Menuju Akreditasi A, Prodi Biologi UBB Gelar Workshop Kurikulum

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 26 Juli 2018 19:06 WIB | Diupdate pada 26 Juli 2018 19:06 WIB


FOKUS – Narasumber Workshop Kurikulum, Rina Sri Kasiamdari, Ph.D memaparkan sambil berdiskusi dengan para dosen Prodi Biologi tentang kurikulum yang baik sesuai dengan ketentuan Kemenristekdikti guna mendukung re-Akreditasi A di Tahun 2019, di ruang Seminar E Gedung Semangat Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Kamis (26/07/2018) p

BALUNIJUK (UBB) – Program Studi (Prodi) Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB) undang pakar dari Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada (UGM) untuk membantu pengembangan kurikulum biologi 2019 dalam mendukung re-Akreditasi A di Tahun 2019 mendatang. Workshop dilaksanakan di ruang Seminar E Gedung Semangat Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Kamis (26/07/2018) pagi.

Prodi Biologi mendatangkan Wakil Dekan II Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM Rina Sri Kasiamdari, Ph.D sebagai narasumber Workshop Kurikulum. Rina Sri Kasiamdari merupakan salah satu tim kurikulum Kemenristekdikti, dengan bidang keilmuan mikologi, Sistematika Tumbuhan, Identifikasi dan tata nama tumbuhan dsb.

Secara intensif workshop berlangsung selama kurang lebih lima jam dengan bentuk diskusi, diikuti oleh seluruh dosen Prodi Biologi UBB dan staf jurusan Biologi, kecuali dua orang dosen yang sedang studi lanjut.

Eddy Nurtjahya Kepala Jurusan Biologi mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber karena telah sudi untuk menjadi narasumber dalam workshop ini, “UBB merupakan kampus yang relatif masih muda, begitupun tenaga pengajarnya, khususnya Prodi Biologi rata-rata dosennya masih muda semua, jadi masih perlu banyak belajar lagi” ujar Eddy.

“Meskipun Prodi Biologi bukan merupakan ilmu terapan, tetapi lulusannya juga banyak dibutuhkan oleh user atau pengguna tenaga kerja, terutama penelitian dan pengembangan bidang pertanian”, lanjut Eddy.

Diskusi diawali dengan pemaparan singkat tentang Prodi Biologi UBB oleh Nur Annis Hidayati, S.Si, M.Sc salah satu dosen Prodi Biologi.

Dalam paparannya Annis menjelaskan Program Studi Biologi UBB dimulai 2006, telah menjalani tiga kurikulum dimulai dari tahun 2006, kemudian ditahun 2009 terdapat penyesuaian, dan terakhir terdapat perubahan ditahun 2014.

“Prodi Biologi memiliki tiga peminatan yaitu zoologi, botani dan mikrobiologi, dari masing-masing peminatan kami menentapkan empat mata kuliah yang wajib di ambil mahasiswa, tetapi dengan ketentuan mata kuliah wajib bagi salah satu peminatan bisa menjadi mata kuliah pilihan atau minatan bagi mahasiswa peminatan lainnya. Jadi selain empat mata kuliah wajib, mahasiswa juga diharuskan mengambil empat mata kuliah pilihan”,papar Annis.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, Prodi Biologi UBB mampu meningkatkan mutu jurusan dan kualitas lulusan sehingga bisa membantu re-Akreditasi A di Tahun 2019 mendatang.(Ars/Humas)


Topik

Biologi_UBB