Tingkatkan Kompetensi Kewiraswastaan, Siswa dan Guru Toboali Kunjungi FPPB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 10 September 2018 18:44 WIB | Diupdate pada 10 September 2018 18:44 WIB


FOTO BERSAMA --  Mahasiswa FPPB UBB,  siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali berserta dekan dan wakil dekan FPPB  berfoto bersama di Ruang Seminar E Kampus FPPB,  Senin (10/09/2018) siang.

BANGKA, UBB --   Sebanyak 36 siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali, Bangka Selatan (Bael)   berkunjung ke Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) di Balunijuk, Merawang, Senin (10/09/2018) pagi.

Menggunakan satu bus,  siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali  itu tiba di Kampus Terpadu UBB pukul 09.30 wib. Mereka langsung disambut Dekan FPPB Dr Tri Lestari MSi, Wakil Dekan (Wadek) 1 Wahyu Adi SPi MSi dan Wadek 2  Dr Eva Helda di Ruang Seminar E FPPB.

Dalam sambutannya, Tri mengucapkan selamat datang kepada siswa dan guru SMA Negeri 1  Toboali yang telah mengunjungi kampus UBB pada umumnya dan ke FPPB khususnya.

“Terimakasih kepada Bapak-bapak dan Ibu guru serta  siswa  sekalian.   Kami merasa terhormat karena memilih  FPPB  sebagai bagian dari studi untuk peningkatan,  dan pemantapan kompetensi di bidang kewiraswataan,” ujar Tri Lestari.

Sebelumnya Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Toboali Fendri menjelaskan maksud dan tujuan mereka mengunjungi FPPB, yaitu  untuk menggali informasi dan meraih pengalaman yang nanti berguna untuk meningkatkan dan memantapkan kompetensi di bidang kewiraswastaan. 

Tri mengemukakan,  UBB yang didirikan tahun 2006, lalu empat tahun setelah itu, 2010, beralih status dari swasta menjadi perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini memiliki lima fakultas.  Yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan FPPB.

“Hingga saat UBB memiliki 19 program studi atau jurusan.  Di FPPB sendiri ada lima program studi.   Selain mencetak sarjana, UBB juga memiliki sejumlah laboratorium dan produk karya tangan-tangan dingin  mahasiswa,” papar Tri.

Ia mempersilakan siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali untuk melihat langsung  aktivitas mahasiswa di laboratorium yang ada di FPPB. Di antaranya ke laboratorium jurusan Agribisnis yang sedang mengemas minuman segar terbuat dari perasan Jeruk Kunci.

Senin pagi itu siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali, didampingi Dewi Astuti (Kasubag AAK FPPB) mengunjungi Laboratorium  Laboratorium Dasar,  Laboratorium Biologi, Laboratorium Agroteknologi dan Laboratorium Majamen Sumberdaya Perairan,  dan  Laboratorium Budidaya Perairan.    

Usai makan siang,  siwa didampingi guru mereka  melihat aktivitas di Laboratorium Lapangan Hatchery (pembenihan) dan Kebun Percobaan dan Penelitian (KP2) FPPB.

Siswa dan guru merasa puas dengan kunjungan setengah hari ini ke FPPB.   Mereka memiliki perspektif dan pengalaman  baru yang berguna untuk meningkatkan kompetensi wiraswasta  di SMA Negeri 1 Toboali.

Pasalnya,  pada  setiap laboratorium yang mereka kunjungi, petugas laboratorium menyampaikan visi, misi dan program laboratorium.

Pukul 14 wib, siswa dan guru SMA Negeri 1 Toboali meninggalkan Kampus UBB dan bertolak  ke Toboali  menggunakan bus (Ari Riski, Eddy Jajang J Atmaja)


Topik

Dr.Tri_Lestari,_S.P.,_M.Si FPPB_UBB