Gurindam Abad 21 Lengkapi Koleksi Perpustakaan KKN Tuing

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 11 Juli 2018 10:51 WIB | Diupdate pada 11 Juli 2018 10:51 WIB


EDISI LUKS --  Ketua KKN UBB Dusun Tuing Rio Armanda (tengah) didampingi Wirazil Mustaan (DPL KKN Tuing) menerima sumbangan lima buku Gurindam Abad 21 edisi luks  dari Eddy Jajang J Atmaja, DPL KKN Kota Kapur (kiri),  usai  acara pelepasan 754 mahasiswa KKN UBB Angkatan ke 13 oleh Rektor UBB Muh Yusuf, Rabu (11/07/2018) pagi.

BALUNIJUK, MERAWANG --  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UBB Angkatan ke 13 Dusun Tuing Rio Armanda menerima sumbangan lima buku Gurindam Abad ke 21 edisi luks dari Eddy Jajang J Atmaja, DPL Desa Kota Kapur, usai acara pelepasan 754 mahasiswa KKN UBB di Kampus Terpadu Balunijuk, Merawang,  Rabu (11/07/2018) pagi.

Lima buku Gurindam Abad ke 21 karya H Eko Maulana Ali Suroso (mantan Gubernur Bangka Belitung) dengan editor Eddy Jajang JA ini, nantinya  akan menjadi koleksi perpustakaan masyarakat di Dusun Tuing Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

“Mahasiswa KKN UBB Dusun Tuing  kini sedang mengumpulkan berbagai judul dan topik buku.   Siapa saja  silakan  menyumbang.  Buku-buku itu nanti, termasuk Gurindam Abad ke 21 dari Bapak Eddy Jajang ini, akan  menjadi bagian  koleksi perpustakaan masyarakat Tuing dan sekitarnya,” ujar Rio didampingi Wirazil Mustaan (DPL KKN Tuing) dan Rafles Gordon (sekretaris tim KKN Tuing).

Sejauh ini menurut Rafles, mahasiswa KKN Tuing, telah terkumpul 150-an buku dari  sejumlah penyumbang pribadi.  Di antaranya berasal dari Kota, Pangkalpinang, Sungailiat dan Balunijuk. Umumnya berupa buku teks pelajaran – mulai dari  SD, SMP hingga SLTA --, majalah, buku agama, kamus dan eksiklopedi.

“Warga tahu ada program KKN Tuing untuk membuat perpustakaan mini, karena kami sejak bulan lalu telah menyebarkan brosur dan poster ke sejumlah tempat.  Animo masyarakat untuk menyumbangkan buku cukup tinggi,” tukas Rafles, mahasiswa Fakultas Hukum UBB.

Menurut Eddy Jajang, Gurindam Abad ke 21 memang sengaja disumbangkan kepada KKN UBB Tuing, karena literasi sastera berupa Gurindam itu sarat dengan tunjuk ajar, yang diharapkan nanti bisa mendukung program KKN UBB di Tuing.  Terutama dalam kerangka mencerdaskan warga masyarakat di  Dusun Tuing dan sekitarnya.

Buku Gurindam Abad ke 21 lanjut Eddy Jajang telah diberikan kepada sejumlah menteri dan perwakilan dalam pertemuan Dunia Melayu dan Dunia Islam (DMDI)  baik di Melaka (Malaysia) dan Indonesia.   Dalam buku edisi luks ini terdapat komentar sejumlah guru besar dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

“Buku Gurindam Abad ke 21 telah berkali-kali cetak ulang. Khusus edisi luks-nya telah menjadi koleksi sejumlah perpuskaan, di antaranya Perpustakaan Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia dan Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia,” terang Eddy Jajang.

Menangapi sumbangan buku Gurindam Abad 21 ini, Rio Armanda mengemukakan dirinya selaku DPL mengucapkan terimakasih.   Katanya, dengan buku sumbangan ini akan menambah  koleksi buku perpustakaan mini Tuing yang akan dibangun di Dusun Tuing.

“Itu sejalan dengan program kerja yang telah dibuat para DPL, dan mahasiswa.   Juga hal itu  sejalan dengan program pengabdian masyarakat UBB.  Diharapkan sumbangan buku  ini bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja  untuk  menyumbangkan buku-bukunya.  Kami masih menerima sumbangan buku hingga batas akhir KKN yakni 20 Agustus,” ujar Rio.

Bagi yang ingin menyumbang buku, Rio menjelaskan silakan diantar ke Fakultas Hukum UBB di Kampus Terpadu Balunijuk, atau bisa langsung diantar ke Dusun Tuing tempat lokasi KKN UBB  Angkatan ke 13  (eja/ari riski).


Topik

KKN_UBB Kampus_Terpadu_UBB