UBB Sospro Skema Baru SN-SBMPTN 2019 Ke Sejumlah Sekolah di Babel

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 16 Januari 2019 16:15 WIB | Diupdate pada 16 Januari 2019 16:15 WIB


Tim Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan sosialisasi dan promosi terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019, bertempat diruang aula SMAN 1 Tanjungpandan Belitung, Senin 14/1 pagi.

MERAWANG, UBB – Tim Sosialiasi dan Promosi (Sospro) Universitas Bangka Belitung (UBB) akan mendatangi ke sejumlah sekolah di wilayah Bangka Belitung, terkait skema terbaru sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019.

Hal ini bertujuan agar siswa/i kelas XII mengetahui aturan terbaru tersebut, serta mengingatkan pihak sekolah agar segera melakukan pengisian PDSS yang akan ditutup pada tanggal 25 Januari 2019 mendatang.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTN Tahun 2019 diselenggarakan oleh lembaga baru yang dibentuk pemerintah yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hal ini diterangkan oleh Dr. Ir. Ismed Inonu, MSi., beserta tim saat roadshow perdana ke sekolah-sekolah diawali dari wilayah Belitung mulai Tanggal 14 s.d 16 Januari 2019.

Dikesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan kerjasa antara Wakil Rektor III UBB, Dr. Sucipto, MT., dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjungpandan, Drs. Haryanto, tentang penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki pihak sekolah sebagai layanan center test Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada pelaksanaan SBMPTN 2019 mendatang. Sehingga siswa/i khususnya diwilayah Belitung dan Belitung Timur tidak mesti harus keluar pulau untuk mengikuti seleksi jalur SBMPTN nantinya.

“Sosialisasi tahun ini ada beberapa perubahan, PMB melalui jalur SNMPTN tidak banyak berubah, hanya pada ketentuan Akreditasi sekolah dan pilihan prodi. Setiap siswa hanya diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN, serta bagi sekolah Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya, Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya, dan Akreditasi C dan lainnya : 5% terbaik di sekolahnya. Kami juga menekankan bagi pihak sekolah untuk segera mengisi serta menverifikasi PDSS sesuai waktu yang ditentukan, agar tidak merugikan siswanya, karna bagi siswa/i yang ingin melanjutkan ke PTN dan pihak sekolah belum mengisi serta verifikasi PDSS lewat dari waktu yg ditentukan, dipastikan siswanya tidak bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” ujar ismed

Lebih lanjut Ismed menyampaikan untuk pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada tanggal 4- 14 Februari 2019 dan pengumuman hasil SNMPTN pada Tanggal 23 Maret 2019. Pada pelaksanaan SBMPTN hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan untuk kerangka waktu pendaftaran UTBK 12 Januari – 27 Maret 2019, dan pelaksanaan UTBK 30 Maret – 26 Mei 2019, pengumuman hasil UTBK ± 10 hari setelah UTBK.

Selanjutnya pendaftaran SBMPTN akan dibuka pada tanggal 10 - 24 Juni  2019, dan siswa/i sudah harus mendaftarkan diri ke PTN yang dituju, lalu setelah di seleksi tanggal 9 Juli 2019 itu sudah ada pengumuman hasilnya.

Bagi siswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2019 akan tertolak untuk mendaftar SBMPTN 2019 karena sistem sudah terintegrasi, sehingga siswa/i harus benar-benar selektif saat memilih prodi yang diminatinya saat mendaftar di SNMPTN.

Selain mengupas SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri, di paparkan cara mendaftar dan kriteria penerima beasiswa Bidikmisi. Tentu saja kesempatan ini juga dipergunakan oleh  tim sosialisasi untuk mempromosikan tentang UBB, yang kini telah memiliki  20 program studi serta berbagai fasilitas kuliah di UBB.

Pada sesi tanya jawab, siswa dan pihak sekolah betul-betul memanfaatkan waktu serta kesempatan bertanya seputar tata cara pengisian PDSS, serta prosedur pendaftaran Bidikmisi hingga penjelasan terkait jurusan dan daya tampung yang ada di UBB.

Bagi siswa dan masyarakat Informasi lengkap tentang SNMPTN, SBMPTN dan Beasiswa Bidikmisi bisa disimak di laman http://web.snmptn.ac.id, http://www.sbmptn.ac, http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, serta siswa pun dianjurkan untuk selalu melihat laman web PTN yang mereka minati.

Terkait Permasalah teknik yang dihadapi operator PDSS, setiap Humas di PTN menganjurkan operator untuk terlebih dahulu membaca pedoman yang ada di materi tentang pengisian PDSS. Penjelasan lengkap dapat dilihat di http://pdss.snmptn.ac.id kemudian klik menu Manual PDSS atau langsung ke laman http://snmptn.ac.id/manual.

Pengisian di laman PDSS, jika ada pertanyaan teknis, silakan pihak sekolah menanyakannya di menu bantuan yang tertera di Menu Bantuan PDSS, mohon jawabannya dicek di menu tersebut, atau pihak sekolah langsung menyampaikan permasalahan melalui Halo LTMPT ke laman http://halo.ltmp.ac.id dan klik menu Cek Tiket Anda, atau hubungi layanan Call Center LTMPT di nomor 0804-1-450-450, sehingga phak LTMPT bisa melihat permasalahan sesungguhnya. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN_2019 SBMPTN_2019 UTBK
. ayar