Wisuda UBB XVII, Muh Yusuf Minta Alumni UBB Dapat Membangun Opini Publik

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 11 Oktober 2018 19:34 WIB | Diupdate pada 11 Oktober 2018 22:04 WIB


Wisuda UBB XVII  - Sebanyak 13 wisudawan UBB dengan predikat lulusan terbaik dari masing-masing Prodi menerima penghargaan berupa plakat yang diserahkan langsung oleh Rektor UBB, Muh Yusuf, satu di antara wisudawan yang berhasil lulus dengan IPK tertinggi yakni atas nama Tessa Lonika Limbong, Mahasiswi Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi dengan IPK 3,94 diacara prosesi Wisuda UBB Angkatan XVII, di Convention Hall Novotel Bangka Hotel & Convention Centre, Kamis (11/10) pagi.

PANGKALPINANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) mewisudakan sebanyak 508 mahasiswa dari 13 Program Studi (Prodi), diacara Rapat Terbuka Senat Dalam Prosesi Wisuda UBB Angkatan XVII, bertempat di Novotel Bangka Hotel, Pangkalpinang, Kamis (11/10).

Wisuda Angkatan ke-17 UBB Program S1 ini terdiri dari 5 Fakultas di antaranya Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB), Fakultas Hukum (FH) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dari 20 program studi yang ada.

Tujuh program studi lainnya belum meluluskan mahasiswa karena masih baru, seperti fisika, kimia, sastra inggiris, ilmu ekonomi, ilmu politik, ilmu kelautan dan matematika, untuk jurusan matematika sendiri baru mengantongi izin dipertengahan tahun 2018 lalu, dan di tahun 2019 baru akan melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Pada wisuda ke-17 kali ini, tercatat sejak didirikan pada tahun 2006 hingga kini, UBB telah memiliki total alumni sebanyak 4.333 sarjana. Acara wisuda dilaksanakan pukul 08.00 WIB dan dibuka secara langsung oleh Ketua Senat UBB, Eva Prasetyono (Dosen FPPB), disaksikan langsung oleh anggota Senat beserta jajaran pejabat tinggi UBB lainnya, termasuk juga kehadiran para orang tua atau wali wisudawan.

Rektor UBB Muh Yusuf dalam sambutanya merasa bangga dan haru menginggat momen yang sangat berharga dan bersejarah bagi wisudawan dan orang tua, dan dirinya juga mengaku bagaimana bangga mengingat saat pertama kali diwisuda dulunya. Saat ini diusia UBB yang relatif masih muda, alumninya kini telah tersebar dalam pengabdian di dunia kerja maupun sektor pembangunan lainnya.

“Saya pada wisuda ke-17 ini, terus terang merasa bangga dan haru, karena diusia UBB yang relatif masih muda, tepatnya usia yang ke-12, saat ini telah melahirkan atau meluluskan sebanyak 4.333,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar alumni memiliki kompetensi yang mumpuni yang dapat memainkan fungsi penting dalam membangun opini publik untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Dengan dukungan semua pihak termasuk alumni UBB dapat terus bersinergi demi mendukung UBB yang lebih unggul membangun peradaban.

“Jika alumni dari suatu insitusi pendidikan tinggi memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan dapat menunjukkan prestasi dan kontribusi mereka secara riil di masyarakat, maka dapat berimplikasi pada kualitas dan kuantitas calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar akan meningkat,” ujar Yusuf.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Ismed Inonu, bahwa dalam Rapat Terbuka Senat kali ini, dari jumlah 508 orang mahasiswa yang diwisuda pada angkatan XVII, 172 diantaranya adalah wisudawan yang lulus dengan predikat pujian yang IPK di atas 3,50. Wisudawan dengan pridikat lulusan terbaik dari masing-masing Prodi sebanyak 13 orang, wisudawan berprestasi dibidang akademik sebanyak 21 orang, serta wisudawan aktif di organisasi sebanyak 11 orang, dan bagi mahasiswa yang berprestasi tersebut diberikan plakat dan piagam penghargaan dari pihak UBB.

Wisudawan yang mendapat pujian dan gemuruh tepuk tangan semua yang hadir, adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi atas nama Tessa Lonika Limbong, kelahiran Pangkalpinang, 21 Nopember 1996, anak dari Bapak Juara Pahala Singkam Pasaribu (Alm), dengan Ibu Rosmanita Sitanggang, karna berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang mendekati sempurna yakni 3,94 dengan predikat Pujian.

Usai menjalani prosesi wisuda, para wisudawan disambut oleh keluarga dan kerabat-kerabatnya dengan suka cita di luar gedung. Penyambutan para wisudawan dilakukan dengan berbagai cara, dari bernyanyi, spanduk ucapan selamat, hingga membawa karangan bunga dan boneka sebagai hadiah. (Ags/Humas)


Topik

Wakil_Rektor_I_UBB REKTOR_UBB WISUDA_UBB