Membangun integritas hukum berlandaskan intelektual dan spiritual lewat Temu Ilmiah Hukum Season II 2018

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 30 September 2018 18:53 WIB | Diupdate pada 30 September 2018 18:53 WIB


MERAWANG, UBB - Perhelatan akbar yang digelar Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) yakni Temu Ilmiah Hukum (TIH) Season II 2018 dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan di FH diagendakan dari tanggal 24-28 september 2018 dengan 5 (lima) Event yang diperlombakan.

Pembukaan perhelatan akbar Temu lmiah Hukum Season II 2018 dilaksanakan pada hari senin, 24 september 2018, yang dibuka langsung oleh dekan FH UBB, dan turut juga berpartisifasi peserta dari tingkal SLTA di Wilayah Pulau Bangka.

Debat hukum merupakan kegiatan pembuka yang dilaksanakan setelah pembukaan TIH season II berakhir. Orasi ilmiah menjadi salah satu  event dalam perhelatan akbar ini. Tidak hanya terbatas pada tingkat SLTS, namun  Mahasiswa UBB juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang diselenggarakan pada selasa 25 september 2018.

Dilanjutkan dengan Pemilihan Putra Putri FH yang diselenggarakan selama dua hari, 26-27 september 2018. Mahasiswa FH sangat antusias dengan event ini, tidak hanya turut berpartisipasi saja tetapi juga memberikan dukungan peserta Putra Putri FH serta turut meramaikan kegiatan ini.  Putra Putri FH diharapkan mampu memperkenalkan dan mendeskripsikan Hukum dari lingkup yang berbeda kepada masyarakat.

“Terselenggaranya kegiatan Temu Ilmiah Hukum diharapkan mampu  membangun integritas hukum para peserta kegiatan, sesuai dengan tema TIH Season II, Membangun Integritas hukum yang berlandaskan Spiritual dan Intelektual," ujar Ketua pelaksana temu ilmiah hukum season II, Utari Budianti.

“Ini merupakan program kerja puncak dari BEM FH, yang mana kami kemas berbeda dari Temu Ilmiah Hukum Season I 2016 yang lalu. Harapan kami dengan adanya perlombaan-perlombaan di Temu Ilmiah Hukum Season II 2018 ini memiliki Output yang jelas terutama untuk mereflesikan Problematika Hukum Yang terjadi di Indonesia pada saat ini,” ujar Gubernur Mahasiswa FH UBB, Aldy Kurniawan.

Tidak hanya diisi dengan ajang perlombaan, event selanjutnya ialah workshop penulisan skripsi dan seminar pemilu serentak 2019 yang diselenggarakan  pada jumat 28 september 2018. Workshop penulisan skripsi yang berlangsung pada jumat pagi yang bertempat di fakultas Hukum, mahasiswa semester 7 merupakan peserta utama dalam workshop ini. Yang kemudian langsung dilanjutkan dengan Penutupan TIH Season II secara langsung oleh Rektor UBB dan Seminar Pemilu Serentak 2019  yang bertempat di Graha Timah, dimulai pada pukul 13.00 WIB.

“Kami sangat bangga dengan apa yang dilakukan BEM FH UBB diperiode kali ini, cukup banyak program-program menarik yang diselenggarakan oleh mereka, namun mereka juga selalu menjadi yang paling depan untuk aktif dalam pergerakan mahasiswa” ujar Wapresma KM UBB, Janovan Tiranda.

“Ini merupakan capaian luarbiasa bagi panitia pelaksana terkhusus bagi BEM FH UBB, sukses selalu buat Fakultas Hukum” ujar Rektor UBB, Dr. Ir. Muhammad Yusuf, M.Si.

Di penghujung acara penutupan diramaikan juga dengan persembahan Tari Kreasi dari UKM Seni UBB dan Pembagian Hadiah kepada pemenang lomba-lomba Temu Ilmiah Hukum Season II  2018.

Daftar pemenang lomba TIH Season II, Debat Hukum; Juara 1 dari SMA N 1 Pangkal Pinang, dan Juara 2 dari  SMA N 1 Toboali, serta  SMA N 1 Pangkal Pinang kembali menyabet juara ke 3, dan lagi-lagi untuk  Best Speaker atas nama Anisa Rahma berasal dari SMA N 1 Pangkal Pinang.

Sedangkan untuk Orasi Hukum; Juara 1 diraih Regizki Maulia dari  SMA N 1 Toboali, dan Juara 2 atas nama  Andri Yanto dari SMA N 1 Tempilang, serta juara 3 diraih Siti Mardatila dari SMK Bakti.

Pemilihan Putra Putri FH; terbaik diraih Raju Karnata dan Erika, dan Putra Putri Runner Up jatuh kepada Rio Saputra dan Tifani Oktha Riana. Sedangkan untuk kategori Puta putri Intelegensia dimrnangkan oleh Amsal Simanjuntak dan Nicky Deovani Saragih, serta Putra Putri Berbakat diraih Adhika Adriansya dan Pearl Princila Manurung.(Ald & Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si Fakultas_Hukum_UBB REKTOR_UBB