184 Mahasiswa, Ikuti Seleksi ON MIPA 2019

Penulis: Editor | Ditulis pada 20 Februari 2019 15:53 WIB | Diupdate pada 20 Februari 2019 15:54 WIB


Pembukaan ONMIPA 2019 – Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf M.Si didampingi Ketua Pelaksana ONMIPA Tingkat Perguruan Tinggi 2019 Wahyu Adi, S.Pi, M.Si bersama empat narasumber ONMIPA dan perwakilan undangan Fakultas di lingkungan UBB, memukul gong untuk menandai pembukaan ONMIPA PT 2019 di Kampus terpadu UBB, Rabu (20/02/2019) pagi.

MERAWANG (UBB) – Sebanyak 184 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) mengikuti seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tahun 2019 tingkat Perguruan tinggi di Kampus Terpadu UBB Gedung Darma Penelitian Fakultas Teknik, Rabu (20/02/2019) pagi.

Seleksi ONMIPA 2019 tingkat Perguruan Tinggi secara resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh Rektor UBB Dr.Ir. Muh Yusuf, M.Si didampingi Ketua Pelaksana Wahyu Adi, S.Pi, M.Si. dan para narasumber tiap bidang dihadapan peserta ONMIPA 2019 di ruang rapat gedung rektorat kampus terpadu UBB sebelum seleksi dimulai.

Setelah pembukaan, seleksi langsung dimulai pukul 09.00 WIB. Setiap peserta masing-masing bidang diberikan waktu 120 menit untuk mengerjakan soal yang diberikan.

Wahyu Adi mengatakan kegiatan ONMIPA ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Dibandingkan tahun 2018, tahun ini terdapat peningkatan jumlah peserta sebanyak 10 orang menjadi 184 peserta.

“Kegiatan ini merupakan salah satu penyumbang prestasi mahasiswa, yang bisa membantu peningkatan akreditasi universitas,” ujar Wahyu Adi.

Wahyu Adi berharap nantinya dari seleksi ini diperoleh perwakilan terbaik UBB yang dapat bersaing di tingkat regional agar bisa sampai bersaing hingga tingkat nasional.

“Mahasiswa mengikuti seleksi yang terbagi dalam empat bidang ON-MIPA, yaitu biologi, fisika, kimia, serta matematika. Bidang biologi diikuti 87 orang, fisika 23 orang, matematika 51 orang, dan kimia 23 orang. Melalui seleksi ini nantinya akan dipilih 3 mahasiswa terbaik dari masing-masing bidang untuk mengikuti seleksi di tingkat regional pada Maret mendatang”. lanjut Wahyu Adi.

Pemenang dari tiap bidang akan mendapatkan pelatihan atau pendampingan dari masing-masing narasumber sebelum mengikuti seleksi tingkat regional yang diselenggarakan maret 2019 mendatang di Lampung.

SERIUS MENGERJAKAN – Sebanyak 184 mahasiswa UBB, tampak serius menyelesaikan soal seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tahun 2019 tingkat Universitas Bangka Belitung (UBB) di Gedung Darma Penelitian Fakultas Teknik UBB, Rabu (20/02/2018) pagi.

Seleksi ONMIPA PT 2019 dibagi kedalam tujuh ruang dengan rincian bidang fisika satu ruang, bidang kimia satu ruang, bidang matematika dua ruang dan bidang biologi dibagi menjadi tiga ruang. Peserta diberi waktu mengerjakan soal selama 120 menit, dimulai pukul sembilan pagi sampai pukul sebelas siang.

Mahasiswa yang mengikuti ON MIPA 2019 dari tiap masing-masing fakultas secara rinci yaitu: 112 mahasiswa perwakilan dari FPPB (Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi), 67 mahasiswa FT (Fakultas Teknik), 3 Mahasiswa FH (Fakultas Hukum) dan 2 mahasiswa FISIP (Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Narasumber kegiatan ON MIPA 2019 terdiri dari Yuant Tiandho, S.Si., M.Si bidang fisika, Nurhadini, S.Si., M.Si bidang kimia, Henri, S.Si., M.Si bidang biologi dan Ririn Amelia, S.Si., M.Si bidang matematika.

“Dengan kegiatan seleksi ONMIPA tingkat Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat melahirkan juara yang mampu bersaing ditingkat regional bahkan hingga melaju ke tingkat nasional,” harap Muh Yusuf.

“Keberhasilan mahasiswa ditingkat regional hingga nasional, tidak lepas dari bimbingan para dosen pendamping, karena semangat mahasiswa yang luar biasa tidak akan cukup, jika tidak didampingi, diarahkan dan diberi pembekalan yang cukup, tentu akan sangat sulit bagi mahasiswa untuk mencapai target. Maka dari itu saya mengharapkan para pembimbing agar memberikan pembimbingan dan pelatihan secara intensif,”ujar Muh Yusuf.

Rektor berpesan kepada peserta untuk mengerjakan soal-soal seleksi ONMIPA tingkat Perguruan tinggi dengan baik dan bersungguh-sungguh, karena juara masing-masing bidang nanti akan mewakili Provinsi Bangka Belitung, khususnya Universitas Bangka Belitung untuk seleksi tingkat regional di Lampung nanti.

Seusai ujian seleksi, narasumber tiap bidang langsung menilai lembar jawaban yang telah diserahkan oleh pengawas ruangan ujian di ruang sekretariat. Pengumuman hasil seleksi ONMIPA tingkat Perguruan Tinggi UBB, dijadwalkan sehari setelah pelaksanaan seleksi yaitu hari Kamis tanggal 21/02/2019.(Humas/Ars)


Topik

Mahasiswa
. ayar