Asesmen Lapangan BAN-PT, Akreditas Program Studi Ilmu Politik

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 06 April 2018 22:35 WIB | Diupdate pada 06 April 2018 22:35 WIB


ASESMEN LAPANGAN – Rektor UBB Dr. Muh. Yusuf M.Si berikan apresiasi untuk kerja keras dari rekan-rekan dosen dan tendik, didampingi Dekan FISIP Dekan Fisip Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si, dan Asesor dari BAN-PT Prof. Subilhar. Ph.D dari Universitas Sumatera Utara dan Dr. Adi Suryadi, M.Si,. dari Universitas Hasanuddin di gedung Babel I FISIP, Jumat (06/04/2018) Pagi.

MERAWANG (UBB) -- Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bangka Belitung (UBB) menerima kedatangan tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk melakukan Asesmen Lapangan akreditasi Program Studi Ilmu Politik di gedung Babel I FISIP, Jumat (06/04/2018) Pagi.

Tim asesor BAN-PT beranggotakan Prof. Subilhar. Ph.D dari Universitas Sumatera Utara dan Dr. Adi Suryadi, M.Si,. dari Universitas Hasanuddin. Pembukaan Asesmen Lapangan ini dibuka oleh Rektor UBB Dr. Muh. Yusuf M.Si dan dihadiri oleh  Dekan Fisip Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si, Guru Besar FISIP Prof. Dr. Bustami Rahman, M.Sc., Kepala LPPPM UBB M. Jumnahdi, ST, MT., Kepala UPT Bahasa Riwan Kusmiadi, S.TP, M.Si, perwakilan LPPM, perwakilan Perpustakaan serta dosen dan mahasiswa.

“Selamat datang untuk kedua asesor, diharapkan tidak hanya melakukan asesmen tetapi juga membagikan ilmu, membagi berbagai macam pengalaman kepada kita sehingga kita akan semakin baik, mendapatkan dua benefit sekaligus. Pertama mendapat asesmen yang tentu saja kita mengharapkan hasil yang maksimal, dan yang kedua kita mendapat bimbingan dari beliau berdua sebagai asesor”, Ibrahim dalam sambutannya.

Ibrahim menjelaskan “Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di UBB ini adalah fakultas termuda yang berdiri tahun 2011, sebelumnya Fisip masih bergabung tergabung dengan Fakultas Hukum, Fisip UBB memiliki 3 Program Studi yaitu Sosiologi, Sastra Inggris dan Ilmu Politik yang akan asesmen dimulai hari ini”.

Rektor UBB Muh Yusuf, dalam sambutan Asesmen Prodi Ilmu Politik “Akreditasi dari suatu institusi perguruan tinggi maupun program studi sangat penting, untuk memberikan kepastian jaminan mutu terhadap mutu pendidikan yang kita selenggarakan, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh BAN-PT untuk memenuhi undang-undang tentang pendidikan tinggi”.

“Dengan adanya akreditasi dapat memberikan jaminan mutu, masyarakat kita pada saat ini dalam memilih pendidikan tinggi sangat memperhatikan akreditasi, baik perguruan tinggi maupun program studinya” lanjut Muh Yusuf

Dalam Asesmen Lapangan ini Prof Subilhar menyampaikan, ”Kami dua orang yang ditugaskan oleh BAN PT untuk melakukan upaya pengecekan atas kondisi yang ada apakah sama dengan borang yang sudah dikirimkan ke BAN-PT, semoga kondisi di lapangan sesuai dengan borang yang telah dikirimkan”. Prof. Subilhar menambahkan, “Apapun hasilnya nanti bukan dari kami berdua melainkan dari BAN PT”.

Sebagaimana disebutkan dalam buku panduan akreditasi dari BAN-PT, akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Kegiatan Asesmen Lapangan ini merupakan rangkaian dari proses akreditasi setelah program studi mengajukan dokumen (perangkat instrument akreditasi) diajukan dan dilakukan asesmen kecukupan atau yang dikenal dengan desk evaluation. Dalam kegiatan Asesmen Lapangan, dimana asesor sebagai pakar yang memahami pengelolaan perguruan tinggi ditunjuk untuk melakukan kunjungan, melakukan klarifikasi dan validasi data, serta menggali informasi secara langsung.

Selain melakukan tanya jawab dengan pengelola Perguruan Tinggi dan program studi , tim asesor melakukan diskusi dengan dosen dan mahasiswa. Setelah melakukan asesmen lapangan, tim asesor memberikan rekomendasi kepada pengelola dan program studi agar terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjaga mutu dan memperbaiki fasilitas yang sudah saatnya untuk diperbaharui termasuk fasilitas yang berkaitan untuk kepentingan dan dirasakan langsung oleh mahasiswa.

Tahap terakhir setelah melakukan Asesmen Lapangan, tim asesor akan melakukan pembobotan nilai, validasi hasil asesmen lapangan dan kemudian membuat keputuskan akreditasi, mudah-mudahan hasil yang nanti tertorehkan dalam lembaran sertifikat akhir sesuai dengan harapan dari semua Civitas Akademika UBB. (Ars/Humas)


Topik

FISIP_UBB Ilmu_Politik_UBB REKTOR_UBB