Dosen UBB Bergelar Doktor Bertambah di Jurusan Biologi

Penulis: Editor | Ditulis pada 04 Oktober 2018 19:57 WIB | Diupdate pada 04 Oktober 2018 19:57 WIB


Gelar Doktor - Dosen tetap jurusan biologi FPPB UBB, Dr. Rahmad Lingga, S.Si., M.Si., saat mempertahankan disertasinya pada sidang promosi doktor di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu (3/10/2018) kemarin.

MERAWANG, UBB - Universitas Bangka Belitung (UBB) terus menunjukkan kualitas dosennya, menyusul terus bertambahnya tenaga pendidik yang bergelar doktor. Kali ini Jurusan Biologi Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB), Dr. Rahmad Lingga, S.Si., M.Si., memperoleh gelar doktor di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), hari Rabu 3 Oktober 2018.

Dr. Rahmad Lingga, S.Si., M.Si., merupakan dosen tetap jurusan biologi FPPB UBB, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul, “Pengendalian Escherichia coli Patogen dari Limbah Cair Rumah Sakit Menggunakan Bakteriofag pada sidang promosi doktor di Sekolah Pascasarjana IPB.

Kehadiran Dr. Rahmad Lingga, S.Si., M.Si., di Kampus Terpadu UBB, akan memperkuat pengembangan tri dharma khususnya di Bidang Mikrobiologi Jurusan Biologi bersama dengan tenaga pendidik yang lain, Henny Helmi, M.Si., yang saat ini sedang tugas belajar S3 di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dua bidang peminatan lain adalah Bidang Botani yang diketuai oleh Henri, M.Si., dan Bidang Zoologi yang diketuai oleh Budi Afriyansyah, M.Si.

Saat dikonfirmasi, Ketua Jurusan Biologi, Dr. Eddy Nurtjahya, M.Sc., menyampaikan bahwa peningkatan kualitas tri dharma sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan hasil karyanya dalam pencapaian visi Jurusan Biologi yang baru di tahun 2035.

“Penambahan sumber daya ini dipercaya dapat menopang persiapan re-akreditasi Program Studi Biologi di tahun 2019, meraih akreditasi A,”ungkap Eddy Nurtjahya.

Jurusan Biologi FPPB UBB terus meningkatkan perannya di pemulihan dan pemanfaatan lahan kritis terutama lahan bekas tambang timah, dan berpartisipasi dalam menggali alternatif pemanfaatan flora dan fauna, termasuk mikroba yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. 

Civitas Akademika UBB mengucapkan selamat dan penghargaan atas diraihnya gelar doktor oleh Dr. Rahmad Lingga, S.Si., M.Si.,  salah satu dosen tetap Jurusan Biologi FPPB. Dengan bertambahnya deretan dokter yang dimiliki UBB, akan memacu dosen dan akademisi yang lain untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam peningkatan sumber daya manusia dan mutu pendidikan.

Hal ini sejalan dengan visi UBB, sebagai universitas riset yang diakui di tingkat internasional yang menghasilkan sumber daya dan karya-karya unggul di bidang pembangunan yang berkelanjutan berdasarkan keunggulan moral, mental dan intelektual untuk membangun peradaban bangsa pada tahun 2035. (Ed.Ags/Humas)


Topik

FPPB_UBB Biologi_UBB
. ayar