UBB Teken Mou Dengan Pemkab Belitung

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 02 Agustus 2018 22:18 WIB | Diupdate pada 02 Agustus 2018 22:18 WIB


Mou-- Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU), antara UBB dengan Pemkab Belitung, di ruang rapat Bupati Belitung, Tanjungpandan, Kamis (2/8/) pagi. 

TANJUNGPANDAN, UBB  Bupati Belitung, H. Sahani Saleh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Karyadi Sahminan, SE., MAP., melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) dengan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., dibidang pendidikan, penelitian, dan Pengembangan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, pada Kamis (2/8/2018) pagi, di ruang rapat Bupati Belitung. 

Kerjasama ini dijalin selaras dengan Visi dan Misi UBB untuk terus meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pembangunan yang berkelanjutan di masyarakat, khususnya peningkatan pembangunan dan kualitas sumber daya manusia yang ada di Belitung.

"Kerjasama ini sebagai upaya memberikan tawaran kepada Pemerintah Belitung, terutama di bidang pendidikan, pengabdian, penelitian dan pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan," ujar Muh Yusuf.

Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Provinsi Babel, UBB punya andil dalam pemerataan pendidikan dan kualitas SDM di wilayah Babel khususnya. Sehingga keberadaan UBB di pulau Bangka dapat juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di pulau Belitung.

"Kami juga pingin sekali keberadaan UBB bisa dirasakan oleh masyarakat pulau Belitung, tapi masalah terkendala aturan dan regulasi yang ada, untuk membuka kelas jauh bagi PTN yang masih berstatus satker 'UBB' belum bisa," ungkapnya.

Yusuf berharap agar putra Belitung terbaik bisa memiliki peluang untuk menempuh pendidikan di UBB, dan bagi yang kurang mampu pemerintah bisa memberikan bantuan berupa beasiswa yang nantinya kuotanya akan di slotkan UBB melalui jalur mandiri.

"Kami berharap pemerintah Belitung bisa mengirimkan pelajar terbaik lulusan SLTA sederajat, terserah mau formulasinya seperti apa, tapi intinya kami ‘UBB’ berharap putra daerah secara finansial kurang mampu diberikan beasiswa dari Pemkab Belitung untuk berkuliah di UBB melalui jalur mandiri," kata Yusuf.

Lanjutnya, walaupun kerjasama selama ini antara UBB dengan Pemkab Belitung sudah terjalin melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai pengabdian kepada masyarakat, serta pengkajian pengembangan Geopark Pulau Belitung yang dirintis. UBB juga terus berupaya meningkatkan kerja sama tidak hanya dalam bidang pendidikan semata, namun di bidang penunjang lainnya.

"Walaupun kerja sama dengan Pemkab Belitung sudah lama terjalin baru sebatas itu. Tapi kedepan kalau misalkan kami ‘UBB’ diminta untuk melakukan pendampingan dan segala macam, dalam kategori untuk kemajuan Belitung, kami akan siap," tandas Yusuf.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan dalam sambutannya menyambut baik kerja sama ini, semoga hal ini memberi manfaat bagi kita semua dalam rangka meningkatkan kemajuan daerah dalam hal kualitas sumber daya manusia, kesejahteraan masyarakat dan penelitian untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Belitung.

“Saya berharap kerjasama ini membawa manfaat bagi kita semua, dan juga dapat memberikan kesempatan dan pendidikan bagi generasi muda dalam peningkatan kualitas SDM Belitung," ucap Karyadi.

Terkait yang sudah dilakukan Pemkab Belitung dalam peningkatan pembangunan dan SDM di masyarakat, namun menurutnya, kalau tidak dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas didalam aparatur sipil negara (ASN), tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Han hal ini juga mendorong Pemkab Belitung untuk terus melakukan kerja sama dengan UBB, tidak hanya dalam bidang pendidikan semata, namun di segala sektor lainnya, dan ini diharapkan menjadi kajian bagi kedua belah pihak nantinya.

“Saya rasa UBB juga diharapkan tidak hanya peningkatan SDM masyarakat belitung saja, tetapi kita ada kerja sama dengan UBB juga nanti dalam hal pengembangan dan peningkatan kualitas SDM yang ada di jajaran ASN Kabupaten Belitung,” tukasnya. (Ags/Humas)


Topik

REKTOR_UBB MOU_KERJASAMA