Sejumlah Peserta SBMPTN 2018 Datangi Lokasi Ujian

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 07 Mei 2018 19:50 WIB | Diupdate pada 07 Mei 2018 20:04 WIB


Lokasi Ujian SBMPTN -  Sejumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 sudah mulai berdatangan untuk melihat lokasi dan tempat diselenggarakannya Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC), dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Panitia Lokal (Panlok) 24 Pangkalpinang Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, (UBB)Senin (7/05/2018) sejak pagi, dibeberapa lokasi tempat diselenggaranya tes SBMPTN 2018 Sub Panlok 1 Pangkalpinang dan Sub Panlok 2 Tanjungpandan, sejumlah peserta SBMPTN sudah mulai berdatangan mengecek ruangan di sejumlah lokasi tempat ujian sesuai nomor ujian peserta.

Panlok 24 Pangkalpinang UBB telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kelancaran pelaksanaan test melalui jalur SBMPTN 2018 yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia pada tanggal (8/5) besok. Berbagai upaya kemudahan agar peserta SBMPTN bisa optimal dalam menghadapi UTBC dan UTBK dengan menyebarkan informasi baik melalui media cetak, medsos, dan website, serta petunjuk/denah lokasi yang telah ditetapkan Panitia sebagai tempat test SBMPTN nanti.

Sejumlah  tempat yang jadi lokasi tes SBMPTN dan tersebar di wilayah Panlok 24 Pangkalpinang, dari pantauan Humas Panlok 24 senin (7/5) siang sudah siap dipergunakan, diantaranya, Kampus Terpadu UBB, SMAN 1 Pangkalpinang, SMKN 1 Pangkalpinang, dan SMKN 2 Pangkalpinang. Begitu juga halnya dengan lokasi tes di SMAN 1 Tanjungpandan.

Beberapa peserta tampak dengan teliti melihat denah lokasi yang terpajang, serta memeriksa ruangan dan mencocokannya dengan nomor kartu tesnya dengan daftar nama peserta yang tertempel di depan ruangan.

Tidak segan-segan beberapa diantara mereka bertanya langsung kepada Satpam, Dosen/guru, serta pegawai yang mereka temui dilokasi untuk menanyakan ruangan yang mereka cari. Setelah diketemukan dan cocok dengan data di kartu peserta mereka pun tampak legah.

"Terimakasih Pak, Alhamdulillah.. sudah ketemu ruangannya di lantai atas, jadi besok dak susah-susah lagi jari rungan," ujar Shifa peserta SBMPTN dari SMAN 4 Pangkalpinang, saat memeriksa ruangan di lokasi Kampus Terpadu UBB.

Tim Monev Panlok 24 Pangkalpinang dan Satuan Pengawas Internal (SPI) UBB,  bersama Tim Monev Panpus SBMPTN ikut serta memantau kesiapan pelaksanaan tes esok, baik dari kesiapan ruang ujian, ruang penyimpanan dokumen soal setiap lokasi, serta kesiapan pengawas maupun teknis pelaksanaannya.

Kesiapan pelaksanaan test SBMPTN telah diakomodir Panlok 24 Pangkalpinang UBB jauh-jauh hari. Informasi yang kami dapat, untuk naskah soal ujian SBMPTN 2018 telah diterima Panlok 24 UBB pada hari Kamis 3/5 sore pukul 13.00 WIB melalui pengiriman ekspedisi Kantor Pos dengan menggunakan Pesawat Garuda yang di kawal ketat dari pihak Panpus SBMPTN, pihak kepolisian, dan perwakilan Panlok 24 Pangkalpinang.

Dokumen soal SBMPTN yang diterima Panlok 24 Pangkalpinang UBB telah diamankan dengan keamanan berlapis, baik dari penambahan personil keamanan, penambahan kunci pintu/teralis dan pemantauan melalui CCTV 24 jam. Dokumen naskah soal ujian untuk sub Panlok 24 Tanjung Pandan Belitung telah dikirim pada hari Minggu, tanggal 6/5 kemarin.

Data yang kami terima, untuk pelaksanaan test Panlok 24 Pangkalpinang UBB telah mempersiapkan 148 ruangan dengan 296 pengawas, untuk setiap ruangan berisi 20 peserta dan 2 orang pengawas setiap ruangnya.

Peserta melihat lokasi test PBT Saintek SBMPTN 2017 di SMKN 2 Pangkalpinang

Peserta melihat lokasi test PBT Saintek SBMPTN 2017 di SMKN 2 Pangkalpinang

Panitia juga menghimbau agar peserta pada saat pelaksanaan test nanti agar membawa kartu tanda peserta SBMPTN 2018 yang telah dicetak, dokumen resmi (fotokopi ijazah yang dilegalisir atau surat keterangan lulus pendidikan menengah (SKL asli), serta membawa alat tulis (pensil 2B, penghapus karet dan rautan pensil).

Peserta SBMPTN juga diharapkan sudah membaca pedoman dan larangan bagi peserta, yang sudah diupload di website resmi pada saat pendaftaran SBMPTN 2018.

Selain batas keterlambatan bagi peserta 30 menit sejak ujian dimulai, setelah 30 menit dengan alasan apapun peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian, semoga peserta SBMPTN sudah mengetahui hal ini. Panitia berharap untuk pelaksanaan test SBMPTN 2018 esok, dapat berjalan dengan baik. (Ags/Humas)


Topik

SBMPTN