Pendaftar Jalur Mandiri UBB Meningkat, Usai Pengumuman SBMPTN 2018

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 05 Juli 2018 14:46 WIB | Diupdate pada 05 Juli 2018 14:46 WIB


SMMPTN-Barat 2018 - Siswa Alumni SLTA melakukan pendaftaran secara online Jalur Mandiri di bantu oleh Panitia PMB UBB bertempat di Seketariatan SMMPTN-Barat, halaman depan Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Rabu (04/7/18).

MERAWANG, UBB – Satu hari usai pengumuman kelulusan SBMPTN 2018, pendaftaran jalur mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) yang merupakan tahap terakhir untuk menjadi calon mahasiswa di UBB, mulai diserbu para lulusan SLTA, guna melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri.

Jalur mandiri ini dinamakan SMMPTN (Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri) Barat yang berkerja sama dengan 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah Barat.

"Apabila tidak lulus SBMPTN, dapat mendaftarkan diri lewat jalur SMMPTN Barat, ini jalur mandirinya untuk masuk PTN. Disini kita bekerja sama dengan 15 PTN di wilayah barat dari Aceh hingga Banten," jelas Ismed Inonu selaku Wakil rektor I UBB.

Pasca pengumuman hasil SBMPTN pada hari Selasa (03/07), intensitas pendaftar Jalur Mandiri/SMM PTN-Barat mulai meningkat dibandingkan hari sebelumnya. Setelah satu hari pasca pengumumnan hasil SBMPTN, hingga malam sudah ada 113 pendaftar, data tersebut diperoleh dari Panitia PMB UBB di sekretariat SMMPTN-Barat bertempat di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Rabu (04/7/2018).

Lonjakan jumlah pendaftar biasanya akan terus meningkat hingga akhir batas pendaftaran, karna  jalur SMMPTN merupakan kesempatan terakhir bagi siswa tamatan SLTA untuk menjadi calon mahasiswa khususnya di UBB.

Pendaftaran SMMPTN-Barat telah dibuka sejak tanggal 02 Juni s.d 10 Juli 2018 dan dilakukan secara online, serta peserta pun dapat memilih Prodi yang berada pada PTN BKS Wilayah Barat yang terdiri dari 15 PTN, dengan ketentuan Prodi pilihan pertama harus berada pada PTN lokasi ujian peserta.

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat tahun 2018 dilakukan secara bersama, dan UBB merupakan tahun kedua bergabung dalam penyelenggaraan SMMPTN Wilayah Barat untuk penerimaan mahasiswa baru.

Tujuan penerimaan Jalur Mandiri/SMMPTN-Barat, siswa alumni SLTA dapat memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi di 15 perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di wilayah barat sesuai pilihannya, serta bagi PTN dapat menghasilkan calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

UBB tahun ini, menyediakan kuota maksimal 30 persen kursi untuk penerimaan dari jalur mandiri/SMMPTN-Barat, atau dengan kata lain daya tampung murni sebanyak 218 siswa.

“Kuotanya 218 orang untuk SMMPTN, tapi kuota itu masih dapat bertambah apabila ada yang tidak mendaftar ulang SBMPTN," tutur Ismed saat jumpa pres.

Panitia PMB UBB juga memfasilitasi perangkat dan jaringan komputer, serta informasi terkait jalur mandiri bagi siswa lulusan SLTA yang mau mendaftar SMMPTN secara online di sekretariat SMMPTN-Barat bertempat di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk.

Info lengkap penerimaan SMMPTN-Barat 2018 meliputi tata cara pendaftaran, tata cara pembayaran, seleksi, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studi, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website pmb.ubb.ac.id(Ags/Humas)


Topik

Dr._Ir._Ismed_Inonu,_M.Sc. Wakil_Rektor_I_UBB SMMPTN_BARAT