Hasil SNMPTN UBB 2018 Dibuka Sore Hari Ini

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 April 2018 13:57 WIB | Diupdate pada 17 April 2018 13:57 WIB


Foto Ilustrasi. Calon Mahasiswa Baru (Camaba) UBB melakukan daftar ulang.

MERAWANG, UBB - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diinformasi kepada peserta mulai Selasa, 17 April 2018, hari ini. Sayangnya, hasil SNMPTN 2018 baru diumumkan pukul 17.00 WIB sehingga peserta harus menunggu agak lama.

Pendaftar SNMPTN 2018 bisa mengakses pengumuman hasil SNMPTN 2018 melalui laman pengumuman.snmptn.ac.id. Peserta dapat mengetahui dengan mudah lolos atau tidak dalam SNMPTN 2018 melalui beberapa tahapan berikut ini.

  1. Peserta mengunjungi laman resmi pengumuman SNMPTN 2018 yang beralamat di pengumuman.snmptn.ac.id.
  2. Setelah akses laman tersebut, calon mahasiswa dapat melakukan login dengan memasukkan nomor pendaftaran atau NISN di dalam kolom yang tersedia.
  3. Peserta kemudian mengisi informasi tanggal lahir pada kolom selanjutnya.
  4. Setelah memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir, calon mahasiswa klik tombol “Lihat Hasil Seleksi.”
  5. Tahapan selanjutnya akan muncul keterangan kelulusan SNMPTN, apakah peserta dinyatakan diterima atau tidak di PTN terpilih.

Peserta dapat melihat pengumuman hasil SNMPTN 2018 tidak hanya pada situs web pengumuman.snmptn.ac.id. Disediakan pula link pengumuman SNMPTN 2018 lainnya melalui laman mirror 12 PTN berikut ini.

1 http://snmptn.unsyiah.ac.id
2 http://snmptn.unand.ac.id
3 http://snmptn.unsri.ac.id
4 http://snmptn.ui.ac.id
5 http://snmptn.ipb.ac.id
6 http://snmptn.itb.ac.id
7 http://snmptn.undip.ac.id
8 http://snmptn.ugm.ac.id
9 http://snmptn.its.ac.id
10 http://snmptn.unair.ac.id
11 http://snmptn.untan.ac.id
12 http://snmptn.unhas.ac.id

Peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2018 wajib melakukan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing. Informasi terkait proses ini dapat diakses pada masing-masing website PTN pilihan peserta yang dinyatakan diterima.

"Kami mohon bagi peserta yang lulus seleksi untuk mencermati dan mentaati pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN, terutama dengan ketentuan persyaratan penerimaan juga jadwal dan tempat jadwal ulang (registrasi) 2018," ujar Sekretaris Panitia SNMPTN 2018, Prof Joni Hermana, di Jakarta, Selasa (17/4/2018) dilansir Antara.

Adapun tahap verifikasi dan daftar ulang peserta lolos SNMPTN 2018 ini dilakukan pada Selasa, 8 Mei. Namun peserta wajib melakukan pencetakan ulang kartu pendaftaran yang dijadwalkan mulai 18 April sampai 8 Mei.

Bagi peserta yang belum diterima seleksi perguruan tinggi negeri lewat SNMPTN 2018, dapat mencoba jalur masuk lain seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran SBMPTN 2018 diprediksi akan ramai usai hasil SNMPTN 2018 diumumkan. Sebab, sebagian siswa yang mendaftar SNMPTN masih menunggu pengumuman lolos atau tidak, untuk memutuskan mendaftar SBMPTN.

"Paling daftar SBMPTN nanti sih, nunggu pengumuman SNMPTN keluar," kata Farhan, murid di SMAN 5 Yogyakarta.

Siswa kelas 12 IPA ini optimistis akan lolos SNMPTN, sehingga ia juga belum mendaftar untuk SBMPTN. Meski begitu, ia mengaku siap mendaftar SBMPTN jika dinyatakan tidak lolos SNMPTN.

Siswa yang tidak lolos SNMPTN, bisa mendaftar SBMPTN di laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu A untuk mendapatkan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran yang berlaku selama 3 x 24 jam, adapun biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp. 200.000.-.

Sementara itu, bagi siswa yang mendaftara online dengan pilihan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), besok tanggal 18 April 2018 pendaftaran UTBK sudah dibuka.

UBB selaku Panlok 24 Pangkalpinang tahun ini, menyediakan 200 unit komputer untuk pelaksanaan UTBK nanti, dan hanya tersedia dilokasi Subpanlok 1 Pangkalpinang saja. Pendaftaran online UTBK panlok 24 Pangkalpinang akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id. http://halo.sbmptn.ac.id. Atau laman web : ubb.ac.id

Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id . (Ags/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB SNMPTN