Nelly Pengelola Keuangan Fakultas Teknik UBB Finalis Tingkat Nasional

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 18 Oktober 2018 22:35 WIB | Diupdate pada 18 Oktober 2018 22:36 WIB


TEMPAT KERJA-- Nelly Gusnita ditemui di ruang  kerjanya di AKK Fakultas Teknik UBB,  Kamis (18/10/2018) siang.

BANGKA, UBB --  Kasubbag Umum dan Keuangan  Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung (UBB) Nelly Gusnita (38 tahun),  terpilih sebagai finalis pada Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) berprestasi tingkat nasional kategori Pengelola Keuangan, yang digelar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Karyanya yang berjudul “Pengendalian Rencana Kerja dan Anggaran Fakultas Teknik UBB Menggunakan Microsoft Access”, yang sudah diterapkan di UBB tahun 2018, terpilih menjadi salah satu dari 10 makalah yang  lolos sebagai finalis  oleh dewan juri,  untuk  ikutserta dilombakan di tingkat nasional.

Ditemui di ruang  kerjanya di gedung Dekanat Fakultas Teknik UBB,  Kamis  (18/10/2018) siang, alumni SMKN 1 Sungailiat Jurusan Akuntasi Administrasi Perkantoran dan ‘jebolan’ D-3 Akutansi STIE Jakarta ini, mengungkapkan  rasa senang dirinya  terpilih sebagai finalis.

“Terus terang,  saya sangat senang sekali  bisa mengemban tanggungjawab dan  ikut membawa nama baik UBB di  tingkat nasional.   Ini semua lebih  memacu kami  untuk  lebih baik lagi dalam melaksanakan  tugas sehari-hari,” ujar Nelly, ibu satu  anak  dari  perkawinannya dengan Alfie, seorang wirausahawan.

Nelly yang telah sembilan tahun mengabdi di UBB  menjelaskan pengalaman dirinya menggunakan microsoft access dalam   pengelolaan keuangan di Fakultas Teknik UBB.  Ternyata, baik dalam hal pengajuan dana maupun  pelaporan keuangan,   dapat  terealisasi dengan  efektif dan efesien.

Sebelumnya ketika dulu  masih  menggunakan  microsoft excel, Nelly merasakan kurang efektif dan kurang terkontrol.   Namun  dari pengalaman inilah  membawa dirinya melakukan inovasi dengan menggabungkan microsoft excel dan microsoft acces.

Awal percobaan Nelly  membuat dua contoh untuk hasilnya  dibandingan satu sama lainnya. Hasilnya,  menggunakan  microsoft access sangat mudah dan cepat dalam penggabungan berkas dan penyampaian berkas.

“Walaupun aplikasinya  sederhana,  namun  bisa membuat pelaporan dan pengontrolan pengajuan dana lebih mudah,” ujar anak kedua dari lima bersaudara ini.

Nelly Gustina akan mempresentasikan karya inovasi unggulannya pada babak final yang  akan digelar  tanggal 27-30 Oktober di Hotel Harris Jakarta Pusat.

Berdasarkan hasil pengumuman di website resmi Sumber Daya Ristek Dikti, Nelly merupakan perwakilan UBB  yang tahun ini masuk sebagai finalis Diktendik,  dari tujuh  kategori yang diperlombakan.

Tujuh  kategori tersebut adalah   ‘academik leader’, dosen berprestasi bidang sains dan teknologi, dosen berprestasi bidang sosial humaniora, pranata laboratorium pendidikan berprestasi, pustakawan berprestasi, pengolahan keuangan berprestasi, tenaga administrasi akademik berprestasi dan arsiparis berprestasi.

Terpilihnya Nelly Gusnita sebagai finalis di tingkat nasional,   melalui sejumlah proses.   Bermula  dari UBB melakukan seleksi tahap awal tingkat universitas. UBB hanya mengirimkan satu orang untuk setiap kategori.

“Mohon dukungan  dan doa  dari seluruh civitas akademika UBB. Semoga saya  dapat memperoleh hasil yang terbaik dan dapat  mengharumkan nama UBB di tingkat nasional,” ujar  Nelly.

Sejauh ini wakil dari UBB sudah  dua kali menjadi finalis Diktendik berprestasi tingkat nasional.  Pada 2014,  Ardiansyah  (saat menjabat kasubag di  fakultas  teknik)  berhasil meraih  urutan ke 14  besar  Diktendik berprestasi dalam bidang administrasi akademik.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti  setiap tahun menggelar  pemilhan pendidik dan tenaga kependidikan (diktendik) berprestasi tingkat nasional.

Sesuai hasil seleksi tahap pertama,  tim juri dari  Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti menetapkan  61 finalis dari tujuh kategori.

Ditanya tentang kiat dirinya bekerja di UBB, Nelly mengemukakan dirinya selaku karyawan UBB senantiasa bekerja keras, dan suka bekerja di dalam tim.

“Bagi saya, komunikasi antarkaryawana dan antarlembaga itu sangat penting bagi; baik dari dan ke universitas maupun fakultas serta jurusan!,” ujar Nelly ketika ditemui sedang membuat laporan keuangan fakultas teknik UBB.   

Dengan kesehariannya bekerja di UBB,  Nelly setiap hari  menumpang  bus operasional UBB rute  Sungailiat- Balunijuk, Kampus Terpadu UBB (Ari Riski, Eddy Jajang JA)


Topik

Fakultas_Teknik_UBB Kampus_Terpadu_UBB