Sekda Belitung Berharap Peserta KKN UBB Bisa Sebagai Pelopor Yang Berinovasi

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 Juli 2018 07:54 WIB | Diupdate pada 13 Juli 2018 07:54 WIB


BELITUNG, UBB - Sebanyak 30 mahasiswa UBB melaksanakan KKN Angkatan ke-13 di Belitung selama 40 hari kedepan. Program kerja KKN khususya Belitung tersebar di 2 lokasi, yakni Desa Buluh Tumbang dan Desa Perawas.

Rombongan peserta KKN Kamis (12/7) pagi diserahkan langsung oleh Rektor UBB Muh Yusuf kepada Pemerintah Kabupaten Belitung. Serah terima peserta KKN berlangsung di ruang sidang rapat Bupati Pemkab Belitung, dan diterima oleh Seketaris Daerah Belitung Karyadi Sahminan.

Muh yusuf mengawali sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Belitung yang telah menerima mahasiswa UBB untuk melaksanakan Program KKN di Belitung.

Ia juga menyampaikan kepada peserta KKN agar bersungguh-sungguh melaksanakan program KKN yang sudah diberikan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Mahasiswa juga diharapkan punya gagasan dan inovasi dalam membangun desa dengan potensi yang ada.

"Sudah saatnya mempraktekkan segala ilmu yang telah diterima, untuk diimplementasikan ditengah-tengah masyarakat, serta membantu permasalahan yang ada di desa. Tidak hanya itu mahasiswa juga diharapkan dapat ikut serta dalam program pengembangan di desa,  dan punya trobosan atau inovasi baru yang bisa disinergikan dengan program yang ada," ujar Muh Yusuf.

Partisipasi mahasiswa dalam pembangunan adalah contoh kongkrit yang dibutuhkan, salah satunya melalui program KKN. Hal tersebut senada disampaikan Sekda Belitung.

"Peran serta mahasiswa dalam program KKN ini dapat mendukung upaya Pemkab Belitung dalam pengembangankan sektor unggulan sesuai dengan potensi wilayah yang ada di desa masing," ungkap Karyadi.

Lanjutnya, peserta KKN diharapkan mampu mengubah cara pandang masyarakat khususnya belitung untuk ikut berpartisipasi mendukung program Pemkab dalam pembangunan.

Tidak hanya itu, dengan adanya KKN ini, mahasiswa bisa sebagai pelopor untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru yang akan meningkatkan SDM pedesaan, dan potensi ungulan yang ada di desa dengan kearifan lokalnya.

"Pemkab Belitung hingga saat ini terus meningkatkan pembangunan-pembangunan di daerah melalui pengembangan potensi-potensi yang ada dimasing-masing desa, peran serta mahasiswa dapat memberikan perubahan dan pelopor dalam pembangunan dengan inovasinya," kata Sekda Belitung dihadapan peserta KKN.

Selain itu, agar setiap individu peserta KKN mampu berinteraksi dengan masyarakat, agar masyarakat mau terlibat aktif dalam pembangunan melalui setiap program nyata yang dilaksanakan dalam rangakaian KKN XIII UBB Tahun 2018.

Dengan adanya kegiatan KKN UBB ini dapat memberikan dampak positif, serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Ags/Humas)


Topik

KKN_UBB REKTOR_UBB