Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman; Prof. Dr. Yayuk Rahayuningsih Suhardjono

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 27 April 2018 20:09 WIB | Diupdate pada 27 April 2018 20:16 WIB


KULIAH UMUM – Prof. Dr. Yayuk Rahayuningsih Suhardjono seorang peneliti senior bidang biologi memberikan kuliah umum tentang Penelitian bertajuk “Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman”, dihadapan mahasiswa dan dosen UBB di Gedung Daya Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB)  jumat (27/04/2018) siang.

BALUNIJUK (UBB) – Jurusan Biologi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengadakan kuliah umum dengan mengundang Dosen Tamu Prof. Dr. Yayuk Rahayuningsih Suhardjono seorang peneliti senior bidang biologi di ruang F5 Gedung Daya kampus terpadu Balunijuk, Jumat (27/04/2018) siang.

Kuliah umum tentang penelitian dengan mengangkat tema “Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman”, diharapkan bisa memberi dorongan, motivasi dan keinginan para dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian.

Dalam kuliahnya Yayuk menjelaskan peneliti adalah seseorang yang melakukan pekerjaan untuk meneliti atau mengamati sesuatu karena didorong oleh rasa ingin tahu, oleh karena itu peneliti harus memiliki sesuatu yang ingin diketahui sampai puas, selanjutnya peneliti dapat menentukan langkah lebih lanjut untuk memnuhi keiginannya.

Kalau keinginan dan tujuan peneliti telah tercapai, peneliti harus menginformasikan hasil kegiatannya kepada orang lain melalui media dan publikasi.

Syarat menjadi peneliti yaitu punya rasa keingintahuan yang memadai/ tinggi, biasanya memiliki mata jeli, insting kuat dalam hal yang terkait dengan sesuatu yang ingin diteliti. Seorang peneliti juga harus jujur dalam melakukan kegiatan dan mengemukakan hasil.

Selanjutnya peneliti harus setia pada bidang atau hal yang ingin ditekuni, tekun mempelajari dan mengembangkan bidang yang ditekuni. Bersedia berbagi ilmu pengetahuan dengan melakukan publikasi hasil penelitiannya serta dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan sesama peneliti dalam bidang yang sama.

“Seorang Peneliti harus membuat dan memiliki catatan setiap hari per harinya secara detail, untuk mendukung serta membantu imajinasi pikiran ilmiahnya dalam membuat laporan penelitian” Ujar Yayuk.

Selain itu yayuk juga mengingatkan agar ketelitian selalu di kedepankan, bukan hanya dalam hal penelitian, persiapan penelitian pun juga harus di siapkan dengan teliti. Semua peralatan dan segala sesuatu yang dibutuhkan di lapangan, hendaklah disiapkan atau di periksa kembali oleh peneliti, apakah peralatan berfungsi dengan baik atau tidak.(Aris/Humas)


Topik

FPPB_UBB