Puncak PKKMB, Maba UBB Bentuk Formasi Giant Flag

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 15 Agustus 2018 13:41 WIB | Diupdate pada 15 Agustus 2018 13:41 WIB


 

MERAWANG, UBB - Sebanyak 1.069 mahasiswa baru (Maba) Universitas Bangka Belitung (UBB) membentuk berbagai formasi giant flag sebagai salah satu kegiatan dalam penutupan Pengenalan kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di lapangan parkir Fakultas Teknik, Kampus Terpadu UBB pada Selasa (14/08/2018).   

Dalam formasi barisan tersebut, para mahasiswa mengenakan potongan-potongan kardus persegi empat yang dilapis kertas manggis berbagai warna sesuai dengan posisi barisan. Bentuk barisan merupakan formasi giant flag (bendera besar) dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-73 Tahun.

Menurut Presiden BEM UBB Rully Rizki Rivaldo, dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia, PKKMB UBB tahun ini dengan konsep keluasan kebangsaan. PKKMB ini sendiri memiliki sudut pandang berbeda dengan masa orientasi mahasiswa baru atau biasa dikenal dengan ospek yang memiliki citra keras ditahun-tahun sebelumnya. Tema yang diusung dari PKKMB sendiri yaitu “Menghadirkan Geneasi yang BerMEMORI (Mental, Moral, dan Intelektual) dalam Semangat Perjuangan Membangun Peradaban”.

“Menyambut 73 Tahun  Indonesia merdeka, jadi kami membangun konsep keluasan kebangsaan, bagaimana membentuk  kebagsaan mereka?. Bukan hanya cinta mereka kepada Indonesia tetapi juga kecintaan kepada Kampus ini, dan juga lebih menanamkan sikap kritis kepada mahasiswa. Jadi kami menamamkan sikap kritis mahasiswa sejak dini. Hingga mereka sudah semester atas mereka sudah tahu menyingkapi segala hal. Karena peran dan fungsi kita jelas sebagai penemu solusi bagi masyarakat,” ujar Presiden mahasiswa UBB yang akrab disapa dengan pangilan Aldo.

Selain formasi giant flang merah putih, mahasiswa baru ini juga membentuk 3 formasi giant flang lainnya. Dengan mengangkat potongan kardus yang telah dilapisi kertas manggis berbagai warna, mereka secara bergantian membentuk formasi yang bertuliskan UBB, Anti Hoax, dan logo ASEAN Games.

Lanjut Aldo, pergelaran giant flag di kampus UBB adalah yang pertama untuk seluruh kampus di Bangka Belitung. Giant flag ini merupakan bentuk deklarasi Anti Hoax dan dukungan kepada ASEAN Games. Kampus UBB sendiri adalah kampus yang mendukung dan ikut mensukseskan ASEAN Games, yang telah berkerja sama dengan Dispora dan Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Itu yang momentumnya luar biasa, kita deklasrasi anti hoax bersama 1000 mahasiswa baru, dan juga kita kampus pendukung ASEAN Games,” Tegasnya.

Pergelaran ini disambut meriah oleh seluruh mahasiswa baru, mengingat giant flag adalah hal baru di Kepulauan Bangka Belitung. Penampilan mereka juga diabadikan dan tonton besama-sama dalam pemutaran video singkat selama mengikuti kegiatan diacara penutupan PKKMB UBB. (lpm/Humas)


Topik

PKKMB