Perkuat Silaturahim, UBB Gelar Halal Bi Halal Idul Fitri 1439 H

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 22 Juni 2018 16:12 WIB | Diupdate pada 22 Juni 2018 16:12 WIB


MERAWANG, UBB - Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Universitas Bangka Belitung mengadakan Silaturahim dan Halal Bi Halal dengan seluruh pegawai di lingkungan UBB,  pada Jum’at (22/6/2018) di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk. 

Kegiatan ini diikuti seluruh civitas akademika UBB mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Kabag, dan Kasubag, dosen dan staf, serta perwakilan BEM di lingkungan UBB. Pada kesempatan acara ini, hadir juga tamu undangan dari instansi Pemerintah, instansi Daerah, Kepala Kanwil Ditjen Pembendaharaan, Kepala BRI Cab. Pangkalpinang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Babinsa Desa Balunijuk, serta tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Umi Royana Mahasiswa UBB, serta dilanjutkan dengan sambutan Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi. Dalam sambutan Rektor menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda rutin keluarga besar UBB dalam meningkatkan tali silaturahim dengan seluruh stakeholders dan semua civitas akademika. Hal tersebut sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleh UBB. 

“Kegiatan halal bil halal ini merupakan agenda rutin yang kita adakan, intinya adalah untuk silaturahim atau menyambung kasih sayang diantara kita, dengan bersilaturahim kita saling menyapa, saling mengenal, dan saling maaf-memaafkan diantara kita, serta dengan silaturahim itu kita dapat manfaat yang banyak,” ungkapnya.

Halal Bi Halal ini juga dihadiri oleh Ustad Dede Purnama Alzulami Lc MA sebagai pengisi ceramah. Ia pun menyampaikan hal yang selaras tentang perubahan pada diri setelah bulan Ramadhon agar lebih baik kualitas ibadahnya dan berbagai kisah suritauladan Nabi dan  cerita nyata memotivasi peserta yang hadir. Dengan gaya khasnya yang diselingi dengan logat dan guyonan daerah Bangka, membuat seluruh peserta ikut hanyut dan memahami setiap isi tausiyah yang ia sampaikan.

Ustad jebolan Universitas Al Azhar, Mesir ini juga menyampaikan makna dan sejarah kegiatan halal bi halal yang hanya ada di Indonesia pada 16 Ramadhon tahun 1948, atas prakarsa ulama NU KH Abdul Wahab Chasbullah, dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahim antar elit politik pada waktu itu dan untuk kemajuan NKRI, yang akhirnya beliau istilahkan acara itu dengan disebutan Halal Bi Halal.

“Jadi sekarang kegiatan halal bi halal ini berkelanjutan, kalau ada orang lain ngomong acaranya bid’ah, saya katakan lanjutkan saja pak, karna sulit untuk acara silaturahim seperti ini, jangankan lintas pekerjaan, akak beradik, keluarga sulit untuk ketemu,” tuturnya.

Harapannya agar kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan, karna pentingnya menjaga tali silaturahim, dan salah satunya melalui kegiatan Halal Bi Halal. Ia juga menceritakan beberapa kisah nyata yang terjadi di masyarakat Bangka terhadap terkikisnya silaturahim anak terhadap orang tuanya, dan ini manjadi inspirasi bagi seluruh peserta yang hadir.  

Ia juga mengutip dari buku syekh Mutawalli Asy-Sya'rawi, “Janganlah pernah kalian iri terhadap apa yang Allah berikan kepada seseorang, karena kalian tak pernah tahu apa yang Allah pernah ambil pada dirinya, dan janganlah pernah bersedih bersedih terhadap musibah yang kalian dapatkan, karena kalian juga tak pernah tahu kebaikan apa yang Allah SWT yang akan berikan kepada kalian,” kutipnya.

Setelah pembacaan doa, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu bersalam-salaman dan saling bermaafan, serta diakhiri dengan menikmati hidangan yang telah dipersipakan. Civitas Akademika UBB mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H ‘Taqabalallahu minna wa minkum’, mohon maaf lahir dan batin. (Ags/Humas)


Topik

Wakil_Rektor_II_UBB Wakil_Rektor_I_UBB REKTOR_UBB HALAL_BI_HALAL