PPKMB UBB, Menghadirkan Generasi Ber-MEMORI Membangun Peradaban

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 13 Agustus 2018 19:18 WIB | Diupdate pada 13 Agustus 2018 19:18 WIB


PKKMB UBB 2018 - Pembukaan PPKMB UBB di tandai dengan penyematan secara simbolis Tanda Peserta PKKMB dan Pemukulan Gong oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., didampingi para Wakil Rektor, Ketua Senat, dan Para Dekan dilingkungan Kampus Terpadu UBB, serta acara dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), bertempat dilapangan parkir FT UBB.

MERAWANG, UBB - Dengan mengusung tema "Menghadirkan Generasi yang Ber-Memori (Mental, Moral, dan Intelektual) dalam Semangat Perjuangan Membangun Peradaban". Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bangka Belitung (UBB) Tahun Akademik 2018-2019 resmi dibuka oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., bertempat dilapangan parkir Fakultas Teknik Kampus Terpadu UBB, Senin 13/8/2018 pagi.

Pembukaan PKKMB dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Senat UBB, para Dekan, Kepala Biro, Kepala Lembaga, Kepala UPT, Ketua Prodi dan Dosen dilingkungan UBB, serta Panitia dan seluruh Mahasiswa Baru (Maba) UBB Tahun Akademik 2018/2019.

Kegiatan PKKMB akan berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 13-16 Agustus, diikuti sekitar 1.064 maba UBB. Selama kegiatan para peserta akan menerima materi dari pihak Universitas, Fakultas, Danrem 045 Garu Jaya, BEM, UKM, Mahasiswa Berprestas, serta pengenalan masing-masing Biro, Lembaga, dan Unit Pelayan Terpadu (UPT) yang ada ditingkat Universitas, dan Fakultas untuk mengenalkan budaya dan aktifitas kehidupan dilingkungan Kampus.

Menurut ketua pelaksana PKKMB Suhargo, kegiatan PKKMB UBB diikuti sebanyak 1.064 mahasiswa baru, dan tema yang diambil menurutnya sejalan dengan visi misi UBB, serta bertepatan menyambut semangat hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 Tahun.

“Tema ini kami ambil dalam rangka menjalankan visi misi UBB, dan terlebih dalam menyambut semangat kita menanti dalam dekatnya hari kemerdekaan Indonesia, kami juga mengambil logo dengan tema ‘dulang’ dengan tujuan memperkenalkan UBB khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan ciri khas icon dulang kepada maba yang  berasal dari luar daerah Babel,” ungkapnya.

Pada bulan September nanti, Mahasiswa Baru ini juga akan dibekali Pendidikan Karakter/Pelatihan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di Kampus Terpadu UBB bekerja sama dengan Markas Komando Resor Militer (Makorem) 045 Garuda Jaya, yang pelaksanaannya akan dibagi dalam beberapa kelompok peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Mahasiswa sebagai insan akademis, yang berkarakter dan mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Presiden BEM UBB Rully Rizki Rivaldo, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di Kampus Terpadu UBB. Ia juga memberi motivasi kepada maba agar memiliki semangat yang tinggi yang natinya sebagai pewaris negeri yang berperadaban.

“Mudah-mudahan dengan lahirnya mahasiswa baru hari ini, adalah orang-orang yang nantinya akan meneruskan tonggak peradaban,” ungkap Rizki.

Sementara itu, Rektor UBB Muh Yusuf sebelum menyampaikan sambutannya, Ia memperkenalkan sejumlah pejabat yang ada di lingkungan UBB kepada peserta PKKMB. Kegiatan PKKMB tahun ini menurutnya, akan diisi berbagai kegiatan yang terkait dengan akademik, kemahasiswaan, kebijakan kampus dan lainnya. Tidak hanya itu, materi PKKBM juga akan diisi dengan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, belanegara yang selaras dalam menyambut HUT RI ke-73 agar benar-benar tertanam dalam diri kita semua, terlebih para peserta PKKBM yang nanti akan lahir pemimpin-pemimpin amanah dimasa depan.

“Semangat untuk belajar, semangat untuk meraih cita-cita yang tinggi, semangat untuk maju dan menjadi yang terdepan harus senantiasa tenamkan pada diri sanubari jiwa adik-adik sekalian, supaya nanti adik-adik sekalian menjadi seorang pemimpin yang amanah yang bisa dijadikan panutan dan sekaligus membanggakan untuk bangsa Republik Indonesia,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Yusuf mengajak semua peserta untuk menjadi mahasiswa pilihan yang unggul dan mampu membangun jati diri yang berMoral, dan terus  mengembangkan diri untuk menjadi yang terbaik.

“Kita (UBB) baru 12 tahun berdiri, dan dinegerikan ditahun 2010, tetapi adik-adik sekalian jangan dilihat umurnya tapi dilihat prestasinya, dan Alhamdulillah banyak prestasi yang telah kita torekhan,” terangnya.

Pembukaan PKKMB UBB resmi dibuka dengan penyematan secara simbolis Tanda Peserta PKKMB dan pemukulan Gong oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi. Rangkaian acara dilanjutkan dengan menampilkan pertunjukan kesenian oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta foto bersama. (Ags/Humas)


Topik

PKKMB