Pendidikan Karakter Mewujudkan Mahasiswa Bermental, Bermoral dan Berintelektual Unggul

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 15 September 2018 23:40 WIB | Diupdate pada 15 September 2018 23:40 WIB


BALUNIJUK (UBB) – Universitas Bangka Belitung (UBB) gelar pendidikan karakter bagi mahasiswa baru Tahun 2018 dengan tema Pendidikan Karakter Mewujudkan Mahasiswa yang Bermental, Bermoral dan Berintelektual Unggul di lantai dasar Rektorat Kampus Terpadu Balunijuk, Sabtu (15/09/2018) pagi hingga sore.

Kegiatan di buka oleh Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si dihadiri oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama Drs. Sucipto, MT, dekan Fakultas Teknik Wahri Sunanda, ST, M.Eng, Kepala LP3M M. Jumnahdi, ST, MT, Ketua Jurusan di lingkungan UBB serta dosen dan mahasiswa pendamping kegiatan Pendidikan Karakter.

Sebagai tanda dimulai kegiatan Pendidikan Karakter UBB 2018 Rektor UBB Dr. Ir. Muh. Yusuf M.Si menyematkan tanda peserta kepada dua orang perwakilan mahasiswa baru.

“Pendidikan Karakter di Universitas sangat penting untuk menyempurnakan karakter pribadi mahasiswa, menjadi karakter pribadi yang utuh sebagai seorang warga negara Indonesia, senantiasa mengacu pada empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu; Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,”ujar Muh Yusuf.

Diawal tahun pertama mahasiswa baru masuk perguruan tinggi, harus terus diingatkan bahwa pentingnya untuk menanamkan nilai moral, etika, budi pekerti sebagai ciri warga bangsa Indonesia yang berbudi luhur, kearifan, gotong royong, menghormati pada yang lebih tua, memiliki rasa empati tinggi terhadap masalah krusial masyarakat.

Muh Yusuf menekankan kepada mahasiswa baru agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, “Jangan sampai adik-adik mahasiswa sekalian, setelah lulus dari UBB hanya memperoleh gelar, tetapi tidak mencerminkan moral seorang akademisi atau seorang sarjana”.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Pelaksana Pendidikan Karakter Dr. Hamsani, SE, M.Sc melaporkan kegiatan diikuti oleh 1067 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa baru UBB angkatan 2018 dibagi menjadi 40 kelompok yang berasal dari masing-masing fakultas.

Kegiatan diisi dengan tiga materi. Materi pertama diisi oleh Dr. Eddy Nur Tjahja, M.Sc. dengan materi Visi, Misi, Tujuan Universitas Bangka Belitung dan implementasinya yang tercermin dalam etika akademik.

Materi kedua yaitu Mahasiswa Berprestasi Tanpa Narkoba dengan pemateri dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Bangka Belitung, dilanjutkan dengan pemateri dari Komisi Pemilihan Umum Bangka Belitung mengangkat tema Kesadaran Politik Mahasiswa sebagai Pemilih Pemula dengan slogan “Pemilih Zaman Now Memilih Tanpa Galau”.

Kegiatan ini juga akan diisi dengan kegiatan games tower bulding dan penanaman karakter dibimbing Dosen Pembimbing dan mengarahkan peserta kelompok untuk menemukan makna karakter disetiap games yang telah dilakukan. Kemudian dari hasil tersebut Dosen Pembimbing memberikan penekanan dan pemahaman karakter apa saja yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa baru UBB.

Tiap kelompok akan dinilai oleh masing-masing dosen pendamping. Komponen penilaian terdiri dari; Moral dengan 3 sub penilaian yaitu jujur, kebersamaan, dan melayani. Komponen kedua Mental dengan 3 sub penilaian yaitu peka, kerja keras, tangguh. Komponen ketiga Intelektual dengan 3 sub penilaian yaitu rasa ingin tahu, kreatif, Inovatif. Tiga kelompok terbaik diberikan hadiah dari Panitia.

Kegiatan ditutup oleh Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mewakili Rektor UBB. Secara simbolis untuk menutup kegiatan Pendidikan Karakter UBB 2018, Ibrahim melepaskan atribut peserta yang diwakilkan oleh dua mahasiswa/i.(Ars/Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si REKTOR_UBB PKKMB