Dipastikan 47 Peserta Ujian SMMPTN-Barat Tidak Lulus Ke UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 17 Juli 2018 19:47 WIB | Diupdate pada 17 Juli 2018 19:47 WIB


SMMPTN-Barat 2018 - Selasa (17/7) pagi, Peserta Jalur Mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) nampak serius mengisi soal-soal ujian SMMPTN-Barat Tahun 2018 untuk kelompok Saintek, di Gedung Babel III  Kampus Terpadu UBB, Baunijuk.

MERAWANG, UBB – Sekitar 1.019 peserta jalur mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) menjalani ujian di Kampus Terpadu UBB, melalui Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang pelaksanaannya serentak dilaksanakan oleh 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat.

Sebanyak 47 peserta SMMPTN-Barat 2018 jalur mandiri UBB dipastikan tidak lulus tes, pasalnya para peserta tidak hadir saat pelaksanaan ujian yang berlangsung terpusat di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Selasa (17/7/2018) pagi.

Data yang diterima dari Sekretariatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB, pendaftar pilihan utama ke UBB total sebanyak 1.035 pendaftar, namun yang sudah permanen atau cetak kartu ujian sebanyak 1.019 siswa, serta 16 peserta belum permanen/cetak kartu dan dinyatakan gugur karena tidak melakukan konfirmasi data saat penutupan pendaftaran berakhir.

Ujian jalur mandiri UBB baik dari bidang Saintek, Soshum maupun Campuran tersebar di 53 ruangan dari 10 gedung perkuliahan yang dipergunakan. Tercatat peserta SMMPTN-Barat  yang tidak hadir saat ujian jalur mandiri UBB untuk kelompok Saintek sebanyak 18 orang dari 206 peserta, kelompok Soshum 28 orang dari 648 peserta, serta kelompok Campuran hanya 1 orang dari 65 peserta.

“Total peserta SMMPTN yang tidak hadir pada saat ujian jalur mandiri UBB sebanyak 47 peserta, terdiri dari kelompok saintek 18 orang, soshum 28 orang dan campuran hanya 1 orang,” kata Kuncoro selaku Koordinator Seketariatan PMB UBB.

Para peserta ini saling berlomba untuk mengisi sisa kuota murni sebanyak 161 kursi mahasiswa baru di UBB. Dengan ketidak hadiran peserta saat ujian berlangsung, setidaknya ada sedikit berkurang bagi para peserta SMMPTN untuk bersaing, serta masih berpeluang besar untuk diterima sebagai mahasiswa UBB harapannya.

Pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat di Kampus Terpadu UBB dimulai pada pukul 07.30 hingga 11.45 WIB untuk peserta Saintek, sedangkan peserta Soshum pukul 09.30 hingga 14.30 WIB, namun untuk peserta Campuran dilaksanakan dari pukul 07.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Pada kesempatan yang sama, nampak Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, beserta Wakil Rektor 1 UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi, dan Wakil Rektor 2 UBB Prof Dr Ir Eddy Suprayitno MS, serta team monev internal UBB secara terpisah memantau langsung pelaksanaan ujian SMMPTN-Barat di Kampus Terpadu UBB.

Nampak wajah-wajah serius para peserta saat mengikuti ujian SMMPTN-Barat. Suasana disetiap ruangan nampak hening dan terlihat sekilas wajah cemas dari beberapa peserta membaca soal-soal yang berada didepan mereka.

Disetiap ruangan yang dijumpai, para peserta nampak fokus mengerjakan soal-soal, dan ada juga peserta terlihat sesekali memijat kening dan garuk-garuk kepala. Para peserta ujian berharap besar agar bisa berhasil dan lolos nantinya, dan bisa diterima sebagai mahasiswa baru di UBB.

Pengumuman hasil ujian akan diumumkan serentak pada hari Jum’at (27/7) kedepan, dan dapat diakses melalui website www.smmptnbarat.id atau www.ubb.ac.id pukul 14.00 WIB. (Ags/Humas)


Topik

SMMPTN_BARAT