Desa Belilik Punya Objek Wisata ‘Mahali Park’ Rintisan Mahasiswa KKN

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 19 Agustus 2018 17:04 WIB | Diupdate pada 19 Agustus 2018 17:05 WIB


Wisata Mahali Park - Destinasi wisata berupa sport-sport foto bagi pecinta selfie, taman bermain mulai dari rumah burung, fhotobooth rumah, pintu & jendela, perahu, jembatan, susunan ban, tulisan Mahali Park, sunset point, ayunan dan aliran sungai yang masih jernih untuk pemandian, serta lokasi alami penangkapan ikan air tawar bagi yang hobi memancing.

NAMANG, UBB – Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang tergabung dalam kelompok program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, mengembangkan salah satu potensi pariwisata Desa Belilik dengan konsep edutourism, bertempat di kawasan sungai Mahali Desa Belilik, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Upaya tersebut terbukti dengan diresmikannya objek wisata baru yakni ‘Mahali Park’, sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Desa Belilik dengan mengambil view yang sangat indah. Hutan liar dengan sungai yang sebelumnya tidak terawat dan dipenuhi semak belukar, ditangan terampil kelompok mahasiswa KKN XIII UBB Desa Belilik mampu menyulapnya menjadi lokasi destinasi wisata yang sangat indah dan penuh dengan spot-sport foto unik bagi pecinta selfie.

Setelah dirasa rampung progam unggulan KKN di Desa Belilik, Mahasiswa KKN UBB beserta Perangkat Desa dan masyarakat melangsungkan acara peresmian ‘Mahali Park’ sebagai objek wisata baru yang dikenal oleh masyarakat setempat sebagai aik (air) mahali, bertempat dikawasan sungai mahali Desa Belilik, pada Sabtu (18/8) pagi.

Acara ini pun dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. Ibnu Saleh, MM., Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., Kepala LPPM UBB Dr. Fournita Agustina, SP., MSi., Kepala BPDAS-HL Baturusa Cerucuk Idi Bantara, Shut.T., MSc., Camat Nameng, Kepala Desa Belilik, Babinsa dan Baminkamtibmas Desa Belilik, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN XIII UBB, Tokoh Masyakat, Tokoh Agama, Karang Taruna dan Komunitas Bujang Kelakar Desa Belilik, serta mahasiswa KKN. Kehadiran lapisan masyarakat desa dan anak-anak yang menikmati taman wisata membuat suasana peresmian semakin ramai.

Dalam laporan Ketua KKN XIII UBB M. Fazul, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, dan apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN UBB khususnya di Desa Belilik bisa bermanfaat untuk masyarakat. Dengan dirintisnya objek wisata baru ini juga diharapkan dapat menjadi pemantik semangat bagi pemuda dan masyarakat untuk mengembangkannya kembali.

Ia juga mengungkapkan objek wisata Mahali Park ini terkenal dengan senjanya yang bagus, sehingga dikawasan tersebut banyak sport-sport foto yang telah mereka buat. Begitu juga aliran sungai yang tidak terawat dan ditumbuhi semak dulunya, sekarang kembali bersih dan tetap menjaga kelestarian ekosistem yang ada.

“Mudah-mudahan apa yang telah kami lakukan disini dapat bermanfaat bagi masyarakat semua. Jadi objek wisata mahali ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat pemuda dan semangat masyarakat untuk mengembangkanya kembali,” ungkap Fazul.

Sementara itu, Kepala Desa Belilik Muldari, merasa senang dan mengucapkan terimakasih kepada pihak UBB yang telah menghadirkan mahasiswa KKN di desa mereka, karna sejak KKN dari mahasiswa Pertiba di tahun 2012 yang lalu, baru tahun ini desa mereka kembali didatanggi mahasiswa KKN. Pengakuan Muldari, dari pihak UBB sendiri ini yang pertama kalinya menerjunkan mahasiswanya dengan program-program KKN yang telah dilakukan sangat luar biasa dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. 

“Oleh sebab itu kedepan, kami insyaallah akan mengirimkan surat permohonan agar tiap tahun UBB dapat mengirimkan mahasiswanya untuk KKN di Desa Belilik. Kami ini di Desa Belilik pak, punya potensi yang luar biasa , kami punya lahan cukup luas dan tidak terjangkau oleh kami, oleh sebab itu kami perlu pemikiran,” ujarnya.

Inisiatif mahasiswa dalam merintis Wisata Aik Mahali, didasari oleh besarnya potensi alam yang dapat dikembangkan, terutama aliran air sungai yang masih jernih dan alami dengan berbagai jenis ikan, kawasan hutan dengan pemandangan yang sangat indah, yang kemudian bisa dikelola dan ditata sedemikian rupa sebagai destinasi yang nantinya bisa meningkatkan dan menambah perekonomian masyarakat khususnya Desa Belilik.

Program kerja yang telah dijalankan oleh kelompok KKN ini mendapat apresiasi dari Rektor UBB Muh Yusuf, yang telah menyaksikan secara langsung suasana kawasan wisata taman Mahali. Semoga apa yang telah dilakukan mahasiswa KKN UBB dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, serta wisata ‘Mahali Park’ dapat dikemas lebih bagus lagi dan bisa diintegrasikan dengan potensi pertanian yang ada. Ia juga akan mengakomudir permintaan Kepala Desa untuk menempatkan mahasiswa UBB sebagai lokasi KKN di Desa Belilik pada tahun 2019.

“Berkat inisitaif dan kreatifitas mahasiswa KKN, tempat ini dapat ditata sedemikian rupa menjadi lokasi wisata yang potensial, ini sesuatu yang luar biasa. Oleh karena itu, apa yang menjadi permintaan pak Kades agar di tahun 2019 nanti, segeranya akan diakomudasi oleh pihak UBB untuk dijadikan tempat lokasi KKN di Desa Belilik,” terang Muh Yusuf.

Apresiasi kepada mahasiswa KKN UBB juga datang dari Bupati Bangka Tengah saat peresmian objek wisata Wisata Mahali Park. Ibnu Saleh memuji inisiatif dan kreatifitas yang dilakukan mahasiswa program KKN Tematik UBB, dalam mengembangkan beragam potensi yang ada di Desa Belilik, dan tentunya perencanaan program ini berkat kolaborasi yang melibatkan pihak akademisi, masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Ini adalah usaha yang sangat baik, sangat bagus, membangkitkan kembali semangat Desa Belilik dan Pemerintah Kabuten Bangka Tengah. Dulu ini suatu tempat yang menarik, sekarang kembali menarik,” tutur Bupati Bangka Tengah.

Di penghujung acara, dilakukan peresmian destinasi wisata sungai aik Mahali Park dengan penguntingan pita dan penandatanganan prasasti, serta penanaman secara simbolisasi pohon gaharu oleh Bupati Bateng dan Rektor UBB. Acara ini juga diisi dengan pemberian cinderamata kepada Kades dan piagam penghargaan kepada sejumlah pihak. Oleh pihak panitia, rombongan pun langsung dipandu untuk melihat-lihat secara langsung serta foto bersama di arena taman bermain ‘Mahali Park’ yang telah mahasiswa KKN buat.

Penguntingan pita dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. Ibnu Saleh, MM., dan Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, MSi., saat peresmian destinasi wisata ‘Mahali Park’, dikawasan sungai aik mahali Desa Belilik, Kecamatan Namang.

Dalam destinasi wisata ini terdapat beberapa sport foto bagi pecinta selfie, serta taman bermain yang bisa dijadikan tempat kunjungan wisatawan, mulai dari rumah burung, fhotobooth rumah, pintu & jendela, perahu, jembatan, susunan ban mobil, tulisan Mahali Park, sunset point, ayunan dan lain sebagainya. Selain taman wisata, alam disekitar juga menyediakan sport alami aliran sungai untuk pemandian dan menangkap ikan bagi yang hobi memancing.

Kedepan taman wisata ini dapat lebih tertata dan terkelola secara profesional, untuk memberikan pilihan wisata yang baik bagi masyarakat. Apa yang dilakukan mahasiswa KKN UBB di Desa Belilik, Kecamatan Nameng hanyalah bersifat merintis. Tanggung jawab selanjutnya ada pada masyarakat dan pemerintah Desa dalam menjaga, mengelola dan mengemas potensi wisata sungai aik mahali agar lebih bagus lagi. (Ags/Humas)


Topik

KKN_UBB