Drs Johan E Noor MSc PhD menjelaskan FKP2TN  merupakan kumpulan dari pustakawan yang bertujuan memajukan kepustakaan di PTN. Untuk itu salah satu produk dari organisasi yang didirikan tahun 1992 ini adalah meningkatkan kompetensi pustakawan anggotanya.

“Pustakawan itu mendokumentasikan, merawat dan mendesiminasikan karya akademisi.  Termasuk juga mendukung, mengawal perkembangan pembelajaran dan riset di institusi.  Boleh dibilang perpustakaan itu merupakan  supporting unit (unit pendukung) institusi perguruan tinggi,” ujar Johan.

Oleh karena itu lanjut dosen Universitas Brawijaya ini panitia workshop mengedepankan tiga narasumber  yang dapat memerkaya dan meningkatkan kompetensi pustakawan anggota FKP2TN.  Seperti ‘Digital Literacy’ (Dr Rohmadi M.Hum), ‘Academic Writing for Librarians’ (Wiji Suwarno M.Hum) dan ‘Open Educational Resource’ (Dr Taufik Abdul Gani M.Eng).

“Terlebih lagi sekarang ini ‘kan lagi  maraknya hoaks (berita bohong),  dipandang perlu  adanya  materi untuk memahami  ‘digital literacy’ (kecerdasan digital),” tukas Johan.

Dikemukakannya,   kehadiran FKP2TN juga untuk memajukan perpustakaan anggotanya di PTN.  Terlebih pada  perpustakaan yang tergolong baru berdiri.   Caranya, selain berbagai informasi dan teknologi yang digunakan oleh perpustakaan yang sudah lama berdiri.  Juga FKP2TN menggeluarkan kartu bernama Sakti.

“Dengan kartu Sakti maka pustakawan anggota FKP2TN bisa melakukan kunjungan ke perpustakaan lain sesama anggota FKP2TN,” ujar Johan (Eddy Jajang Jaya Atmaja, Ari Riski)


Topik

REKTOR_UBB UPT_PERPUSTAKAAN_UBB FKP2TN Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si