Asesmen Lapangan BAN-PT Program Studi Ilmu Kelautan UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 20 Februari 2019 15:48 WIB | Diupdate pada 22 Februari 2019 08:41 WIB


BERFOTO BERSAMA—Tim Asesor BAN PT Prof Dr Ir Indra Jaya M Sc (Nomor 2 dari kanan depan, berbaju batik berwarna merah) dan Prof Dr Ir Niette Vuca Huliselan M Sc (Nomor 2 dari kiri depan, berbaju batik berwarna hitam dan putih) berfoto bersama dengan Dekan FPPB, Wakil Dekan FPPB, Kajur prodi  IKL FPPB dan Dosen prodi IKL FPPB.

MERAWANG,UBB-- Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung menerima kedatangan tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN PT) untuk melakukan asesmen di gedung FPPB, Senin (18/02/2019)Pagi.

Asesmen Lapangan ini merupakan rangkaian dari proses akreditasi setelah program studi mengajukan dokumen (perangkat instrument akreditasi) diajukan dan dilakukan asesmen kecukupan atau yang dikenal dengan desk evaluation.

Dalam kegiatan Asesmen Lapangan ini, dimana asesor sebagai pakar yang memahami pengelolaan perguruan tinggi ditunjuk untuk melakukan kunjungan, melakukan klarifikasi dan validasi data, serta menggali informasi secara langsung.

Tim asesor BAN PT yang diketuai oleh Prof Dr Ir Indra Jaya M Sc dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan anggota Prof Dr Ir Niette Vuca Huliselan M Sc dari Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Pattimura (UNPATTI).

Kegiatan asesmen lapangan dihadiri antara lain Wakil Rektor I Dr Nizwan Zukhri SE MM, Dekan FPPB Dr Tri Lestari SP MS, Wakil Dekan (Wadek) I FPPB Wahyu Adi SPi MSi, Wadek II Dr Eva Helda MSi, Ketua Jurusan Prodi Ilmu Kelautan (IKL) Suci Puspita Sari Ssi MSi, LP3M, UPT Perpustakaan, UPT TIK, dan Dosen Prodi IKL.

Pembukaan asesmen, dalam sambutan Wakil Rektor I Nizwan Zukhri mengatakan “selamat datang untuk tim asesor BAN PT , dengan harapan visitasi yang akan dilakukan berjalan dengan lancar dan asesmen benar membuktikan data sebenarnya”.

Pada asesmen lapangan ini beberapa elemen penting yang dilakukan pemeriksaaan antara lain adalah Borang Akreditasi Prodi Sarjana (Borang 3A) dan Borang Akreditasi Fakultas (Borang 3B) beserta kelengkapan dokumen lainnya yang merupakan bagian dari lampiran borang akreditasi.

Pada Sesi lain  juga dilakukan wawancara dan diskusi khusus pada Mahasiswa setiap angkatan program studi IKL beserta Stakeholders.

Selain itu Asesor juga berkesempatan melakukan visitasi pada beberapa tempat yang juga merupakan bagian dari borang diantaranya kunjungan ke ruangan Staf, ruang Dosen , ruang laboratorium, dan Ruang Kelas.

Penutupan asesmen lapangan, Tim asesor BAN PT memberikan dua berita acara hasil verifikasi kepada pihak fakultas dan program studi Ilmu Kelautan.

 “Alhamdulillah asesmen lapangan asessor BAN PT untuk Jurusan Ilmu kelautan hari ini berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu yang tela membantu dan mensupport baik langsung maupun tidak langsung. Semoga Allah SWT memberikan nilai yang terbaik untuk akreditas Ilmu Kelautan dan membawa berkah bagi kita semua amiiin” Ujar Dekan FPPB Tri Lestari.

Berdasarkan hasil asesmen lapangan, penilaian untuk setiap butir, dasar penilaian, tim asesor memberikan rekomendasi pembinaan program studi IKL untuk kedepan lebih baik lagi.

Rekomendasi yang melingkupi visi, misi, tujuan, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolahan, penjaminan mutu, mahasiswa, lulusan, sumber daya alam, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana dan prasarana, sistem informasi, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Program studi Ilmu Kelautan menyampaikan terima kasih secara khusus kepada para dosen prodi yang telah berjuang dengan penuh semangat, tanpa pamrih dan tak mengenal lelah, meluangkan banyak waktu dan pemikiran selama proses akreditasi berlangsung guna menyiapkan dokumen borang akreditasi ini.

Begitupun kepada Dekan, Wakil Dekan, Dosen,dan  staf Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Mahasiswa, dan juga semua Pihak yang tak sempat disebutkan satu persatu yang telah banyak membantu sejak persiapan hingga pelaksanaan akreditasi ini kami ucapkan banyak Terima Kasih.(ari/humas UBB)


Topik

FPPB_UBB