H-1 SBMPTN Panlok 24 UBB Pendaftar Sudah Mencapai 2.853 Peserta

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 27 April 2018 16:44 WIB | Diupdate pada 27 April 2018 16:44 WIB


MERAWANG, UBB – Satu hari menjelang penutupan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, hingga hari Jum’at 27/4 pagi, data peserta yang memilih tempat lokasi ujian di Panitia Lokal (Panlok) 24 Pangkalpinang Universitas Bangka Belitung (UBB) terus bertambah.

Menjelang berakhir penutupan pendaftaran SBMPTN 2018 pada tanggal 27/4 pada pukul 22.00 WIB, jumlah pendaftar yang memilih lokasi test di Panlok 24 UBB nampak melonjak dari tahun sebelumnya, termasuk yang memilih lokasi test di Tanjungpandan Belitung.

Peningkatan jumlah peserta yang mendaftar di UBB terjadi lonjakan cukup siknifikan mulai dari tanggal 18/4, yang bertepatan dibukanya pilihan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). Tidak tanggung-tanggung dalam waktu kurang dari 2 hari, kuota ketersediaan komputer yang disediakan Panlok 24 UBB sebanyak 200 unit habis diserbu pendaftar.

Hingga saat ini, panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) UBB hingga Rabu pukul 10.00 wib, pendaftar yang memilih lokasi test di Panlok 24 UBB sudah mencapai 2.853 peserta, yang terdiri dari pendaftar di sekretariat sub panlok 1 Pangkalpinang sebanyak 2.392 peserta, dan di sekretariat sub panlok 2 Tanjung Pandan Belitung sebanyak 461 peserta yang sudah mendaftar.

Peminat peserta di sub panlok 2 Tanjungpandan terjadi peningkatan lebih kurang 100% dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pada SBMPTN tahun 2017 yang mengikuti test di lokasi Tanjungpandan Belitung sebanyak  290 peserta. Diperkirakan pendaftar yang memilih test dilokasi Tanjungpandan akan terus bertambah sampai akhir batas waktu yang ditentukan malam nanti.

Tidak hanya di Tanjungpandan, animo siswa yang memilih lokasi di Sub Panlok 2 Pangkalpinang pun terjadi peningkatan yang siknifikan, sehingga Panitia PMB UBB harus menambahkan lokasi test ujian seleksi berbasis cetak (UTBC) di SMKN 1Pangkalpinang. Sebelumnya lokasi test yang sudah di rencanakan terdiri dari 3 lokasi (Kampus Terpadu UBB, SMAN 1 Pangkalpinang, dan SMKN 2 Pangkalpinang). 

Panitia Pusat (Panpus) SBMPTN telah menunjuk UBB sebagai Panitia Lokal (Panlok) 24 untuk wilayah Bangka Belitung sebagai menyelenggarakan tempat lokasi test tertulis/cetak dan komputer SBMPTN 2018, yang mencakup Sub Panlok 1 Pangkalpinang, dan Sub Panlok 2 Tanjungpandan Belitung.

Pendaftaran SBMPTN 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dan informasi lengkap bisa dilihat melalui http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Panitian PMB UBB menghimbau kepada peserta SBMPTN yang telah memilih tempat/lokasi test UTBC dan UTBK Panlok 24 UBB, agar dapat mengetahui dan mengecek lokasi tempat ujian berlangsung minimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan.

Tahun ini, UBB kuota/daya tampung penerimaan mahasiswa baru (PMB) total sebanyak 1.147 mahasiswa. Jumlah tersebut diperoleh melalui tiga pola jalur penerimaan yakni jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur SMMPTN Wilayah Barat.

Bagi siswa yang belum diterima di UBB melalui jalur SNMPTN, SBMPTN jangan berkecil hati, karna masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur mandiri atau SMMPTN-Barat yang pendaftarannya akan dibuka  pada tanggal 2 Mei s.d 10 Juli 2018. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN