Penuhi 64 Formasi CPNS UBB, Kemenristekdikti Gelar Seleksi Kompetensi Dasar dan Bidang

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 21 Desember 2018 15:51 WIB | Diupdate pada 21 Desember 2018 15:51 WIB


SERIUS -- Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi dosen dan tendik  UBB tampak serius ketika  menjawab  tes tertulis di Ruang Rapat Rektorat UBB, Balunijuk, Merawang.

MERAWANG, UBB --   Sebanyak  65  peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi dosen dan tenaga kependidikan (tendik)  Universitas Bangka Belitung (UBB),  selama tiga hari (13-15 Desember)  mengikuti seleksi kompetensi bidang  (SKB) di Ruang Rapat Rektorat UBB, Balunijuk, Merawang.

Selain di Rektorat UBB,  SKB ini juga digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional VII  Palembang Jalan Gub H Bastari 8 Ulu Seberang Ulu 1 Kota Palembang. Di tempat ini diikut 39 CPNS untuk tendik, antara lain 18 orang untuk formasi   UBB,  delapan formasi   Polman, Kopertis Wilayah II dan Politeknik Sriwijaya (Polsri).   

Hari pertama SKB, Kamis (13/12/2018) di Rektrorat UBB,   seluruh peserta  mengikuti tes tertulis keahlian bidang.  Hari kedua, Jumat (14/122/2018), khusus bagi calon dosen CPNS mengikuti tes microteaching (mengajar). Sementara untuk tenaga kependidikan dengan formasi  pengelola administrasi akademik, hari itu  mengikuti tes  wawancara.

“Hari ketiga seleksi, Sabtu (15/12/2018),  yang hanya diikuti 63  calon dosen CPNS, semuanya mengikuti tes wawancara.  Lokasinya masih tetap  di ruang pertemuan rektorat;  berlangsung sejak pagi hingga petang,” ujar  Solihin, Panitia Pelaksana Penerimaan CPNS (dosen dan tendik) UBB Tahun 2018, Jumat (21/12/2018) siang.

SKB bagi calon dosen dan kependidikan CPNS ini berlangsung tertib dan lancar.   Akan tetapi panitia   mencatat  ada tiga calon dosen,  dan  satu orang calon tendik yang  tidak hadir, atau tidak mengikuti  tes yang digelar Kemenristekdikti itu.

“Sesuai aturan yang berlaku,  mereka yang tidak hadir atau tidak mengikuti salah satu dari rangkaian tes yang UBB laksanakan, otomatis mereka dinyatakan gugur, atau tidak lulus tes,” ujar Solihin menjelaskan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan tes CPNS.

Dikemukakannya, 65  peserta seleksi calon PNS untuk formasi dosen dan tendik UBB yang mengikuti  SKB, adalah mereka yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang sebelumnya digelar di Hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Bangka Tengah. 

Lulus- tidaknya mereka diterima  sebagai PNS, ditentukan dari hasil SKD dan SKB.   Diperoleh informasi  bahwa hasil SKB akan diumumkan pada bulan Januari 2019.   Pihak yang mengumumkan SKB secara nasional adalah Kemenristedikti.

“Hasil SKB itu dapat dilihat pada website Kemenristekdikti, dan website Universitas Bangka Belitung.   Bagi yang lulus, mereka harus mengikuti pemberkasan administrasi yang dilaksanakan   Rektorat UBB,”  ujar Solihin.

64 Formasi CPNS UBB

Pada tahun  2018,   UBB membuka 64 formasi CPNS.  Sebanyak 55 formasi dosen dan sembilan tendik.  Lima fakultas di lingkungan  UBB   menerima dosen CPNS.  Sementara formasi tendik ada di UPT TIK, Biro AKK, Fakultas Ekonomi, dan Biro PKKU.

Menurut Solihin 64 formasi CPNS UBB tersebut merupakan usulan dari fakultas dan unit kerja yang ada di lingkup UBB.   Hal ini berarti kebutuhan tenaga dosen dan tendik pada tahun 2018 dipenuhi melalui seleksi berjenjang, untuk memperoleh sumberdaya manusia yang andal, sesuai kebutuhan unit kerja masing-masing (Eddy Jajang J Atmaja, UBB Press).     


Topik

CPNS_2108