Kirab Pemuda 2018 Sambangi Universitas Bangka Belitung

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 04 Oktober 2018 19:54 WIB | Diupdate pada 04 Oktober 2018 19:54 WIB


Foto Bersama – 50 peserta Kirab Pemuda 2018 foto bersama dengan narasumber dan mahasiswa UBB seusai kegiatan seminar internasional dan festival karya literasi pemuda ruang rapat rektorat Kampus Terpadu UBB, kamis (04/10/2018) siang.

Balunijuk (UBB) – Rombongan Kirab Pemuda 2018 sambangi Universitas Bangka Belitung. Rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) di ruang rapat rektorat Kampus Terpadu UBB, kamis (04/10/2018) pagi.

Kirab Pemuda 2018 beranggotakan 50 orang pemuda-pemudi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi titik singgah yang ke delapan dari zona satu. Kampus UBB mendapat kesempatan menjadi salah satu tempat yang menerima kunjungan peserta kirab.

Kegiatan Kirab Pemuda 2018 di UBB dikemas dalam kegiatan seminar internasional dan festival karya literasi pemuda. Mengundang dua orang narasumber, Ghiri Basuki Putra, ST., MT, Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi yang melakukan Orasi Ilmiah tentang Informasi Teknologi UBB serta Andri Fernanda, S.Pd., M.A dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Festival Karya Literasi Pemuda.

Kirab Pemuda 2018 adalah pawai (perjalanan napak tilas) kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI, yang dilaksanakan oleh WNI berusia 16-30 tahun (Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan), dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terlupakan (unforgettable/memorable).

Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UBB Dr. Ir Muh. Yusuf M.Si, dihadiri oleh Sekretaris Deputi bidang Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. Samsudin. M.Pd, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Ismed Inonu M.Si, Wakil Rektor III Bidang Perencanaan, Teknologi Informasi dan Kerjasama Drs. Sucipto M.T, Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung serta para Dekan dan mahasiswa di lingkungan UBB.

“Kami (Kemenpora) ingin menjadikan pemuda dari seluruh Indonesia ini Pionir-Pionir masa depan, memiliki literasi yang baik, kemampuan membaca, menulis, mengemukakan pendapat, memberikan solusi baik bagi diri sendiri maupun masyarakat, bangsa dan negara yang betul-betul teruji,” ujar Dr. Samsudin. M.Pd dalam sambutannya.

“Program ini adalah program yang sengaja untuk memberikan efek menyeluruh bagi provinsi yang didatangi, mereka (peserta kirab) akan hadir untuk berdiskusi, memberikan interaksi kepada pemuda yang ada didaerah tujuan ataupun masyarakat sekitar,” lanjut Samsudin.

“Dalam seminar ini kami berharap bisa menggali lebih dalam lagi, beberapa pemikiran-pemikiran akademis tentang bagaimana cara menuangkan karya literasi yang baik,” harap Dr. Samsudin. M.Pd.

Secara langsung Rektor UBB mengucapkan selamat datang di kampus terpadu UBB, “kami sangat senang dan bangga dengan kedatangan Kirab Pemuda 2018 ini ke Universitas Bangka Belitung,” Sambut Muh Yusuf.

Rektor menjelaskan secara seksama bagaimana aktivitas pendidikan di UBB serta apa saja yang menjadi keunggulan, “UBB memiliki lahan kurang lebih 148 Hektar yang sebagian besar merupakan kawasan hijau, hanya sekitar 20% lahan yang digunakan untuk Infrastruktur. UBB merupakan kampus yang bercirikan kawasan hijau,” jelas Muh Yusuf.

Rektor berharap agar para peserta Kirab Pemuda 2018 bisa mengabarkan kepada saudara, teman serta keluarga tentang UBB ketika sudah kembali kekampung halaman masing-masing.(Ars/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB REKTOR_UBB