Pimpin Upacara, Rektor UBB Bacakan Ikrar Kesaktian Pancasila

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 01 Oktober 2018 12:03 WIB | Diupdate pada 01 Oktober 2018 12:03 WIB


MERAWANG, UBB - Civitas Universitas Bangka Belitung (UBB) mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung khidmat tadi pagi, bertempat di Lapangan parkir Fakulta Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB), Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk, Senin (1/10/2018).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, namun ada yang berbeda di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini, dimana Bendera Merah Putih sudah terpasang dan berkibar, serta tidak adanya amanah Inspektur Upacara dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Tepat pukul 07.00 wib Upacara dilaksanakan, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Rektor UBB Dr. Ir. Muh. Yusuf, M.Si. Tampak hadir para Wakil Rektor, para Dekan, kepala biro, kepala lembaga, dan seluruh tenaga Pendidik dan Kependidikan (Diktendik), serta mahasiswa dilingkungan UBB, yang sedari pagi telah membentuk barisan dengan tertib. Sebelum upacara bendera dimulai seluruh peserta Diktendik UBB diwajibkan mengisi daftar hadir.

Khidmatnya Upacara ini menjadi hal yang positif bagi kalangan seluruh civitas UBB. Hal ini ditandai dengan ikrar sumpah setia pada Pancasila yang dibacakan langsung oleh Muh Yusuf selaku Irup upacara dan diikuti secara bersama-sama oleh peserta upacara.

Berikut isi ikrar yang dibacakan di depan peserta upacara:

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila adalah milik bangsa Indonesia dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus secara terus menerus dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menghadapi berbagai bentuk gangguan terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si REKTOR_UBB