Rektor UBB Melepas 754 Peserta KKN UBB Angkatan XIII 2018

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 11 Juli 2018 10:07 WIB | Diupdate pada 11 Juli 2018 11:36 WIB


Rektor UBB Dr Ir  Muh Yusuf MSi, menyematkan secara simbolis atribut kepada perwakilan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata Angkatan XIII Tahun 2018.

MERAWANG, UBB –  Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali melepas peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-13 dengan menerjunkan 754 mahasiswa yang tersebar di 25 Desa wilayah Babel. Diacara tersebut Rektor UBB Muh Yusuf MSi secara simboli menyematkan atribut kepada peserta KKN bertempat di area parkir Fakultas Teknik (FT) Kampus Terpadu UBB, Rabu (11/7) pagi.

Sebelum diberangkatkan ke lokasi KKN, seluruh peserta KKN dikumpulkan di lapangan area parkir FT Kampus Terpadu UBB untuk mendengarkan pengarahan dan sekaligus pelepasan peserta KKN XIII UBB Tahun 2018 oleh Rektor UBB, dengan mengusung tema “Dari Desa Membangun Bangsa“.

Filya Rosa SST MT selaku Ketua KKN XIII UBB menyampaikan, Peserta KKN di ikuti sebanyak 754 Mahasiswa UBB yang terbagi menjadi 4 jenis KKN, antara lain KKN Tematik yang tersebar di 6 Kabupaten Provinsi Bangka Belitung, KKN Kebangsaan di Bandar Lampung, KKN BKKBN, dan KKN Revolusi Mental Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Ia merincikan untuk KKN Tematik tersebar di 6 Kabupaten Propinsi Bangka Belitung, antara lain Kabupaten Bangka dengan peserta KKN sebanyak 216 peserta, Bangka Tengah 235 peserta, Bangka Selatan 149 peserta, Bangka Barat 59 peserta, Belitung 30 peserta, Belitung Timur 60 peserta, dan total keseluruhannya terbagi dalam 36 kelompok.

KKN Revolusi Mental pelaksanaan programnya akan dititipkan kepada 36 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik. KKN BKKBN program KKN yang pelaksanaannya disisipkan bersama dengan 5 kelompok KKN Tematik, serta KKN Kebangsaan bertempat di Bandar Lampung mengirimkan 5 mahasiswa UBB perwakilan dari masing-masing Fakultas.

“Harapannya KKN ini bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu, dan semua program-program yang sudah dicanangkan oleh DPL bisa terlaksana dengan baik,” tutup Firlya Rosa mewakili seluruh panitia KKN XIII UBB.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPPM UBB Dr. Fournita Agustina, S.P., M.Si menyampaikan khususnya kepada DPL yang sudah ditunjuk bisa membimbing dan menjalankan program-program KKN yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing kelompok untuk kemajuan Desa.

“Dengan program kecil yang akan membawa kemanfaatan yang luar biasa bagi desa, sehingga terlihat perubahan-perubahan nyata ketika anda sebelum KKN sampai pada akhirnya anda akan pulang KKN nya nanti,” kata Furnita.

Mahasiswa UBB yang mengikuti KKN akan mengabdikan ilmunya  yang diperoleh dari kampus selama 40 hari  kedepan berada dilokasi KKN.  Mereka akan kembali ke Kampus Terpadu UBB pada tanggal 20 Agustus mendatang. 

Lebih lanjut Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dalam sambutan memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta KKN agar ditengah-tengah masyarakat nanti dapat menjaga nama baik almamater UBB, serta juga sebagai Inisiator dan motivator bagi masyarakat Desa nantinya.

“Didalam diri adik-adik sekalian melekat nama baik almamater UBB yang harus senantiasa dijaga,” ungkap Muh Yusuf.

Ia juga menambahkan agar peserta KKK dapat mengenal potensi Desa masing-masing yang nantinya dapat dijadikan sasaran program-program ungulan untuk dikembangkan sebagai kemajuan Desa, serta memanfaatkan pemuda-pemuda dimasyarakat yang memeliki potensi untuk dikaderkan sebagai pengerak pembangunan Desa.

Foto bersama dengan para Pimpinan dan perwakilan DPL, serta peserta KKN XIII UBB Tahun 2018.

Peserta KKN XIII UBB dengan tujuan Belitung dan Belitung Timur, siang ini setelah selesai acara pelepasan akan segera diberangkatkan dengan bus menuju pelabuhan Pangkal Balam yang selanjutnya akan diberangkatkan dengan menggunakan Kapal Cepat Express Bahari. 

Selain peserta KKN dengan tujuan Belitung dan Belitung Timur, Kamis (12/07) pagi baru diberangkatkan dari Kampus UBB seluruhnya menuju kantor Pemkab tujuan masing-masing kelompok dengan menggunakan bus yang telah disediakan UBB.  Setelah serah terima dengan Pemkab, peserta kemudian  akan  dihantar hingga tiba dilokasi KKN masing-masing. (Ags/Humas)


Topik

REKTOR_UBB Wakil_Rektor_I_UBB LPPM KKN_UBB Wakil_Rektor_II_UBB