UBB dan PT Timah Tbk Jalin Kerja Sama Dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Penulis: Editor | Ditulis pada 05 Maret 2019 00:32 WIB | Diupdate pada 05 Maret 2019 00:32 WIB


Wakil Rektor III UBB, Sucipto (seragam abu-abu), bersama Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk, Muhammad Rizki beserta jajarannya, foto bersama dengan Pimpinan perwakilan dari 12 PTN/PTS, dan mahasiswa yang tergabung dalam program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) Tahun 2019.

MERAWANG, UBB – PT Timah Tbk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), membuka pelaksanakan program magang bersertifikat yang diikuti sebanyak 24 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia, yang telah bergabung di Forum Human Capital Indonesia (FHCI), bertempat di Ruang Sidang, Kantor Pusat PT Timah Tbk Pangkalpinang, Senin (04/03/2019) pagi.

Sebelumnya sejumlah perguruan tinggi yang tergabung di FHCI telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kementerian BUMN beberapa waktu lalu di Jakarta.

Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Politeknik Manufaktur Negeri Babel sendiri baru bergabung dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), bekerja sama dengan PT Timah Tbk. Kedepannya akan bersinergi  dengan BUMN lain yang tergabung dalam FHCI selaku penyelenggara PMMB, yang merupakan wadah bagi para pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN.

Perwakilan PT Timah Tbk, Rahmad Taufik, Kadiv P2SDM melaporkan PMMB Tahun 2019 gelombang 1 ini diikuti sebanyak 24 mahasiswa dari 12 PTN/PTS yang akan ditempatkan di 12 divisi yang ada di PT Timah sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing selama kurang lebih 6 (enam) bulan kedepan.

Petiana Indriati dari Universitas Pancasila mewakili PTN/PTS yang hadir dalam sambutannya bahwa program yang diluncurkan ini merupakan berkah dan anugrah bagi PTN/PTS untuk bersama-sama dalam mencerdaskan anak Bangsa, serta ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Jajaran PT Timah Tbk atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Adek-adek mahasiswa, Kesempatan ini adalah kesempatan yang sangat istimewa, kami berharap dapat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin, mendapatkan suatu pelajaran, mendapatkan suatu hal-hal yang baru, yang tiba saatnya jadikanlah ini suatu inovasi,” ujar Petiana.

Rangkaian kegiatan tersebut, dilaksanakan juga penandatangan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), antara PT Timah Tbk dengan UBB dan Polman Babel. Penandatanganan disaksikan langsung oleh para Pimpinan dari 12 PTN/PTS luar Babel, jajaran Direksi PT Timah Tbk, para Pimpinan dilingkungan UBB dan Polman Babel, serta 24 mahasiswa yang akan mengikuti PMMB.

Ke dua belas PTN/PTS tersebut antara lain; Universitas Sriwijaya, Universitas Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Syiah Kuala, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Fajar Makasar, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Institut Teknologi Medan, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, London School of Public Relations, STIKES Widyagama Husada dan Politeknik Negeri Medan.

Forum Human Capital Indonesia (FHCI) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN (link and match universitas dengan industri) melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), guna menghasilkan Human Capital Indonesia yang berdaya saing global dan terbuka untuk Universitas di seluruh Nusantara. 

Sementara itu Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk, Muhammad Rizki dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan PMMB gelombang 1 di Tahun 2019 yang nantinya mahasiswa magang akan ditempatkan dibeberapa divisi serta anak perusahan di PT Timah sesusai dengan penerapan ilmunya masing-masing.

Ia juga berharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi jembatan untuk mensinergikan pendidikan di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia industri diberbagai bidang, sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai bagi dunia kerja kedepannya. (Ags/Humas UBB)


Topik

MOU_KERJASAMA
. ayar