UBB Tingkatkan Kualitas Lulusan Di Wisuda XVI

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 28 Maret 2018 06:10 WIB | Diupdate pada 28 Maret 2018 06:10 WIB


WISUDA XVI UBB – Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Bangka Belitung (UBB) Prof. Dr. Ir. Agus Hartoko, MSc., selaku Ketua Senat UBB melantik 167 Wisudawan dalam acara Rapat Terbuka Senat UBB Program Sarjana Strata 1, bertempat di Soll Marina Hotel, Bangka Tengah,  Selasa (27/3) pagi.

BANGKA TENGAH, UBB – Sebanyak 167 lulusan Universitas Bangka Belitung (UBB), Selasa (27/3) pagi menjalani prosesi wisuda di Soll Marina Hotel, Bangka Tengah. Sebelum mengikuti prosesi wisuda, para calon wisudawan telah melaksanakan yudisium dan pelepasan di masing-masing Fakultas.

Wisuda Angkatan ke XVI UBB Program S1 ini terdiri dari empat Fakultas di antaranya Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dari 12 program studi.

Tercatat sejak didirikan pada tahun 2006 hingga  kini, Universitas Bangka Belitung telah memiliki total alumni sebanyak 3.824 sarjana. Pada wisuda ke-16 kali ini.

Ismed Inonu, menjelaskan bahwa UBB tentunya akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong peningkatkan kualitas universitas negeri pertama di Babel ini termasuk menginginkan hasil lulusan UBB dari tahun ketahun yang semakin lebih baik.

"Lulusan UBB ini diharapkan akan lebih berkualitas dan bisa mengisi peluang-peluang pekerjaan di wilayah Bangka Belitung khususnya dan Indonesia umumnya," ungkap Ismed Inonu selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Ia juga menambahkan, setiap penerimaan mahasiswa baru, UBB menerima rata-rata berkisar 1.100 orang. Jumlah 1.100 orang ini untuk 19 program studi. Enam di antaranya program studi baru yaitu Fisika, Kimia, Kelautan, Ilmu Politik, Sastra Inggris dan Ilmu Ekonomi.

Ke 167 sarjana yang diwisuda terdiri dari program studi Teknik Mesin 13 orang, Teknik Elektro 11 orang, Teknik Pertambangan 12 orang, Teknik Sipil 29 orang, Agroteknologi 13 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 11 orang, Biologi 19 orang, Agribisnis 3 orang, Akuntansi 8 orang, Manajemen 18 orang, Sosiologi 18 orang, dan Budidaya Perairan 12 orang.

Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Muh Yusuf mengaku pihaknya juga terus mendorong para putra-putri Bangka Belitung agar bisa melanjutkan jenjang pendidikan di bangku perkuliahan di daerahnya sendiri termasuk di UBB yang merupakan satu-satunya universitas negeri di Babel.

Dengan melanjutkan pendidikan di UBB, maka tentu masyarakat atau putra-putri Babel pun tidak lagi harus kuliah keluar daerah. Oleh karena itulah UBB pun akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik yakni dosen maupun tenaga kependidikan yang ada di UBB.

“UBB juga melakukan upaya promosi kepada publik melalui berbagai media cetak maupun oline, supaya masyarakat pun makin bisa menilai dan melihat hal pertama adalah akreditasi program studi. Sebab, kalau sudah B apalagi A, maka masyarakat pun atau publik pun akan semakin berminat mendaftar di UBB,” ungkap Muh Yusuf.

Terhadap wisudawan baru, Muh Yusuf berpesan agar menjadi generasi yang lebih kreatif dan inovatif serta menguasai ilmu pengetahuan dan literasi teknologi.

“Saya berpesan kepada seluruh lulusan, agar menjadi generasi yang lebih kreatif dan inovatif serta menguasai ilmu pengetahuan dan literasi teknologi, sehingga bekal pendidikan yang telah diperoleh benar-benar bermanfaat dan dapat diamalkan,” pesannya.

Dan untuk wisuda kali ini, mahasiswi atas nama Dinda Wiranti kelahiran Tanjung Pandan 22 Agustus 1995, berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sangat bagus yakni 3,92 dengan predikat sangat memuaskan.

Dikesempatan yang sama, Rektor UBB Muh Yusuf  juga memberikan cinderamata dan ucapan selamat kepada 12 wisudawan terbaik.

Wisudawan Terbaik Tahun 2018 Angkatan Ke XVI
1.   Dinda Wiranti IPK 3,93 (Biologi)
2.   Satrio Hutomo IPK 3,60 (Sosiologi)
3.   Meri Oktaria IPK 3,28 (Agribisnis)
4.   Susilawati IPK 3,16 (Agro Tekhnologi)
5.   Raju Muslimin IPK 3,58 (Budidaya Perairan)
6.   Herlina IPK 3,73 (Manajemen Sumberdaya Perairan)
7.   Febby Indriyani IPK 3,59 (teknik mesin)
8.   Muhammad Kevin Marcelin IPK 3,29 (Tekhnik Elektro)
9.   Andesta Granitio Irwan IPK 3,56 (Teknik Pertambangan)
10. Reska Amalia IPK 3,57 (Tekhnik Sipil)
11. Ari Yudyansah IPK 3,32 (Akuntansi)
12. Muhammad Farhan IPK 3,25 (Manajemen)

Usai menjalani prosesi wisuda, para wisudawan disambut oleh keluarga dan kerabat-kerabatnya dengan suka cita di luar gedung. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyambut para wisudawan, dari bernyanyi, spanduk ucapan selamat, hingga membawa karangan bunga dan boneka sebagai hadiah. (Ags/Humas)


Topik

Wakil_Rektor_II_UBB Mahasiswa Kampus_Terpadu_UBB Wakil_Rektor_I_UBB REKTOR_UBB