KKN UBB Desa Baru, Gelar Sosialisasi Bahaya Kenakalan Remaja

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 Juli 2018 17:07 WIB | Diupdate pada 20 Juli 2018 17:07 WIB


MANGGAR, UBB Mahasiswa KKN XIII UBB Desa Baru, melalui Ketua Divisi Pendidikan Taufik Apriansyah bersama anggota lainnya, melaksanakan sosialisasi bahaya kenakalan remaja kepada ratusan pelajar di SMP Negeri 5 Manggar Kabupaten Belitung Timur, Kamis (19/7).

Kegiatan ini merupakan salah satu program  kerja Divisi  Pendidikan KKN Tematik UBB Desa Baru. Rangkaian acara diawali dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Manggar, dan dilanjutkan dengan perkenalan mahasiswa KKN, serta penyampaian materi sosialisasi yang diselingi dengan games dan pembagian door prize.

Maraknya kenakalan remaja akhir-akhir ini menjadi perhatian dari berbagai pihak. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk keperdulian mahasiswa KKN UBB di Desa Baru Manggar untuk ikut berperan aktif secara nyata, dengan memberikan pendidikan melalui sosialisasi bagi pelajar dan generasi muda agar terjaga dari perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja.

Ketua Divisi Pendidikan Taufik Apriansyah menuturkan, tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengenalkan berbagai kenakalan remaja yang sudah menjadi masalah bagi para remaja khususnya di usia sekolah yang sangat rentan oleh lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi tingkah laku remaja.

"Usia remaja adalah usia yang rentan akan kenakalan remaja padahal remaja adalah generasi masa depan yang akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan bangsa, maka dari itu perlu dilakukan pengenalan, pengawasan secara optimal baik dari pihak keluarga, teman dan sekolah agar para remaja dapat terhindar dari hal-hal yang menjadi penyebab kenakalan remaja," ujar Taufik sekaligus sebagai pemateri dalam sosialisasi ini.

Taufik menambahkan, mereka sangat berharap sosialisasi yang mereka adakan dapat berguna sebagai salah satu bekal bagi siswa-siswi, sekaligus kita berinvestasi mempersiapkan sang generasi penerus bangsa.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon yang positif  dari pihak sekolah. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan mahasiswa KKN UBB ini, para guru mengharapkan agar anak didiknya dapat terhindar dari hal-hal yang dapat mengarah kepada kenakalan remaja, maupun tindakan kriminalitas lainnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pengenalan hukum dan untuk menghindarkan peserta didik/siswa dari masalah kenakalan-kenakalan remaja, serta siswa lebih mendalami dan mengetahui jenis, macam, bahaya dan dampak-dampak buruknya terhadap kenakalan remaja. Sehingga nantinya memberikan kesadaran bagi mereka untu bisa berupaya menjauhinya. (red. Rr.Yr/Humas)


Topik

KKN_UBB