Rektor Muh Yusuf Lantik Sucipto Warek 3 UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 09 Agustus 2018 11:37 WIB | Diupdate pada 09 Agustus 2018 11:37 WIB


BERITA ACARA  --   Rektor UBB Muh Yusuf (kiri)  menandangani berita acara pengambilan sumpah jabatan Warek 3 Drs Sucipto MT (kanan),  Kamis (09/08/2018) pagi.  Penandatanganan ini disaksikan Prof Dr Ir Eddy Suprayitno MS (Warek 2) dan Adi Purwanto (Kasubbak Tata Usaha dan Rumahtangga UBB) sebagai saksi (tengah).

BALUNIJUK, UBB --   Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi melantik dan mengambil sumpah Drs Sucipto MT sebagai Wakil Rektor 3  yang  membidangi  Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama UBB.

Pelantikan, pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara,  berlangsung di Ruang Pertemuan Rektorat UBB, Balunijuk, Merawang,  Kamis (09/08/2018) pagi.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor I Dr Ir Ismed Inonu MS, Warek II Prof Dr Eddy Suprayito MS, seluruh dekan dari lima fakultas ,  kepala biro dan kepala UPT, ketua jurusan, dosen dan mahasiswa.

Rektor Muh Yusuf dalam sambutannya  mengemukakan,   kehadiran Drs Sucipto MT sebagai   wakil rektor (Warek) 3  diharapkan dapat memberikan kemajuan kepada UBB.

“Sudah beberapa bulan ini  UBB tidak memiliki  Warek 3.  Dalam doa,  kita berharap  semoga Allah memberikan yang terbaik.  Doa itu terjawab.  Kita mendapatkan Drs Sucipto sebagai warek 3.  Beliau ini berasal dari  Unnes (Universitas Negeri Semarang),” ujar Muh Yusuf.

Rektor menegaskan meski  ia  juga berasal dari Semarang (Universitas Diponegoro), tetapi tidak ada kaitan dirinya  dengan Warek 2 Sucipto.  Sebagaimana juga   pada Warek 2 Prof Eddy Suprayitno.

“Tidak ada hubungan (pribadi) saya dengan Pak Sucipto,” tukas Muh Yusuf.

Warek 3 membidangi lingkup kerja perencanaan, sistem informasi dan kerjasama menurut Muh Yusuf sangat penting bagi menghela roda kemajuan UBB.

“Sebagai universitas yang relatif kecil,  kita ingin sekali ada sesuatu yang kita unggulkan.  Kita tidak mungkin bersaing dengan UI, ITB dalam hal  infrastruktur dan SDM,” ujar Muh Yusuf.

“Yang sangat mungkin kita lakukan adalah bagaimana kita meningkatkan dan memperkuat sistem informasi teknologi,” sambung Muh Yusuf.

Ranah perencanaan pun menurut rektor sangat vital.  Sebab ‘alat’  atau  cara untuk  mencapai  sesuatu, baik  untuk jangka pendek  maupun jangka  panjang, itu semua  berawal dari   sistem perencanaan yang baik.

“Di sisi lain,  perencanaan itu pun bisa ‘di review, sesuai dengan perkembangan zaman.  Terlebih lagi teknologi informasi   berubah cepat, membuat sesuatu berubah dengan  cepat pula,” ujar rektor.

Oleh sebab itu  sivitas akademika menurut rektor berharap banyak dari Sucipto sebagai Warek 3 UBB.  Pria kelahiran Pati 1 Januri 1963 ini memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan UBB di masa mendatang.

Dikemukakan rektor, UBB memiliki visi yang mulia.  Yaitu terwujudnya UBB sebagai universitas riset yang diakui di tingkat  internasional yang menghasilkan sumberdaya dan karya-karya unggul di bidang pembangunan yang berkelanjutan.  Berdasarkan keunggulan moral, mental dan intelektual untuk membangun peradaban bangsa pada tahun 2035.

Untuk mewujudkan visi itu lanjut rektor  telah disusun empat  misi.   Yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dan berbasis riset, meningkatkan kerjasama dan memperkuat tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik dengan mengembangkan kepranataan manajemen sumberdaya, menciptaklan dan memelihara iklim yang mendukung prestasi riset.

“Inti dari semua itu adalah pentingnya peran kerjasama UBB dengan institusi lain di luar UBB.  Sejauh ini UBB telah  melakukan kerjasama dengan lebih 80 institusi.  Di antaranya dengan Kementerian Dalam Negeri, Polri, UGM, IPB, Universitas Pertahanan,  pemkab dan pemprov,” ujar Muh Yusuf.

Meski demikian, rektor menegaskan pentingnya hadir seuatu tatakelola riset yang baik.

Menyusul dilantiknya Sucipto sebagai Warek 3,  menurut Muh Yusuf kini sudah lengkap personel yang mengisi jabatan wakil rektor.   Mulai dari warek 1, warek 2 dan warek 3.

“Kita harapkan ke depan kita bisa saling bergandeng tangan dan bekerjasama.  Semuanya demi meraih kemajuan dan memajukan UBB.  Sebagai abdi bangsa dan negara, kita harus memberikan sesuatu yang terbaik,” tukas Muh Yusuf.

Biodata Singkat

Rektor Muh Yusuf melantik dan mengambil sumpah Drs Sucipto MT sebagai Warek 3 dengan masa jabatan dua tahun; terhitung sejak 1 Agustus 2018  hingga 31 Mei 2020.

Sucipto lahir di Pati 1 Januari 1963,  menyandang pangkat Pembina Tingkat 1, golongan IV B dan jabatan Lektor Kepala.

Pemilik NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) 0001016345 ini  adalah dosen PNS di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Sucipto di UNNES mengampu matakuliah Mekanika Teknik,  meraih gelar stratum 1 dari IKIP Semarang (1990).  Sementara  gelar MT (master teknik) ia peroleh dari Pascasarjana Teknik Sipil UGM pada tahun 2004. 

“Saat ini saya sedang menyelesaikan pendidikan stratum 3  di  Prodi Manajemen Pendidikan  UNNES,” ujar Sucipto.

Banyak penelitian dan pengabdian yang telah dikerjakan Sucipto.  Antara lain “Pengendalian Banjir Wilayah Drainase Semarang Barat dengan Normalisasi Sistem  Drainase Kali Beringin” (2006), “Aplikasi Metode Schlumberger Resistivity Sounding untuk Menentukan Resapan Air Hujan” (2009).

Selanjutnya “Implementasi Green Campus Evaluation Tool sebagai Tolok Ukur Kinerja Gedung dan Lingkungan Kampus UNNES Berdasarkan Konsep Pengembangan Konservasi Hijau” (2013), dan “Penguatan Kompetensi Menggambar dalam rangka Konservasi Air Tanah di Semarang” (2015).

Bidang pengabdian yang telah dilakukan Sucipto antara lain “Penyusunan DED Perluasan TPA Kota Pekalongan” (2006), dan  “Pembuatan Alat Cetak Tangan Pavingblok dan Pelatihan Pembuatan Pavingblok bagi Warga Klialang Semarang” (1997) . (Eddy Jajang J Atmaja, Ari Riski)        


Topik

Kampus_Terpadu_UBB REKTOR_UBB