Buruan Daftar Ke UBB! 5 April 2018 Pendaftaran SBMPTN Telah Dibuka

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 05 April 2018 16:31 WIB | Diupdate pada 05 April 2018 16:31 WIB


MERAWANG, UBB - Buat calon pendafatar masuk Universitas Bangka Belitung (UBB) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) telah dibuka pada 5 April s.d 27 April 2018 secara online, dan UBB sendiri merupakan Panitia Lokal (Panlok) 24 Pangkalpinang tempat/lokasi pelaksana ujian UTBC dan UTBK.

SBMPTN merupakan seleksi yang diadakan secara bersama oleh seluruh PTN dan bisa diikuti oleh siswa yang lulus tahun 2016, 2017 dan 2018. Pendaftaran SBMPTN 2018 melalui online sebagaimana SNMPTN. Akan tetapi yang membedakan ialah peserta SBMPTN harus membayar administrasi sejumlah Rp 200.000 melalui bank yang telah ditentukan (Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN), dan pembayaran biaya seleksi ini harus dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam sejak pencetakan Slip Pembayaran.

Sementara itu, bagi pendaftar SBMPTN untuk memilih lokasi tempat/lokasi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ke lokasi Panlok 24 Pangkalpinang dibagi menjadi dua Subpanlok yakni, Subpanlok 1 Pangkalpinang dan Subpanlok 2 Tanjung Pandan.

"Hari ini (5/4) telah dimulai pendaftaran SBMPTN 2018, dan UBB sendiri merupakan Panlok 24 Pangkalpinang sebagai kota/tempat penyelenggara ujian, yang terdiri dari subpanlok 1 Pangkalpinang dan Subpanlok 2 Tanjung Pandan Belitung, dan kita juga telah membuka Sekretariat SBMPTN di Gedung Rektorat Kampus Terpadu UBB," ungkap Agus Susanto selaku Humas Panlok 24 Pangkalpinang.

Sedangkan untuk ujian UTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa 8 Mei 2018, dan ujian keterampilan dilaksanakan hari rabu 9 - 11 Mei 2018. Penentuan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018.

Pendafataran SBMPTN tahun 2018 ada sedikit perbedaan dengan tahun lalu, beberapa perbedaannya terletak pada penamaan ujian dan waktu pendaftaran. Jika tahun lalu penamaan SBMPTN dibagi menjadi paper based test (PBT) dan computer based test (CBT). Pada tahun ini, penamaan SBMPTN dibagi menjadi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Selain penamaan ujian, jadwal pendaftaran keduanya juga berbeda, untuk pendaftaran UTBK dimulai pada 5 April, sementara itu, untuk UTBC pendaftarannya akan baru dibuka pada 18 April mendatang.

“Tahun ini jadwal pendaftaran UTBC dan UTBK tidak bersamaan, hal ini bertujuan untuk memberikan akses kepada peserta yang tahun ini masih menunggu informasi hasil SNMPTN yang akan diumumkan pada 17 April nanti. Selain itu, peserta yang mengikuti SNMPTN tahun ini juga tengah mengikuti UAN, sehingga mereka bisa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar UTBK,” Imbuh Agus.

UBB selaku Panlok 24 Pangkalpinang, tahun ini hanya menyediakan 200 unit komputer untuk pelaksanaan UTBK nanti, dan hanya tersedia dilokasi Subpanlok 1 Pangkalpinang saja. Pendaftaran online UTBK panlok 24 Pangkalpinang akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Untuk peserta UTBK berbasis Android, hanya dilaksanakan khusus di Panlok Bandung (khususnya di UNPAD) dengan jumlah terbatas.

Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id. http://halo.sbmptn.ac.id. Atau laman web : ubb.ac.id

Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id . (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN SBMPTN Bidik_Misi