Melalui Pendikar, UBB Wujudkan Karakter Mahasiswa Bermemori

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 15 September 2018 23:42 WIB | Diupdate pada 15 September 2018 23:42 WIB


MERAWANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) gelar Pendidikan Karakter (Pendikar), guna mewujudkan mahasiswa yang bermental, bermoral dan intelektual (Bermemori), Sabtu (15/09/2018). 

Kegiatan ini besifat wajib dan ditujukan kepada mahasiswa baru (maba) angkatan 2018/2019.

Acara yang dimulai dari jam 07.30 - 16.30 diikuti sebanyak 1.064 maba,  yang dibagi menjadi  40 kelompok, dan masing-masing kelompok di pandu oleh kakak pembimbing yang berasal dari mahasiswa tingkat atas, serta diikuti  20 Dosen pembina.

"Pendidikan karakter ini dimaksudkan untuk terciptanya mahasiswa yang bertanggung jawab, intelektual, cerdas, kritis, jujur, dan berwawasan," ujar Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si., Rektor UBB saat membuka acara pendikar.

Adapun kegiatan dalam pendikar ini antara lain penyampaian materi mengenai etika akademik, materi dari pihak BNN mengenai kesadaran penyalahgunaan narkoba, serta materi dari KPU tentang wawasan pemilih pemula. 

"Jangan jadi penghianat demokrasi,  Hindari golput, hindari money politik, hindari kebiasaan orang melayu dak kawa nyusah, karna ciri-ciri  anak millenial itu , dilengkapi atribut kritis, patisipatif, dan objektif," tegas Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si., dalam penyampaian materinya mengenai generasi millenial.

Di sela-sela materi, para maba disuguhkan kuis-kuis dengan doorprize yang menarik seputar pemahaman materi yang telah disampaikan sebelumnya.  

Selain materi pendikar, acara juga disugukan dengan penampilan spesial dari komunitas komika Bangka "Gawe Gile", yang mengocok perut para peserta hingga parsitipan lainnya.

Tak kalah menarik pendikar juga menghadirkan games  yang menyiratkan pesan dan makna karakter apa yang seharusnya dimiliki seorang mahasiswa, dan makna tersebut disampaikan langsung oleh dosen pembina.

"Kendala dalam pelaksanaan pendikar ini secara garis besar tidak ada, hanya saja kita masih keterbatasan fasilitas yang masih sangat sederhana, seperti kondisi gedung yang masih dalam tahap pembangunan," jelas  Dr. Hamsani, SE., M.Sc., selaku ketua pelaksana pendikar 2018"

Herman Aldila, S.Pd., M.Si., selaku koordinator acara pendikar 2018 menambahkan, "konsep teknis pendikar dari tahun sebelum, sekarang bahkan mungkin kedepan tidak akan jauh berbeda, namun yang terpenting dalam pendikar ini harapan kami tentunya adalah mahasiswa UBB benar-benar menerapkan karakter 3 pilar ialah moral, mental dan intelektual.

Maba yang mengikuti kegiatan Pendikar sangat antusias dan memiliki kesan tersendiri bagi mereka, ini nampak terlihat keceriaan serta kegembiraan diraut wajah mereka selama mengikuti acara.

"Pendikar ini asyik sekaligus mendidik , dimana kami bisa berbaur dengan teman-teman yang berbeda-beda fakultas, dan mendorong semangat kami untuk jadi mahasiswa yang bermemori," ungkap Rindiani amanta salah satu maba jurusan agroteknologi FPPB peserta Pendikar. (Lpm/Humas)


Topik

PKKMB