Tingkatkan Kewirausahaan mahasiswa, UBB Gelar PMW 2018

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 24 Agustus 2018 08:40 WIB | Diupdate pada 24 Agustus 2018 08:40 WIB


Foto Bersama – Wakil Rektor 1 UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi , didampingi Kepala BAKK Evia Eva Stp dan dosen calon pembina PMW foto bersama founder Hijrah group Ustad Hendi Kurniah selaku Motivator, setelah pembukaan sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha UBB 2018 di ruang rapat gedung Rektorat Kampus terpadu UBB, Selasa (21/08/2018) pagi.

Balunijuk (UBB) – Tingkatkan minat kewirausahaan mahasiswa, Universitas Bangka Belitung (UBB) undang founder Hijrah group Hendi Kurniah untuk berikan motivasi dalam berwirausaha dalam acara sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha kepada mahasiswa di ruang rapat gedung Rektorat Kampus terpadu UBB, Selasa (21/08/2018) pagi.

Kegiatan dibuka langsung oleh wakil rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan Dr Ir Ismed Inonu MSi, didampingi Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama Evia Eva Stp. Dihadiri oleh para dosen pembina wirausaha serta mahasiswa UBB.

Dalam sambutannya Ismed Inonu menjelaskan tujuan diadakannya PMW yaitu merubah mindset mahasiswa dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang telah dikuasai bisa menciptakan lapangan pekerjaan, minimal untuk dirinya sendiri.

“Pemerintah pada tahun 2019 menargetkan 10% dari lulusan sarjana melakukan wirausaha, maka dari itu dilaksanakanlah PMW ini, setiap tahun telah dianggarkan disetiap perguruan tinggi,demikian juga di Universitas Bangka Belitung kegiatan ini digalakan,”jelas Ismed.

Di UBB kewirausahaan telah menjadi mata kuliah wajib universitas bagi semua program studi, “teori kewirausahaan atau enterpreneurship bagi setiap mahasiswa UBB telah mendapatkannya dalam mata kuliah wajib universitas. Ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang menunjang mahasiswa untuk berwirausaha sudah diberikan dalam bentuk kurikulum mata kuliah” ujar Ismed.

UBB telah lima tahun berturut mengadakan kegiatan ini. Setiap tahunnya banyak proposal yang masuk tapi akan ada seleksi bagi kelompok yang ikut serta dikarenakan anggaran yang terbatas. Untuk peserta yang berhasil lolos akan mendapatkan pendampingan serta sejumlah dana, maksimal Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) sebagai modal awal memulai usaha.

“Motivasi awal berwirausaha adalah pemberdayaan, saya ingin orang-orang disekitar kita berdaya, agar mereka punya kebermanfaatan dalam hidupnya, sesuai dengan hadis Nabi SAW yaitu sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat,” Ustad Hendi Kurniah mengawali.

“UBB sangat luar biasa, memberikan modal awal kepada mahasiswa tanpa unsur riba. Sumber modal sangat menentukan bagi keberlanjutan usaha,” ujar pendiri dari Hijrah Group sebagai motivator PMW UBB 2018.

Paradigma berbisnis dibangun dari mental, tidak ada pengusaha sukses yang santai saja menjalani usahanya. Rintisan bisnis tidak ada yang instan, semua dimulai dari bawah semuanya berproses.

Berikut jadwal Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Bangka Belitung 2018 yaitu: 1 s.d 17 Agustus 2018 Sosialisasi, 20 s.d 30 Agustus 2018 Pengumpulan Proposal, 31 Agustus s.d 3 September 2018 Seleksi Administrasi, 4 September 2018 Pengumuman Tim yang Lolos Seleksi Administrasi, 6 September 2018 Seleksi Proposal, 10 September 2018 Pengumuman. (Ars/Humas)


Topik

Mahasiswa