Raih Standar Internasional, 100 Tendik UBB Ikut Tes Sertifikasi Microsoft

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 26 September 2018 17:11 WIB | Diupdate pada 26 September 2018 17:11 WIB


SERIUS --  Tenaga Pendidikan (Tendik) UBB tampak serius ketika  menjawab 120 pertanyaan tentang Microsoft Office dalam tes memperoleh Serftifikasi Microsoft di Laboratorium Komputer UPT TIK UBB< Rabu (26/09/2018) pagi hingga siang.

BALUNIJUK, UBB --   Sebanyak 100  tenaga pendidikan (Tendik) Universitas Bangka Belitung (UBB)  mengikuti tes Microsoft Office untuk memperoleh sertifikasi Microsoft Office di Laboratorium Komputer Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) UBB, Rabu (26/09/2018) pagi hingga siang.

Ketua UPT TIK UBB Ghiri Basuki menjelaskan  tujuan  tes itu  sebagai salah satu upaya untuk  meningkatkan kemampuan tendik dalam mengoperasikan  Microsoft Office,  yang sekaligus dapat    mendukung kelancaran tugas mereka saat bekerja  di lingkungan  UBB.

“Tes memperoleh Sertifikasi Microsoft itu terlaksana   berkat   UBB telah menjalin kerjasama dengan CV Trust sebagai  patner resmi Microsoft di Indonesia sejak tahun 2017,” ujar Ghiri Basuki ketika memberi penjelasan  didampingi staf TIK, Basuki Rahmat, dan Farid Wajedi.

Menurut Ghiri, materi tes untuk  memperoleh Sertifikasi Microsoft terdiri dari Microsoft Excell, Word dan Powerpoint. Setiap peserta tes  wajib menjawab 120 soal dalam tempo  120 menit atau kurun waktu dua  jam.

“Setiap bagian  ujian terdiri dari 40 soal.  Seluruh soal yang diberikan   sesuai dengan standar Microsoft.  Sehingga  dalam menjawab semua soal, setiap peserta yang ikut tes  harus memiliki  pengetahuan di bidang Microsoft Office,” tukas Ghiri, dosen Jurusan Teknik Elektro UBB.

Tes untuk memperoleh Sertifikasi Microsoft  terbagi dalam  tiga  sesi. Sesi 1 dimulai pukul  08.00 WIB hingga  10.00 WIB yang diikuti 37 peserta. Sesi 2 dimulai pukul  10.00 WIB hingga  12.00 WIB,  diikuti  dengan dikuti 37 peserta, dan terakhir; sesi 3 dilaksanakan dari  pukul 13.00 WIB hingga  15.00 WIB yang diikuti 26 peserta.

“Ujian Sertifikasi Microsoft  berjumlah  100 peserta.   Semuanya  berjalan sukses,  sesuai dengan apa  yang kita inginkan,” ujar Ghiri Basuki.

Sertikasi Microsoft  merupakan sertifikasi resmi yang dikeluarkan Microsoft.  Sertifikasi ini  dapat digunakan tendik  sebagai sertifikasi resmi yang berlaku di dunia internasional.  Tes ini   juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah tendik  di UBB yang memiliki sertifikasi resmi,  dan diakui sehingga dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia  UBB di masa mendatang.

Menurut Ghiri setelah tes  untuk tendik ini digelar,  UPT TIK juga akan membuka pelatihan  Microsoft  bagi kalangan mahasiswa dan dosen UBB,  serta masyarakat luas  yang tertarik untuk mengikuti sertifikasi Microsoft.

“Adanya sertifikasi ini diharapkan dapat menjadi modal bagi  mahasiswa dalam  meniti karir di dunia kerja ketika mereka  lulus kuliah nant,” ujar Ghiri.

Masyarakat yang  berminat ikut pelatihan Microsoft dapat melihat informasi tentang hal itu  pada laman www.tik.ubb.ac.id

Pelatihan Microsoft ini bertujuan untuk menjadikan  UBB sebagai  pusat pelatihan komputer di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Khususnya pelatihan Microsoft, seperti Microsoft Office yang digelar Rabu (26/09/2018) dan lainnnya:  HTML, Database dan  Server Management.

Pada sisi lain Ghiri menyebutkan,  adanya sertifikasi ini  merupakan bagian dari  langkahp-langkah dan persiapan UBB menghadapi era globalisasi dan revolusi industri i4.0.  

“Mahasiswa UBB  harus  memiliki bekal dalam menghadapi persaingan dunia  kerja berbasis teknologi informasi.  Ini berarti  tes sertifikasi seperti  ini menjadi  wajib bagi semua mahasiswa, tendik dan dosen di lingkungan UBB.   Mereka harus  memiliki sertifikasi yang diakui  dan berskala internasional,” tegas Ghiri (Eddy Jajang J Atmaja, Ari Riski)


Topik

UPT_TIK MICROSOFT